Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan File Yang Tidak Digunakan Secara Otomatis di Windows 10/11


Apakah anda pernah mengalami kesulitan dengan ruang penyimpanan di komputer anda? Mencoba membebaskan ruang ekstra dari PC anda bisa menjdai rumit, terutama jika hard drive anda cukup kecil dan terisi dengan cepat. Cara mudah membuka kunci lebih banyak ruang adalah dengan menghapus file yang tidak diinginkan pada mesin anda. Ini termasuk temporary files, serta file di tempat  recycle bin. Ya, meskipun file-file itu ada di dalam bin, mereka tetap memakan ruang sampai anda mengosongkannya!

Microsoft baru-baru ini menambahkan fitur baru dalam Windows 10 yang disebut Storage Sense. Idenya adalah, sekali diaktifkan, Windows akan secara otomatis menangani temporary file dan file di recycle bin tanpa anda perlu melakukan apapun. Ini menjaga system anda bersih dari file yang tidak diinginkan dan tidak terpakai sehingga anda memiliki lebih banyak ruang untuk hal-hal yang sebenarnya anda inginkan.


Mengaktifkan Storage Sense

Untuk mengaktifkan Storage Sense, kita perlu mengakses halaman settings. Klik tombol Start, lalu klik Settings di sebelah kiri.

Klik System pada jendela Settings yang muncul. Disisi kiri anda akan melihat daftar kategori. Klik pada Storage.


Disisi kanan, temukan kategori yang mengatakan Storage Sense dan geser tombol ini ke On. Ini memungkinkan pembersihan otomatis. Jika anda senang dengan Windows mengurus semuanya untuk anda, anda dapat menutup semua jendela.


Menyesuaikan Apa Yang Dibersihkan

Dengan mencentang opsi ini, Storage Sense akan secara otomatis membersihkan semua yang dia bisa. Jika anda ingin melihat apa yang Storage Sense bersihkan dan aktifkan atau nonaktifkan apa yang bisa dilakukan, anda dapat melakukannya dengan mengklik tautan yang mengatakan Change how we free up space automatically. Disini anda akan melihat beberapa opsi untuk Storage Sense.



Menghapus Temporary Files

Yang pertama disebut Delete temporary files that my apps aren't using. Saat anda menggunakan, menginstal, dan menghapus instalan software dan aplikasi, ada file yang "tertinggal" yang tidak lagi diperlukan. Biasanya, software membersihkan file-file ini setelah tidak diperlukan lagi, tetapi dalam beberapa kasus, beberapa file ditinggalkan. Akibatnya mereka mengambil ruang tanpa benar-benar melakukan sesuatu yang bermanfaat! Dengan memeriksa opsi ini, Windows akan dapat menemukan dan membersihkan file-file tersebut untuk membuka lebih banyak ruang.


Menghapus File Lama di Recycle Bin

Yang kedua adalah Delete file in my recycle bin if they have been there for over. Setiap file di recycle bin akan secara otomatis dibersihkan jika masih ada setelah tiga puluh hari. Ingatlah bahwa jika anda secara manual menghapus file (seperti menekan tombol Delete di keyboard anda atau mengklik kanan file dan mengklik "Delete"), file tersebut akan duduk di recycle bin dan terus mengambil ruang penyimpanan hingga anda memberitahu Windows untuk mengosongkannya (Secara manual klik kanan pada  recycle bin dan klik Empty Recycle Bin). Jika konten recycle bin anda secara teratur mencapai ruang gigabytes dan anda selalu lupa untuk mengosongkannya, fitur ini dapat membereskannya.


Pembersihan Manual

Jika anda mencurigai ada beberapa temporary files yang perlu dibersihkan, anda selalu dapat kembali ke halaman ini dan klik tombol Clean Now di bagian bawah. Ini akan mengaktifkan Storage Sense untuk melakukan pembersihan disana dan kemudian, jadi anda tidak perlu menunggu sapuan berikutnya untuk membebaskan ruang.



Saat anda memiliki hard drive kecil, setiap gigabyte ruang dianggap penting. Dengan Storage Sense anda dapat memberitahu Windows untuk secara otomatis membersihkan file yang tidak digunakan, apakah itu temporary files atau di recycle bin. Ini memungkinkan anda mengosongkan ruang tanpa harus menghapus file apapun secara manual.

Jika anda masih kehabisan ruang, maka anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara membersihkan dan membuat ruang pada Drive C: Windows anda atau cara menghapus cache di Windows 10.

Apakah anda sering kekurangan ruang penyimpanan dan selalu membersihkan file secara manual? Beritahu saya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membersihkan File Yang Tidak Digunakan Secara Otomatis di Windows 10/11"