Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Update Driver VGA AMD di Windows 10/11


AMD adalah salah satu produsen raksasa untuk VGA card pada PC. Memang, Nvidia berada jauh di depan dalam hal penjualan, tetapi jika anda menginginkan nilai yang lebih untuk uang dan kinerja yang sebanding, maka AMD bisa menjadi cara untuk melangkah.

Setelah memiliki VGA card dari AMD ini, hal selanjutnya terjadi adalah mengupdate drivernya jika ada pembaruannya. Kadang kala, kita menemui masalah setelah mengupdate VGA card ini.  Mengupdate driver VGA card biasanya merupakan proses yang sederhana, tetapi pasti ada cara yang lebih baik dan lebih buruk untuk melakukannya.

Terkadang mengambil jalur update GPU secara default dapat menyebabkan VGA card menjadi bermasalah, jadi saya akan menunjukkan kepada anda cara mengupdate driver AMD anda sehingga akan berfungsi dengan baik setelah update.


Update Driver AMD - Basic Method

Anda mungkin sudah terbiasa dengan hal ini, tetapi untuk memastikan, saya akan memberitahu anda cara mengupdate driver AMD dengan cara standar.

Cukup buka Radeon Settings, klik Updates di sudut kiri bawah, lalu Check for Updates.

Tampilan Baru

Tampilan Lama

Anda dapat melihat opsi New Recommended dan New Optional. Update New Optional biasanya berarti bahwa versi itu masih sedang diuji dan mungkin tidak berfungsi 100 persen. (Di sisi positifnya, mungkin lebih baik dioptimalkan untuk game yang lebih baru.)

Sementara Update New Recommended adalah opsi yang lebih baik jika anda ingin stabilitas, jadi cukup klik itu jika anda tidak yakin, kemudian ikuti instruksi.


Update Driver AMD Menggunakan DDU

Jika anda menemukan bahwa update driver AMD anda cenderung tidak berjalan sesuai rencana, dengan driver anda mogok atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka anda harus clean-install driver yang diupdate sebagai gantinya. Untuk melakukan ini, saya merekomendasikan tools yang disebut DDU (Display Driver Uninstaller).

Download versi terbaru DDU, dan ekstrak ke lokasi pilihan anda. Selanjutnya, boot ke Safe Mode Windows 10 atau Windows 11. (Metode paling sederhana adalah dengan menahan tombol Shift sambil mengklik tombol Restart di Windows 10 atau Windows 11, kemudian pergi ke Troubleshoot - Advanced options - See more recovery options - Start-up Settings - Restart. Setelah restart pilih Enable Safe Mode. Untuk lebih jelasnya baca disini.

Pastikan PC anda terputus dari Internet. Setelah dalam Safe Mode, buka Display Driver Uninstaller atau DDU. Pada menu drop-down Select device type, pilih GPU, dan pada drop-down di bawah, pastikan tertulis AMD.


Buka Opsi dalam DDU, dan di bawah AMD Specific Options, pastikan semua kotak di beri ceklist.


Akhirnya, klik Clean and restart dan biarkan DDU melakukan keajaibannya.

Setelah PC anda reboot, Windows akan startup (Mungkin dalam resolusi rendah namun jangan panik). Buka halaman driver AMD di browser anda, dan pilih driver yang sesuai dengan VGA card anda. Anda dapat mendownload tools Auto-Detect di bagian bawah halaman jika anda tidak yakin.


Klik Submit setelah anda memasukkan informasi GPU anda. Pada halaman berikutnya pilih driver yang relevan yang ingin anda download. (Anda biasanya memiliki dua opsi disini - nomor versi yang lebih tinggi menjadi driver Optional yang kurang stabil yang telah kita bicarakan sebelumnya).


Pilih yang anda inginkan, dan sekarang anda harus memiliki driver GPU AMD yang bersih dan siap untuk digunakan!

Jadi ada cara mudah untuk mengupdate driver AMD anda, tetapi ada juga cara yang lebih kompleks dan komprehensif. Jika anda tidak mengalami masalah dalam menggunakan metode bawaan AMD, maka anda tidak perlu menyusahkan diri sendiri dengan DDU, meskipun saya sendiri telah merasakan sekali bahwa seringkali update dengan metode bawaan menyebabkan PC menjadi sangat lambat dan kadang terjadi BSoD.

Dan sekarang dengan pengalaman saya tersebut anda dapat menentukan pilihan anda sendir. Anda sekarang tahu cara menggunakan DDU, yang juga berguna jika anda memasang VGA card baru di Komputer anda.

Jangan lupa bagikan pengalaman anda di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Update Driver VGA AMD di Windows 10/11"