Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Blue Screen Windows 10/11 Saat Idle

 


Blue Screen tiba-tiba di layar komputer yang dimulai dengan PC anda mengalami masalah dengan pesan error dan perlu restart mungkin umum terjadi pada komputer Windows. Masalah ini disebut juga sebagai Blue Screen of Death (BSOD) atau Stop Error, ditandai dengan wajah sedih dan layar menampilkan kode atau pesan error. Blue Screen ini dapat terjadi secara acak dan juga diketahui terjadi saat system anda dalam keadaan idle. Pemecahan masalah yang efektif untuk error ini melibatkan penyelidikan mendetail tentang pesan error dan potensi penyebabnya.

Penyebab Blue Screen Saat System Idle

  • Konflik yang timbul dari Power Management: Hampir semua desktop dan laptop memiliki fitur Power Management efektif yang muncul saat system dalam keadaan idle. Fitur-fitur ini mungkin berbeda dengan hardware atau driver perangkat tertentu, sehingga menyebabkan terjadinya error.
  • Kerusakan Hardware: Komponen hardware yang rusak pada system komputer yang tidak terpasang dengan benar juga dapat menyebabkan error. System terkadang mungkin mencoba mengaksesnya saat tidak ada aktivitas, sehingga menyebabkan gangguan komunikasi.
  • Driver perangkat yang rusak atau tidak stabil: Driver perangkat yang cacat atau tidak stabil terkadang mungkin tidak dapat menangani kondisi idle, sehingga system operasi mungkin macet yang menandakan error yang disebutkan di atas.
  • Aplikasi software yang salah: Aplikasi software yang diinstall pada komputer mungkin berupaya mengakses resource system tertentu saat tidak digunakan. Konflik software mungkin timbul dalam skenario seperti itu, yang kemudian menyebabkan error.
  • Komponen hardware yang terlalu panas: Meskipun kedengarannya tidak masuk akal, aliran udara yang tidak baik atau terbatas yang disebabkan oleh tidak berfungsinya prosesor atau kipas SMPS, dapat menyebabkan komponen hardware menjadi terlalu panas, sehingga menyebabkan error.
  • Error Hard Disk: Dalam kesulitan mengakses sektor tertentu dari hard drive yang mungkin korup atau rusak saat dalam keadaan idle, system juga dapat memicu blue screen saat idle.



Memperbaiki Blue Screen Windows 11 Saat Idle

Jika blue screen sering terjadi saat komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dalam keadaan idle, maka berikut beberapa saran pemecahan masalah untuk membantu anda. Beberapa di antaranya memerlukan izin admin untuk mengubah pengaturan.

Saya juga merekomendasikan anda untuk melakukan pemasangan ulang hardware. Pastikan anda memiliki gagasan yang jelas untuk melakukan itu.

 


1. Mengatasi Masalah Power Management 


Untuk mengatasi dan selanjutnya menyelesaikan masalah Power Management dalam mencari solusi error blue screen atau BSOD, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini untuk mengatasinya.

Ubah Pengaturan Power
Mengembalikan ke power plan default atau memilih untuk menyeimbangkan system performance dan konsumsi energi dapat menjadi solusi efektif untuk error yang dibahas. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini. untuk melakukannya.

Ubah Pengaturan USB Selective Suspend
USB selective suspend mengacu pada penghentian sementara sambungan power untuk port USB tertentu yang tidak aktif selama beberapa waktu, sehingga menghemat daya. Namun di sisi lain, hal ini terkadang dapat menyebabkan konflik perangkat yang mengakibatkan error blue screen. Untuk menghilangkan kemungkinan error BSOD, nonaktifkan USB Selective Suspend dan lihat apakah itu dapt membantu.

Periksa Pengaturan Power dari BIOS/UEFI
Memeriksa pengaturan power yang tercatat di BIOS atau UEFI juga dapat menjadi tindakan pemecahan masalah yang efektif untuk masalah BSOD.

Karena antarmuka dan nama opsi pada BIOS/UEFI berbeda-beda menurut pabrikan, maka disarankan untuk mengacu pada manual motherboard yang relevan dan mengikuti hal yang sama. Mengembalikan pengaturan BIOS/UEFI ke default juga dapat berfungsi sebagai tindakan perbaikan.



2. Selesaikan Masalah Hardware


Hardware yang rusak atau tidak berfungsi juga dapat berkontribusi besar terhadap penyebab error BSOD. Oleh karena itu, tindakan perbaikan perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Pasang Ulang Komponen Hardware
Melepaskan komponen hardware dapat terjadi jika system dipindahkan atau diangkut. Oleh karena itu, memasang ulang komponen hardware dapat dipilih sebagai tindakan perbaikan.

Memory Rusak
Memory sementara atau RAM yang rusak juga dapat menyebabkan error blue screen dan karenanya aplikasi pengujian memory pihak ketiga seperti MemTest86 dapat digunakan untuk memeriksa kesehatan hardware terkait.

Untuk memeriksa kesehatan hardware anda, gunakan beberapa artikel berikut ini.



3. Perbaiki Driver Perangkat yang Salah


Karena pengguna tidak mengetahui driver perangkat sebenarnya yang mungkin menyebabkan error, maka langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini dapat dilakukan untuk menghilangkan efek kegagalan fungsi driver perangkat.

Update Driver Perangkat

Update driver dan lihat apakah itu membantu memperbaiki masalah. Artikel ini akan menunjukkan cara menemukan driver mana yang menyebabkan error blue screen. Sementara untuk mengupdate driver, ikuti salah satu metode berikut ini.

  • Untuk mengupdate driver graphics anda, sebaiknya ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk AMD atau di artikel ini untuk NVIDIA atau di artikel ini untuk Intel graphics.


Rollback driver yang baru saja diinstall
Terkadang, timbulnya error blue screen mungkin terjadi setelah menginstall driver perangkat tertentu. Dalam kasus seperti itu, me-rollback driver perangkat terkait dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Lakukan System Restore
Jika ini tidak berhasil, maka anda dapat menggunakan system restore untuk kembali ke tanggal dimana semuanya berfungsi dengan baik dan ini juga akan memulihkan driver lama. Itu akan menyelesaikan masalah tersebut, namun hal ini dapat anda lakukan jika anda telah membuat system restore point.


4. Mengatasi Masalah Overheating

Pemeriksaan yang disebutkan dibawah dapat membantu jika error terjadi karena aliran udara atau ventilasi yang tidak tepat. Jadi anda perlu memeriksa suhu CPU, GPU dan komponen harware lainnya. Jika anda mengalami masalah overheat pada komputer anda, maka gunakan beberapa artikel ini untuk menurunkan suhu pada komputer anda.


Pembersihan Fisik Komputer
Debu yang terakumulasi pada CPU atau komponen hardware di dalamnya dapat menghalangi aliran udara sehingga menyebabkan retensi panas. Oleh karena itu, pembersihan fisik pada komputer anda dapat membantu memperlancar aliran udara.

Nonaktifkan Overclocking CPU
Mengubah pengaturan voltase komponen hardware ke pengaturan default dan menonaktifkan overclocking CPU dan GPU juga dapat membantu menurunkan panas secara keseluruhan yang berasal dari komponen hardware, sehingga berkontribusi pada resolusi. Namun, langkah tersebut idealnya dilakukan di bawah pengawasan ahlinya.


4. Saran Pemecahan Masalah Lainnya 


Pemecahan masalah dalam Clean Boot: Karena software aplikasi juga dapat menyebabkan konflik dalam system, yang mengakibatkan error, solusi yang disebutkan dibawah ini dapat dicoba untuk kemungkinan penyelesaiannya. Hal ini dapat dilakukan dalam Clean Boot dimana OS akan berjalan dengan driver minimal, membantu mempersempit potensi software atau proses background yang menyebabkan konflik.

Update OS Windows: Mengupdate OS Windows juga dapat mengatasi error blue screen ini. Bug yang terdapat pada update Windows sebelumnya dapat membuat konflik pada system. Jadi periksa update Windows anda dan install update yang tersedia untuk perangkat anda.

Uninstall atau Nonaktifkan Software yang meragukan: Untuk melakukannya, buka Settings dengan menekan tombol Win + I. Kemudian di jendela Setting, pilih Apps dan klik Installed Apps di panel kanan. Selanjutnya temukan aplikasi dan uninstall program.

Nonaktifkan Proses Background: Untuk melakukannya, buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc, Selanjutnya, pastikan anda berada di tab Processes. Setelah itu, temukan proses background yang meragukan, kemudian klik kanan padanya dan pilih End Task.

Jalankan scan virus dan malware: Software berbahaya juga dapat menyebabkan error. Oleh karena itu, scan system dapat membantu memastikan dan menyelesaikan masalah ini. Anda dapat menggunakan Windows Defender Offline atau menggunakan bootable antivirus rescue media gratis untuk melakukan tugas yang sama.


5. Periksa System Log dan Memory Dump

Pada setiap kejadian error, Windows mencatat rincian aktivitas yang dilakukan beserta hasil terkait dan menyimpannya sebagai system dump. Menganalisis file log ini dapat memberikan wawasan yang berguna dan langsung mengenai penyebab error.


Anda juga dapat memeriksa solusi lain pada artikel ini untuk memperbaiki error blue screen.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Blue Screen Windows 10 atau Windows 11 Saat Idle. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!


Post a Comment for "Memperbaiki Blue Screen Windows 10/11 Saat Idle"