Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mereset Folder Catroot & Catroot2 di Windows 10/11

 


Seperti folder SoftwareDistribution, folder Catroot dan catroot2 adalah folder system operasi Windows yang diperlukan untuk proses update Windows. Ketika anda menjalankan Windows Update, folder catroot2 menyimpan signature dari Windows Update package dan membantu penginstalannya. Anda dapat menemukan kedua folder ini di C:\Windows\System32.


Folder catroot2 berisi beberapa komponen update Windows yang penting. Masalah apapun di dalamnya dapat menyebabkan kegagalan dalam update Windows. Jadi, untuk memperbaiki beberapa masalah terkait update, anda perlu mereset folder catroot2 seperti folder SoftwareDistribution.


Namun, ada beberapa perbedaan antara catroot dan catroot2. Anda tidak boleh menghapus folder catroot karena Windows tidak akan membuat folder ini secara otomatis. Tapi, Windows dapat membuat ulang folder catroot2 secara otomatis. Pada umumnya, anda tidak boleh menyentuh salah satu folder ini. Tetapi, terkadang anda mungkin mengalami masalah terkait update yang membandel. Setiap metode yang memungkinkan mungkin gagal untuk memperbaiki masalah tersebut. Maka dalam kasus tersebut, anda mungkin perlu mengubah atau menghapus konten dari folder catroor2. Ini adalah proses yang sangat mudah tetapi rumit. Tetapi, jangan khawatir, anda cukup mengikuti instruksi yang diberikan di bawah ini dengan benar maka masalah anda akan teratasi.




Mengapa Folder Catroot2 Begitu Penting?


Public network seperti Internet tidak menyediakan sarana komunikasi yang aman antar entitas. Komunikasi melalui jaringan semacam itu rentan untuk dibaca atau bahkan diubah oleh pihak ketiga yang tidak berwenang. Cryptography membantu melindungi data agar tidak dilihat, menyediakan cara untuk mendeteksi apakah data telah dimodifikasi, dan membantu menyediakan sarana komunikasi yang aman melalui saluran yang tidak aman. Misalnya, data dapat dienkripsi dengan menggunakan algoritme kriptografi, dikirim dalam keadaan terenkripsi, dan kemudian didekripsi oleh pihak yang dituju. Jika pihak ketiga mencegat data yang dienkripsi, akan sulit untuk diuraikan.


Cryptographic services sendiri menggunakan berkas file %windir%\System32\catroot2\edb.log untuk proses update. Update ini disimpan di folder SoftwareDistribution yang kemudian digunakan oleh Automatic Updates untuk melakukan proses update.


Mereset atau menghapus konten pada folder catroot2 telah diketahui dapat memperbaiki beberapa masalah Windows Update.


Jika anda menerima pesan Access Denied or Open in another program saat anda melanjutkan untuk menghapus folder catroot2, itu mungkin karena Cryptographic Service menggunakan file log ini.



Reset Folder Catroot2


Untuk mereset folder catroot2 ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar.

  • Buka Command Prompt dengan hak admin (Run as administrator), kemudian masukan perintah berikut dibawah ini satu per satu dan tekan Enter.


net stop cryptsvc
md %systemroot%\system32\catroot2.old
xcopy %systemroot%\system32\catroot2 %systemroot%\system32\catroot2.old /s

  • Selanjutnya, anda dapat menghapus semua konten di folder catroot2.


  • Setelah melakukan ini, di jendela command prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

net start cryptsvc


  • Folder catroot anda akan direset, setelah anda memulai kembali Windows Update.


Catatan:
  • Sekali lagi jangan menghapus atau ganti nama folder Catroot. Folder Catroot2 secara otomatis akan dibuat ulang oleh Windows, tetapi folder Catroot tidak dibuat ulang jika folder Catroot diganti namanya.
  • Jika anda menemukan bahwa folder catroot atau catroot2 hilang atau tidak dibuat ulang saat anda tidak sengaja menghapusnya, Anda dapat membuat folder baru dengan nama yang sama untuk kedua folder di folder C:\Windows\System32, kemudian restart komputer anda dan jalankan Windows Update.



Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mereset Folder Catroot & Catroot2 di Windows 10/11"