Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Graphics Card Tidak Berfungsi

 


Dari video game hingga pekerjaan 3D profesional, graphics card adalah bagian penting dari perangkat bagi mereka yang ingin mendorong komputer mereka untuk rendering grafis ke tingkat berikutnya. Sayangnya, seperti yang biasanya terjadi dengan penambahan hardware ekstra ke komputer, graphics card datang dengan serangkaian masalahnya sendiri. Jika graphics card anda tidak berfungsi, itu bisa membuat frustasi, terutama bagi mereka yang tidak berpengalaman dengan graphics card dan cara mendiagnosis error.


Berikut adalah gejala dari graphics card yang rusak, dan bagaimana anda dapat memperbaikinya saat kartu grafis tidak berfungsi.





Gejala Graphics Card Tidak Berfungsi


1. Komputer Berhenti Berfungsi


Graphics card yang rusak dapat menyebabkan PC berhenti berfungsi. Error ini dapat bervariasi, dari bluescreen sederhana, hingga "lockup" (saat PC freezing tetapi tidak menampilkan bluescreen), hingga restart dan mati secara acak. Tidak setiap kerusakan disebabkan oleh graphics card, tetapi jika anda mengaktifkan dmemory dump dan mereka menyalahkan driver graphics card, anda dapat dengan aman mengatakan itu pelakunya.



2. Artefak


Ketika ada yang tidak beres dengan graphics card, anda mungkin memperhatikannya melalui visual yang aneh di layar. Ini karena graphics card adalah cara PC "menarik" ke monitor. Warna akan terlihat aneh, model 3D akan meregang tanpa alasan, "salju digital" akan muncul, atau seluruh layar akan tertutup sampah visual.



3. Suara Kipas Keras


Saat anda menjalankan software yang menggunakan grafik 3D (atau bahkan saat anda booting komputer), anda mungkin mendengar suara kipas yang lebih kencang di dalam PC. Ini adalah tanda salah satu peperangkat system anda sedang bermasalah Jika kipas ini adalah yang ada di graphics card anda, mungkin itu pertanda ada sesuatu yang tidak beres dengannya.



4. Driver Crash


Terkadang anda akan menggunakan PC secara normal saat layar menjadi hitam selama beberapa detik. Saat kembali, anda akan diberitahu bahwa driver video telah berhenti berfungsi dan harus direstart. Ini tidak akan merusak seluruh PC anda tetapi bisa sangat mengganggu jika sering terjadi.



5. Layar Hitam


Terkadang anda tidak akan melihat petunjuk visual sama sekali. Graphics card yang rusak dapat dengan mudah memutuskan untuk berhenti bekerja dan tidak menampilkan apapun atau black screen/layar hitam. Anda harus menggunakan grafik terintegrasi dari motherboard atau menggunakan graphics card lainnya untuk melihat apakah itu karena masalah pada graphics card anda atau monitor anda. Jika berfungsi dengan salah satu dari itu, maka kemungkinan besar graphics card anda salah.





Cara Memperbaiki Graphics Card Tidak Berfungsi


Meskipun banyak hal di atas merupakan gejala dari graphics card yang sekarat, itu tidak selalu berarti bahwa graphics card tersebut sedang dalam proses keluar. Ada beberapa hal yang dapat anda coba untuk memperbaiki graphics card sebelum anda memberikan penilaian akhir dan membeli yang baru.



1. Mengubah API


Jika masalah yang anda temui hanya muncul di game tertentu, mungkin itu sebenarnya bukan masalah.


GPU modern menghasilkan grafik 3D melalui tiga API berbeda: DirectX, OpenGL, dan Vulkan. Sebagian besar game memungkinkan anda memilih rendering API dengan mengunjungi pengaturan grafis lanjutannya.


Untuk tidak memperumit masalah, ada versi berbeda dari API tersebut, dengan berbagai tingkat dukungan tergantung pada kombinasi driver, GPU, dan system operasi. Misalnya, GTX 970 lama tepercaya oleh Nvidia, seharusnya tidak memiliki masalah dengan ketiga API tersebut di bawah Windows 10 atau Windows 11. Namun, saat menguji versi terbaru Retroarch menggunakan Vulkan API, semua game GameCube ditampilkan dengan warna pudar. Kemudian saat beralih API ke OpenGL,  semuanya kembali sempurna.



2. Mengubah Driver


Driver graphics card bisa berubah-ubah. Jika sudah usang, hal itu dapat menyebabkan masalah saat memainkan game yang lebih modern. Jika graphics card sudah lama, driver yang lebih baru dapat melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan untuk stabilitas system. Terkadang anda memiliki graphics card terbaru dan driver terbaru dan komputer anda tetap akan berhenti berfungsi.


Jika anda belum mengupdate driver graphics card anda dalam beberapa waktu, update melalui NVidia, AMD, atau Intel, tergantung pada siapa yang membuat graphics card anda. Atau, jika anda baru saja mengupdate driver, coba rollback driver ke versi sebelumnya atau instal driver lama melalui arsip driver vendor anda.



3. Hapus Driver Sepenuhnya


Anda mungkin baru saja mengupgrade GPU anda tetapi juga berpindah antar merek - misalnya, berpindah dari GPU AMD ke yang dibuat oleh Nvidia. Dalam kasus ini, yang terbaik adalah mencopot sepenuhnya driver GPU sebelumnya. Sayangnya, uninstaller resmi mereka cenderung meninggalkan jejak. Untungnya, ada solusi lain untuk masalah ini. Anda dapat melakukannya dengan membaca tutorial saya tentang cara clean install driver graphics card pada Windows.


Gunakan metode tersebut untuk menghilangkan jejak driver tampilan yang ada,dan kemudian matikan komputer anda dan ganti GPU anda dengan yang baru, atau restart dan instal driver display yang berbeda. Ini juga berguna saat memecahkan masalah display karena memungkinkan anda memastikan bahwa sumbernya bukan konflik driver.



4. Dinginkan


Ada kemungkinan graphics card mengalami masalah karena terlalu panas. Ini akan sangat relevan jika error hanya terjadi setelah rendering grafik 3D untuk sementara waktu atau jika anda mendengar kipas graphics card anda berbunyi sangat keras selama rendering. Jika ini masalahnya, coba periksa suhu graphics card anda untuk melihat seberapa panasnya.


Anda dapat mengatasi panas berlebih dengan melepaskan graphics card dan membersihkan debu. Anda bahkan dapat membuka kartunya sendiri dan mengganti termal pasta di dalamnya, meskipun ini tidak boleh dilakukan oleh pemula. Ada juga tools untuk mengatur kipas graphics card dan output grafis, seperti MSI Afterburner. Anda dapat membaca artikel saya tentang cara memeriksa suhu CPU anda di Windows 10/11.



5. Pastikan Dudukan Graphics Card Anda Benar


Graphics card harus ditempatkan dengan benar di slot PCI-nya agar dapat bekerja secara efisien. Jika mereka membutuhkan colokan listrik tambahan untuk beroperasi, ini harus dicolokkan dengan kuat tanpa ruang gerak. Kegagalan melakukan salah satu (atau keduanya) dapat menyebabkan error terkait dengan graphics card. Pastikan graphics card dimasukkan dengan benar ke dalam PCi dan dikancing dengan kencang. Pastikan semua konektor daya yang diperlukan untuk pengoperasian terpasang dengan benar ke dalam unit.



6. Periksa Kabel Video


Jika kabel dari PC anda ke graphics card anda rusak, itu dapat menciptakan efek visual yang aneh. Jika terjadi sesuatu yang aneh secara visual, pastikan kabel video terpasang dengan benar di kedua sisi atau pasang kembali kabel tersebut.



7. Periksa Monitor


Gangguan visual bahkan mungkin bukan graphics card sama sekali, melainkan tanda bahwa monitor sedang dalam proses keluar. Jika tidak ada satupun cara di atas yang berhasil, coba ganti monitor atau graphics card. Jika masalah hilang, apapun yang anda ganti adalah pelakunya. Atau anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki error ''Display driver failed to start'' di Windows 10/11 dan juga cara memperbaiki error ''Display Driver Stopped Responding And Has Recovered.''



8. Ganti Graphics Card


Terkadang, bagaimanapun, gejalanya hanyalah sebuah tanda bahwa graphics card anda telah melewati masa jayanya. Jika anda benar-benar curiga tidak ada yang dapat mengembalikan graphics card dari keadaan saat ini, anda dapat mencoba membeli graphics card yang sangat murah untuk melihat apakah berfungsi pada PC anda. Jika masalah berhenti, pertimbangkan untuk membeli graphics card baru yang lebih baik.



Meskipun sangat baik untuk menampilkan ruang 3D, graphics card bisa datang dengan masalahnya sendiri. Sekarang setelah anda mengetahui gejala utama dari graphics card yang rusak dan cara memperbaikinya ketika graphics card tidak berfungsi, anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara memperbaiki layar berkedip pada komputer Windows 10/11 dan juga cara update driver VGA AMD di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda mengatasi graphics card yang tidak berfungsi. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Graphics Card Tidak Berfungsi"