Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Game Bar Yang Tidak Dapat Merekam di Windows 10/11


Game Bar merupakan aplikasi perekam game yang merupakan aplikasi bawaan di Windows 10 dan Windows 11. Jika anda seorang gamer dan ingin merekam dan sekedar memamerkan permainan anda di sosial media, anda dapat menggunakan aplikasi ini.

Dihalaman bantuan Xbox menyatakan bahwa persyaratan agar game bar dapat di jalankan untuk merekam video adalah PC harus sudah mendukung encoder Intel Quick Sync H.264 atau NVidia NVENC atau AMD VCE. Persyaratan lainnya adalah video card yang sudah mendukung NVidia NVENC yang meliputi sebagian besar seri GeForce 600 atau lebih baru dan sebagian besar seri Quadro K atau lebih baru. Untuk lebih jelasnya lihat syarat minimal video graphic agar Game bar anda dapat merekam dibawah ini.
  • AMD: AMD Radeon™ HD 7000 series, HD 7000M series, HD 8000 series, HD 8000M series, R9 series and R7 series.
  • NVIDIA: GeForce 600 series or later, GeForce 800M series or later, Quadro Kxxx series or later.
  • Intel: Intel HD graphics 4000 or later, Intel Iris Graphics 5100 or later.

Jika anda melihat video graphic diatas maka jangan berharap banyak untu PC lama anda karena kemungkinan Game bar anda tidak aktif. Seperti diketahui Game bar ini akan memakan cukup banyak resources system anda sehingga framerate anda akan mengalami penurunan yang sangat banyak. Karena masalah ini maka Microsoft mengambil langkah-langkah untuk secara otomatis menonaktifkan layanan ini untuk komputer yang tidak memenuhi kriteria hardware. Dan jika anda tetap ngotot untuk membukanya maka anda akan menemukan tombol untuk merekamnya tidak aktif dan jika di klik maka anda akan menemukan pesan error Sorry, this PC doesn't meet the hardware requirements for recording clips.


Untuk mengatasi agar Game bar dapat digunakan adalah dengan mengupgrade hardware PC anda. Namun jika anda tidak memiliki dana untuk itu, cobalah cara dibawah ini untuk mengatasinya dan semoga itu dapat diterapkan dan berhasil di PC anda.

Pada langkah-langkah berikut, saya akan memandu anda menggunakan sebuah program kecil yang bernama GameDVR_Config untuk mengaktifkan kembali Game bar di system anda.
  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload GameDVR_Config.
  • Setelah mendownloadnya, buka GameDVR_Config dengan mengklik kanan padanya dan pilih Run as administrator.
  • Pada jendela Game DVR Config, beri ceklist pada kotak di sebelah Force software MFT (16 FPS + VBR) dan Disable Cursor Blending.
  • Sekarang pastikan kotak di sebelah Enable Game DVR (Win+G) dan Record game in the background juga diberi ceklist.
  • Biarkan jendela Game DVR Config terbuka dan buka game, aplikasi, atau browser yang ingin anda rekam.
  • Tekan tombol Wind + G untuk menampilkan Game bar. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi apakah jendela itu permainan. Beri ceklist kotak di sebelah Yes, this is a game untuk melanjutkan.
  • Sekarang game bar anda aktif dan gunakan dua tombol perekaman untuk mulai menggunakan GameDVR.

Anda dapat menggunakan pop-up notifikasi Windows untuk mengakses klip yang baru direkam dan kemudian anda dapat melihat rekaman layar serta mengeditnya di aplikasi Xbox.

Catatan: Jika video ngelag atau lemot, coba turunkan bitratenya antara 2000 - 3000. Jika itu tidak cukup, anda juga dapat menonaktifkan tangkapan audio.


Terkadang sesuatu yang kita butuhkan sekarang dan berjalan normal akan mengalami error disaat yang kita butuhkan seperti halnya Game bar ini. Dan jika anda sedang mencari cara untuk menggunakan Game bar pada system Windows 10 anda yang tidak didukung karena hardware jadul anda, maka ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkannya kembali. Ini juga dapat bekerja pada lainnya seperti Skype, Chrome, ataupun File Explorer. Satu-satunya yang menjadi kendala adalah anda harus membiarkan GameDVR_Config tetap terbuka setiap saat jika anda ingin mengambil video pada PC anda.

Semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

6 comments for "Cara Memperbaiki Game Bar Yang Tidak Dapat Merekam di Windows 10/11"

  1. hallo saya punya masalah saat record game, awalnya masih baik baik saja saya bisa record 40 menit an tapi pas saya cek di folder video ternyata tidak kesimpan. saya coba berulang kali dengan durasi yang lebih sedikit tetap tidak tersimpan. tolong dibantu ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ubah lokasi save - bersihkan drive system - jalankan troubleshooter Windows Store Apps - update driver - install ulang game - repair & reset Xbox - lakukan system restore - install ulang windows. Lakukan satu per satu kemudian coba kembali, kalo gagal lanjut ke perbaikan berikutnya. Semua artikel ada di blog ini.

      Delete
  2. Saya sudah coba berbagai cara tetap tidak bisa

    ReplyDelete
  3. Pak kenapa yaa kalo buat record youtube hasilnya jadi hitam? Apa kena copyright yaa? Apa ada cara untuk mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba repair atau reset dari Settings Windows. Kenapa merekam video youtube, lebih baik mendowloadnya...gunakan idm.

      Delete