Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Kesehatan GPU di Windows 10/11

 


Graphics Processing Unit (GPU) adalah salah satu hardware terpenting untuk system komputer dalam hal graphics. Tugas utamanya adalah memproses dan merender graphics. Kualitas graphics dalam video game, film dan lainnya tergantung pada graphics card. Untuk menampilkan dan merender graphics berat, komputer anda tentunya memerlukan graphics card untuk tugas berat. Jika anda seorang gamer, anda pasti tahu pentingnya graphics card. Oleh karena itu, penting untuk menjaga graphics card anda tetap sehat. Artikel ini akan menunjukkan cara memeriksa kesehatan GPU di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memeriksa Kesehatan GPU di Windows 10/11


Ada beberapa metode berbeda untuk memeriksa kesehatan GPU di komputer Windows 10 atau Windows 11. Di bawah ini, saya telah menjelaskan semua metode ini secara rinci. Mari kita lihat satu per satu metode ini.



1. Menggunakan DirectX Diagnostic Tool


DirectX Diagnostic Tool digunakan untuk memecahan masalah di Windows anda termasuk menguji fungsionalitas DirectX dan memecahkan masalah hardware terkait sound dan video. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa kesehatan graphics card anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memeriksa kesehatan graphics card anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik dxdiag dan tekan Enter untuk membuka DirectX Diagnostic Tool.
  • Di jendela DirectX Diagnostic Tool yang muncul, alikan ke tab Display.
  • Anda akan melihat semua informasi tentang GPU anda dibawah tab ini.
  • Dibawah bagian Notes, anda akan melihat pesan No problems found jika tool tidak mendeteksi masalah apapun dengan GPU anda. Namun jika ada masalah, maka itu akan ditampilkan dibaian tersebut.




2. Menggunakan Device Manager


Cara lain untuk mengetahui kesehatan GPU anda baik-baik saja atau tidak adalah dengan menggunakan Device Manager. Device Manager mencantumkan semua driver yang diinstall di komputer anda. Hardware yang berbeda membutuhkan driver yang berbeda untuk berfungsi dengan baik. Ikuti petunjuk berikut untuk memeriksa kesehatan GPU anda.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Display adapters.
  • Kemudian, klik dobel pada driver graphics card anda untuk membuka properties.
  • Di jendela properties, lihat bagian Device status dibawah tab General.
  • Jika Device status menunjukkan pesan This device is working properly, maka graphics card anda dalam keadaan sehat. Namun, jika anda melihat peringatan atau pesan error disana, maka kemungkinan ada masalah software dan hardware dengan graphics card anda.



Anda perlu memperhatikan bahwa pesan error atau peringatan di Device Manager tidak menyimpulkan bahwa GPU anda rusak atau tidak berfungsi. Anda perlu memeriksa graphics card anda berfungsi atau tidak sebelum mengambil tindakan untuk perbaikan lebih lanjut atau bahkan menggantinya.


Error yang ditampilkan mungkin juga karena drivernya rusak. Oleh karena itu, sebelum anda mengambil kesimpulan, saya sarankan anda menginstall ulang driver graphics card anda dengan mendownload driver versi terbarunya dari website pabrikan dan kemudian menginstall driver di komputer anda. Driver dapat diinstall dengan mudah dengan mengklik dobel file jika didownload dalam format exe. Jika driver dalam format file INF, anda harus menggunakan Device Manager untuk menginstallnya dengan mengikuti langkah-langkah disini.


Jika graphics card anda akan mati, anda juga akan melihat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kesehatan GPU anda kurang baik dan anda perlu mengambil tindakan segera.



3. Menggunakan Software GPU Benchmark


Dalam komputasi, benchmark adalah pengujian yang dilakukan untuk menganalisis performa/kinerja hardware komputer, seperti CPU dan GPU. Banyak program benchmark gratis tersedia online yang dapat anda udownload dan install untuk melakukan tes benchmark pada CPU dan GPU komputer anda. Program benchmark ini menjalankan serangkaian pengujian pada hardware yang ditargetkan untuk mengukur performanya. Anda juga dapat menggunakan software benchmark gratis ini untuk memeriksa kesehatan GPU anda. Cinebench dan 3DMark adalah beberapa software benchmark gratis untuk Windows 10 atau Windows 11.




4. Pantau Suhu GPU


GPU yang sehat selalu memenuhi kebutuhan pengguna dengan memberikan performa optimal. Kesehatan GPU yang buruk menyebabkan penurunan performanya. Kesehatan yang buruk dapat disebabkan oleh masalah software dan hardware. Misalnya, komponen GPU yang tidak berfungsi, seperti heat sink, kipas dan lainnya, kabel yang menghubungkan GPU anda ke komputer rusak, driver GPU rusak atau masalah software lainnya.


Heat sink dan kipas adalah salah satu komponen hardware GPU yang paling penting. Saat anda melakukan tugas graphics yang berat di system anda, beban kerja di GPU meningkat. Peningkatan beban kerja ini juga meningkatkan panas. Di sinilah fungsi penggunaan heat sink dan kipas. Kedua komponen ini melakukan tugasnya untuk melindungi GPU anda dari kerusakan akibat panas yang berlebihan.



Jika salah satu dari komponen ini berhenti bekerja, anda akan sering mengalami crash saat melakukan pekerjaan graphics yang berat di system anda. Error BSOD adalah upaya Windows untuk melindungi komponen hardware anda dari kerusakan. Saat komputer anda mencapai kondisi dimana Windows tidak dapat lagi beroperasi dengan aman, system anda crash dengan blue screen. Saya sarankan anda untuk memantau suhu GPU anda untuk mengetahui apakah itu sehat atau tidak. Anda dapat menggunakan software gratis untuk memantau suhu GPU anda.


Wajar jika suhu GPU menjadi tinggi saat melakukan pekerjaan graphics yang berat atau saat memainkan game graphics yang berat. Suhu GPU yang sehat meningkat hingga batas tertentu dan menjadi stabil setelahnya. Selain itu, jika heat sink atau kipas tidak berfungsi dengan baik, GPU menyesuaikan jam untuk mengurangi panas. Jika kesehatan GPU anda tidak baik-baik saja, suhu akan terus meningkat yang pada akhirnya mengakibatkan system mengalami crash.



Beberapa Tips Untuk Menjaga Kesehatan GPU Anda


GPU adalah hardware yang penting untuk komputer anda, terutama bagi mereka yang memainkan game dengan graphics berat dan menggunakan software dengan graphics berat seperti Adobe Photoshop. Oleh karena itu, perlu menjaga kesehatannya untuk waktu yang lama. Ada beberapa tips yang harus anda ikuti jika anda membutuhkan masa pakai yang lebih lama untuk graphics card anda.

  • Bersihkan graphics card anda secara berkala. Pembersihan diperlukan untuk menghilangkan debu yang menumpuk di GPU anda. Debu bertindak sebagai isolator panas dan menghalangi heat sink. Karena ini, suhu tidak diatur dengan benar. Jika anda tidak tahu cara membersihkan GPU, anda harus mencari bantuan profesional.
  • Pengaturan GPU yang salah juga menurunkan kesehatan GPU. Jika anda telah mengatur batas kipas atau meng-overclock graphics card anda, maka itu akan mempengaruhi kesehatan GPU anda. Meng-overclock GPU dapat menghasilkan performa yang lebih baik, tetapi anda tidak boleh sering-sering melakukan overclock GPU.



Memperbaiki GPU


Sebuah GPU dapat diperbaiki atau tidak, itu tergantung dari kerusakan yang ditimbulkannya. Dalam kebanyakan kasus, graphics card dapat diperbaiki. Jika salah satu komponennya rusak, maka teknisi akan mengganti komponen tersebut. Anda harus membaca apa yang dicakup dari garansi GPU anda sehingga anda dapat mengetahui jenis kerusakan apa yang tercakup dalam garansinya. Namun sebelum anda membawanya ke service center untuk diperbaiki, jika graphics card anda tidak berfungsi dengan gejala seperti artefak, black screen, driver crash dan suara kipas yang keras, maka artikel ini mungkin akan membantu anda memperbaikinya. 



Semoga itu membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memeriksa kesehatan GPU di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memeriksa Kesehatan GPU di Windows 10/11"