Widget HTML Atas

Cara Menghapus Cache di Windows 10/11

 


Ada kalanya pengguna harus menghapus cache Windows 10 mereka untuk membebaskan ruang penyimpan atau mungkin untuk melanjutkan proses perbaikan error yang terjadi di syasyem Windows mereka. Tetapi masalah utama yang selalu dihadapi adalah sebagian besar pengguna bingung bagaimana mengaksesnya dan cara menghapusnya dari system Windows. Ini bisa menjadi masalah, terutama karena Microsoft tidak menggunakan satu tindakan untuk menghapus semua system di Windows 10. Dalam artikel kali ini, saya akan mencantumkan jenis cache di system operasi Windows 10 dan menunjukkan bagaimana cara menghapus cache PC.



Apa itu Cache?


Sebelum kita mulai, pertama-tama saya harus menjelaskan apa itu cache. Sebagian besar cache Windows adalah mekanisme penyimpanan yang menggabungkan transfer data berkecepatan tinggi. Ini bisa berupa komponen software atau hardware dan dalam beberapa kasus, merupakan penggabungan antara keduanya.


Ide utama seputar cache Windows adalah kemampuan untuk menyimpan data untuk akses cepat. Misalnya, setiap kali halaman di website dikunjungi untuk pertama kalinya, informasi tersebut akan tersimpan di cache. Ketika anda ingin mengunjungi kembali website yang sama, maka anda akan menemukan bahwa halaman yang anda kunjungi itu akan dinuat lebih cepat.


Windows 10 menyimpan data yang sering digunakan di cache dan ini dilakukan untuk sementara. Akan ada saatnya informasi secara otomatis menghapus dirinya sendiri, setidaknya dalam banyak kasus.



Cara Menghapus Cache di Windows 10


Cache itu luar biasa karena mempercepat aspek-aspek tertentu dari pengalaman anda saat menggunakan Windows 10. Ini bermanfaat hanya jika anda memiliki banyak ruang penyimpanan di RAM maupun di hard drive. Selain itu, yang terbaik adalah memiliki CPU yang cepat agar file yang dicache berfungsi secara efektif. Sekarang, jika komputer anda tidak dapat memenuhi persyaratan dasar ini, maka perlambatan akan terjadi.


Terkadang, data yang disimpan dalam cache bisa rusak. Ini pada akhirnya akan menyebabkan pengalaman komputasi anda tidak menyenangkan. Berikut beberapa cache di Windows 10 yang bisa anda hapus dan system Windows anda.



1. Hapus Cache Temporary Files


Hal pertama yang ingin anda lakukan adalah menghapus cache temporary files. Ini bukanlah tugas yang sulit, setidaknya dari sudut pandang saya. Jadi, mari kita lihat bagaimana menyelesaikannya dengan cara termudah.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian masukan %temp% dan tekan Enter untuk melanjutkan.
  • Folder temp di C:\Users\username\AppData\Local\Temp sekarang akan muncul.
  • Pilih semua file di dalam folder tersebut, kemudian klik kanan dan klik Delete.




2. Hapus Cache Microsoft Store


Microsoft Store memiliki chacenya sendiri yang dapat dihapus. Mari kita jelaskan bagaimana melakukan ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian masukan wsreset.exe ke dalam bidang teks dan tekan Enter.
  • Setelah itu, Command Prompt akan terbuka. Duduk dan tunggu saat cache dibersihkan hanya dalam waktu singkat.
  • Setelah pembersihan selesai, Command Prompt akan ditutup dan Microsoft Store akan diluncurkan dengan sendirinya.



3. Cache Windows Update


Cache Windows Update juga memiliki folder cache-nya sendiri. Untuk membukanya, navigasikan ke C:\Windows\SoftwareDistribution dan hapus semua file di dalam folder. Anda dapat mengosongkan konten folder SoftwareDistribution dan folder Catroot2 untuk sepenuhnya menghapus cache Windows Update.



4. Hapus Cache System Restore


Jika anda mengaktifkan System Restore, kemungkinan besar cache menyimpan banyak file. Tidak ideal sama sekali, jadi bagaimana anda bisa menjernihkannya? Anda dapat secara manual menghapus semua system restore point lama dan file versi sebelumnya.



5. Hapus Cache DNS Anda


Jika anda mengalami masalah koneksi internet atau masalah dengan DNS anda, mungkin tindakan terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus cache DNS.

  • Buka Command Prompt dengan hak admin. Anda dapat membukanya dari Search Windows atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.
  • Kemudian masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.


ipconfig /flushdns


  • Jika anda ingin mengonfirmasi apakah cache DNS telah dihapus, anda dapat memasukan perintah berikut dan tekan Enter.

ipconfig /displaydns


6. Hapus Cache Font

Mungkin ada saatnya font di Windows 10 tidak dapat lagi dimuat dengan benar. Dalam banyak kasus, masalah ini dapat diatasi hanya dengan membersihkan dan merebuild cache font. Tugas itu sangat sederhana untuk dilakukan, setidaknya dari sudut pandang saya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Kemudian temukan dan klik dobel pada Windows Font Cache Service dan Windows Presentation Foundation Font Cache 3.0.0.0 di panel kanan.


  • Di jendela Properties, klik Stop dan klik OK.


  • Sekarang buka File Explorer kemudian klik View dan aktifkan Hidden items.
  • Selanjutnya navigasikan ke C:\Windows\ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local.
  • Sesampai disana, hapus semua file .dat yang dimulai dari folder FontCache.


  • Setelah anda menghapus semua file, aktifkan kembali kedua servicedengan mengklik Start di jendela Properties Services.


7. Hapus Cache Windows Installer

Jika anda adalah tipe orang yang menginstall dan menguninstall banyak program secara teratur, maka ukuran cache Windows Installer pasti akan bertambah. Tergantung pada ukuran hard drive anda, folder cache bisa berukuran gigabyte.

Anda kemudian akan menyadari bahwa ruang hard drive anda semakin kecil, jadi anda harus membersihkan folder cache Windows Installer dari semua isinya.

Tetapi tunggu, jika anda menghapus konten folder ini, anda mungkin tidak dapat menghapus program tertentu seperti program Office, jadi berhati-hatilah.

Downloading Windows Installer Cleanup Utility dan jalankan perintah dibawah ini.

msizap.exe g!

Msizap.exe adalah utilitas command line yang menghapus semua informasi Windows Installer untuk produk atau semua produk yang diinstal di komputer.


8. Hapus Cache Microsoft OneNote

OneNote, seperti kebanyakan aplikasi di Windows 10, menggunakan cache untuk menyimpan tile sementara untuk penggunaan jangka pendek. Jika anda gagal mengendalikan cache, maka ukuran cache kemungkinan besar akan bertambah secara signifikan, terutama jika anda lebih sering menggunakan tools tersebut. Anda dapat menghapus cache OneNote terutama jika anda menghadapi masalah dalam menjalankan aplikasi.

Sebelum anda mulai, anda harus tahu bahwa file cache lokal OneNote ada karena suatu alasan. Mereka menyimpan hasil edit offline. Jika anda menghapus cache ini, semua perubahan yang belum disinkronkan akan hilang selamanya. Selain itu, pengguna kemudian perlu membuka kembali OneNote ini dan menyinkronkan dari awal. Jadi jangan lupa untuk menyinkronkan OneNote anda!

  • Buka folder cache OneNote dengan jalur defaultnya:
C:\Users\username\AppData\Local\Microsoft\OneNote\16.0\cache
  • Pilih semua file, kemudian klik kanan dan klik Delete.
  • Jika folder Backup terlalu besar dan jika anda merasa tidak membutuhkannya, anda juga dapat menghapusnya.


9. Hapus Cache Internet atau Browser

Browser web anda mampu menyimpan file dalam cache untuk memudahkan akses di masa mendatang. Inilah sebabnya mengapa website yang pernah anda kunjungi sebelumnya cenderung memuat lebih cepat di waktu berikutnya. Namun, mungkin ada saatnya anda perlu mengosongkan cache browser anda.

  • Buka Chrome, kemudian klik menu tiga titik dan pilih More tools - Clear browsing data. Selanjutnya klik Clear data.
  • Buka Firefox, kemudian klik menu tiga garis horisontal dan klik Library - History - Clear Recent History. Kemudian pilih item yang ingin anda hapus dan klik OK.
  • Buka Edge, kemudian klik menu tiga titik dan pilih Settings. Selanjutnya klik Privacy, search and services di panel kiri. Di panel kanan, gulir ke Clear browsing data dan klik Choose what to clear. Beri ceklist apa yang harus dihapus dadan klik Clear now.


10. Hapus Cache Outlook

Cara lain untuk memastikan komputer Windows 10 anda bebas dari masalah cache adalah memastikan folder cache yang ditautkan ke Outlook bebas dari data.

  • Navigasikan ke folder berikut ini.
C:\Users\username\AppData\Local\Microsoft\Outlook\RoamCache
  • Disini, pilih semua file dari dalam folder ini, kemudian klik kanan dan klik Delete.


11. Hapus Cache Display

Ini mungkin mengejutkan beberapa orang untuk mengetahui bahwa display yang terhubung ke komputer memiliki cache sendiri. Setiap kali anda mengubah display lain atau resolusi, dan jika anda menghadapi masalah maka anda dapat mempertimbangkan untuk membersihkan cache Display.

Untuk melakukan ini, anda harus membuka Registry Editor. Tetapi sebelum anda melakukan ini, saya sarankan anda membuat titik system restore point terlebih dahulu atau membackup registry anda.

  • Setelah melakukan itu, buka registry editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela registry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\GraphicsDrivers

  • Selanjutnya hapus key Configuration, Connectivity dan ScaleFactors yang berada di panel kiri dengan mengklik kanan masing-masing key dan pilih Delete.


  • Setelah melakukan semuanya, restart PC anda.


12. Hapus Cache Thumbnail & Icon Windows

Anda dapat menghapus file cache Thumbnail & Icon secara manual atau menggunakan Thumbnail dan Icon Cache Rebuilder freeware kami untuk melakukannya. File cache thumbcache dan icon disimpan di folder dibawah ini.

C:\Users\username\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer

  • Buka foldel C:\Users\username\AppData\Local dan hapus file IconCache.db.
  • Kemudian buka folder C:\Users\username\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer dan hapus semuanya untuk membersihkan dan merebuild cache ikon anda di Windows 10.
  • Jika anda tidak dapat menghapus file-file ini, maka tutup semua program yang terbuka. Selanjutnya, buka Task Manager, cari proses Windows Explorer, klik kanan padanya dan pilih End process. Selanjutnya, klik File dan pilih Run new task. Ketik cmd.exe, kemudian beri ceklist pada kotak Create this task with administrative privileges dan klik OK.
  • Sekarang masukan perintah berikut dan tekan Enter.

cd /d %userprofile%\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer attrib –h iconcache_*.db del iconcache_*.db start explorer

Perintah ini akan merebuild cache icon anda di Windows 10.


Metode Untuk Membersihkan Cache System

Sekarang, meskipun saya telah memberikan instruksi untuk membersihkan cache satu per satu, anda dapat menggunakan salah satu tools berikut untuk menghapus sebagian besar dari mereka dengan mudah.


Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara membersihkan file yang tidak digunakan secara otomatis di Windows 10 atau cara membersihkan dan membuat ruang pada Drive C: Windows anda yang masih terkait dengan membebaskan ruang penyimpanan anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Menghapus Cache di Windows 10/11"