Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat dan Membersihkan Component Store pada Windows 10/11


Jika anda pernah menscan drive C anda untuk menemukan file atau folder yang menempati banyak ruang, anda mungkin pernah melihat folder bernama "WinSxS." Biasanya, folder WinSxS menampung semua file Component Store dan akan mengambil mana saja dari 6GB hingga 10GB ruang dalam drive C.

Component Store diperkenalkan jauh di era Windows XP dan telah banyak ditingkatkan dalam hal fungsinya. Secara umum, Windows Component Store berisi semua file yang terkait dengan kustomisasi dan memperbarui Windows. Jika perlu, file penyimpanan komponen ini digunakan untuk melakukan tindakan seperti memulihkan system anda pada kegagalan boot atau korup, memperbarui Windows dengan komponen baru, menambahkan peran untuk manajer server, menjalankan program menggunakan rakitan berdampingan, dll.

Untuk mengelola semua file penyimpanan komponen dengan lebih baik, Windows secara konstan melacak, memeriksa, dan mengelompokkan berbagai file penyimpanan komponen ke dalam paket tergantung pada versinya. Ketika sebuah paket menjadi usang. yaitu ketika versi baru paket tersedia, paket lama ditandai untuk dihapus dan selanjutnya dihapus oleh Windows ketika waktunya tepat.

Atau, anda dapat memaksa memeriksa ukuran sebenarnya dari Component Store dan bahkan membersihkannya untuk mendapatkan kembali ruang di drive C Anda. Mari saya tunjukkan bagaimana caranya.


Melihat Ukuran Component Store di Windows 10

Sekarang, anda mungkin berpikir apa yang sulit untuk menemukan ukuran folder WinSxS. Setelah semua, anda dapat pergi ke C:\Windows, klik kanan pada folder WinSxS - biasanya folder paling bawah, dan pilih Properties untuk melihat ukuran folder.


Tapi masalahnya, itu bukan ukuran sebenarnya.

Di Component Store banyak file menggunakan teknik yang disebut Hard Linking. Fitur Hard Linking ini memungkinkan banyak file untuk mengakses lokasi yang sama tanpa membuat salinan dari lokasi atau data tersebut. Ketika anda membuat perubahan pada lokasi target, perubahan itu akan secara otomatis tercermin di penyimpanan komponen. Karena itu, ketika anda mencoba mengukur ukuran folder WinSxS menggunakan metode tradisional, ia akan berpikir ada banyak salinan dari file yang sama yang mengambil ruang dan akan mencerminkan perbedaan dalam ukuran akhir.


Cara Menemukan Ukuran Sebenarnya dari Component Store

Untuk menemukan ukuran sebenarnya dari penyimpanan komponen, kita perlu menggunakan tools Deployment Image Servicing and Management (DISM). Hal yang baik adalah Windows memberi anda rincian rinci tentang bagaimana ruang yang digunakan.

  • Pertama, cari cmd di Start menu, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as Administrator.
  • Pada jendela command prompt jalankan perintah di bawah ini.

dism.exe /Online /Cleanup-Image /AnalyzeComponentStore


  • Segera setelah anda menjalankan perintah, Windows akan memindai component store dan membuat rincian tentang bagaimana ruang yang digunakan. Yang kita cari adalah "ukuran sebenarnya dari component store." Dalam kasus saya ukuran sebenarnya dari component store adalah 9,64GB.


Bersihkan Component Store di Windows 10

Secara umum, Windows akan secara otomatis membersihkan component store kapan saja diperlukan. Namun, ada kalanya Windows akan kehabisan waktu atau mengabaikan file. Dalam situasi itu, anda dapat menghapus secara paksa paket dan file yang usang. Bahkan, Windows bahkan memberi tahu apakah anda perlu membersihkan component store atau tidak.

  • Buka command prompt dengan hak admin sekali lagi, dan jalankan perintah di bawah ini.

dism.exe /Online /Cleanup-Image /AnalyzeComponentStore

  • Dari informasi yang tercantum, lihat apakah bendera "Component Store cleanup recommended" diatur ke "Yes." Jika ya, anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tertulis "No," itu berarti Windows sudah melakukan pembersihan untuk anda.
  • Untuk membersihkan Component Store, jalankan perintah di bawah ini.

dism.exe /online /Cleanup-Image /StartComponentCleanup



  • Tindakan di atas akan memulai proses pembersihan. Butuh waktu untuk membersihkan component store.
  • Setelah selesai, tutup jendela command prompt dan Restart system anda. Dalam kasus saya pembersihan dibebaskan sekitar 3,5 GB.

Semoga membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menghapus cache di Windows 10 atau cara membersihkan file yang tidak digunakan secara otomatis di Windows 10.

Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk melihat dan membersihkan component store di Windows 10. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Melihat dan Membersihkan Component Store pada Windows 10/11"