Widget HTML Atas

Memperbaiki System Image Windows dan Windows Component Store di Windows 10/11

 


Artikel ini akan menunjukkan cara menggunakan tools DISM  (Deployment Image Servicing and Management) untuk memperbaiki System Image Windows di Windows 8.1/10/11. System Update and Readiness Tool atau CheckSUR akan menscan komputer Windows anda untuk menemukan ketidakkonsistenan yang mungkin disebabkan oleh berbagai kerusakan hardware atau oleh masalah software dan berpotensi memperbaiki kerusakan tersebut. Di Windows 8/10/11 dan Windows Server, Inbox Corruption Repair menghadirkan fungsionalitas CheckSUR ke Windows. Anda tidak memerlukan download terpisah untuk mendapatkan tools ini.



Cara Menjalankan DISM di Windows 10/11


Anda dapat memperbaiki System Image Windows menggunakan tools DISM.


Jika image Windows menjadi tidak dapat digunakan, maka anda dapat menggunakan tools Deployment Imaging and Servicing Management untuk mengupdate file dan memperbaiki masalah. Dalam kasus inkonsistensi dan kerusakan system, anda dapat menggunakan tools DISM dengan menggunakan fungsionalitas Cleanup-Image bersama dengan perintah lain yang tersedia dibawah ini.


1. /ScanHealth

Perintah ini memeriksa kerusakan component store dan mencatat kerusakan tersebut ke C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log tetapi tidak ada kerusakan yang diperbaiki menggunakan perintah ini. Ini berguna untuk mencatat korup yang ada. Gunakan perintah lengkap dibawah ini untuk memeriksa component store yang rusak dan mencatatnya.


Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth

Prosesnya bisa memakan waktu hingga 10-15 menit.


2. /CheckHealth

Perintah ini untuk memeriksa untuk melihat apakah penanda kerusakan komponen sudah ada di registry. Ini hanyalah cara untuk melihat apakah korup saat ini ada. Anggap saja sebagai CHKDSK. Gunakan perintah lengkap dibawah ini.

Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth

Prosesnya bisa memakan waktu kurang dari satu menit.


3. /RestoreHealth

Perintah ini memeriksa korup component store dan mencatat korup ke C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log dan kemudian memperbaiki korup menggunakan Windows Update. Untuk itu, gunakan perintah lengkap dibawah ini.

Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Prosesnya akan memakan waktu 15 menit atau lebih tergantung pada tingkat korup.

Untuk melakukan operasi dengan perintah diatas, anda harus membuka Command Prompt dengan hak admin (Klik kanan padanya dan pilih Run as administrator). Kemudian langkah pertama adalah anda harus memeriksa apakah kerusakan dan korup system image tersebut dapat diperbaiki. Jika ya, maka anda dapat menggunakan perintah /RestoreHealth untuk memperbaiki korup.


Anda dapat menggunakan tools ini jika:

  • Jika System File Checker anda rusak atau SFC tidak berfungsi dan perintah SFC /SCANNOW tidak dapat memperbaiki file system yang rusak karena penyimpanannya rusak.
  • Untuk memperbaiki kerusakan component store Windows ketika Windows Update yang sama terus muncul tersedia untuk diinstal meskipun mereka sudah menunjukkan berhasil diinstall dalam update history.
  • Jika system image Windows menjadi tidak dapat digunakan, anda dapat menggunakan tools Deployment Imaging and Servicing Management (DISM) untuk mengupdate file, memperbaiki masalah dan memperbaiki system image Windows. Anda dapat menggunakan DISM untuk memperbaiki system image Windows offline dalam file WIM atau VHD atau system image Windows online.

Semoga bermanfaat! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara membuat System Image Menggunakan PowerShell di Windows 10 atau cara melihat dan membersihkan Component Store pada Windows 10.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki System Image Windows dan Windows Component Store di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Memperbaiki System Image Windows dan Windows Component Store di Windows 10/11"