Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu COM Surrogate dan Cara Mengatasi Penggunaan CPU atau Disk yang Tinggi Olehnya

 


Anda munkin pernah melihat proses yang berjalan di task manager yang bernama COM Surrogate. Proses ini memiliki nama file dllhost.exe yang berada di folder C:\Windows\System32. Proses COM Surrogate merupakan bagian dari system operasi Windows, baik itu di Windows 11, 10, 8, 7, maupun versi Windows yang lebih lama.



Apa itu COM Surrogate


Component Object Model atau COM adalah media untuk memungkinkan komunikasi antara dua proses atau aplikasi. Ini memungkinkan pengembang untuk membuat objek, a.k.a. objek COM (menangani pemrosesan gambar, video, dan file lainnya untuk menghasilkan thumbnail) yang memungkinkan pengguna untuk menyambungkan ke aplikasi lain dan memperluasnya. Namun, ada satu masalah yang terkait dengannya. Ketika objek COM lumpuh, itu juga menyebabkan proses host macet. Terkadang crash satu objek COM dapat menyebabkan seluruh proses Windows macet.


Untuk mengatasi masalah ini, Microsoft memperkenalkan proses COM Surrogate. Proses ini menjalankan objek COM di luar proses asli yang memintanya. Jadi, jika terjadi ketidakberuntungan dan objek COM lumpuh, hanya proses COM Surrogate yang terkait dengannya yang terpengaruh dan proses host asli tidak dirugikan dengan cara apapun. Tapi, jika ada banyak proses COM Surrogate yang berjalan secara bersamaan, hal itu dapat menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi.




Memperbaiki Penggunaan CPU atau Disk yang Tinggi Oleh COM Surrogate


Meskipun proses COM Surrogate itu sendiri diperlukan dalam banyak kasus, beberapa contoh darinya dapat menyebabkan penggunaan CPU atau Disk yang sangat tinggi dan memperlambat PC anda.


Proses COM Surrogate dirancang untuk menjalankan berbagai ekstensi program tetapi beberapa virus dapat menyamar menggunakan nama proses COM Surrogate untuk mencegah deteksi.


Lihat apa yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya.



1. Jalankan Scan Menyeluruh dengan Program Antivirus Anda


Meskipun popup tampak cukup umum, faktanya bahwa ia terus meminta detail login dan itu dapat membuat anda khawatir karena anda tidak pernah tahu untuk apa ia memerlukan password anda. Untuk menghindari terjadinya kesialan pada anda, lakukan scan menyeluruh pada PC anda. Windows Security (dulunya bernama Windows Defender) harus mencukupi kebutuhan anda. Ini adalah sofware malware dan anti-virus default di Windows 10 dan ia melakukan tugasnya dengan baik. Jika anda masih ragu dengannya, anda dapat "membajak" Windows Security untuk meningkatkan level perlidungan.



2. Jalankan SFC


System File Checker atau SFC adalah utilitas command prompt yang mudah digunakan yang memeriksa file yistem yang rusak dan menggantinya dengan salinan file yang baik. Lihat tutorial saya tentang semua yang perlu anda ketahui tentang SFC /Scannow.





3. Jalankan DISM


Deployment Image Servicing and Management (DISM) adalah tools bawaan Windows yang memungkinkan anda memperbaiki masalah umum yang terkait dengan recovery image tersembunyi komputer anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk menscan dan memperbaiki potensi masalah dengan penyimpanan .wim di Windows yang dapat memengaruhi file system.



4. Pecahkan masalah dalam Clean Boot


Ketika anda menerima error selama startup komputer yang tidak dapat anda identifikasi, pertimbangkan pemecahan masalah dalam Clean Boot. Ini dirancang untuk mengisolasi masalah kinerja dan memecahkan masalah Windows tingkat lanjut.


Semoga metode diatas membantu anda. Anda juga dapat membaca tutorial saya tentang cara memperbaiki ''100% CPU Usage'' di Windows 10/11 atau cara memperbaiki penggunaan memory yang tinggi di Windows 10. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu COM Surrogate dan Cara Mengatasi Penggunaan CPU atau Disk yang Tinggi Olehnya"