Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Disk Signature Collision pada Windows


Disk Signature juga dikenal sebagai HDD signature, Disk Identifier, Unique Identifier (UID) dan fault tolerance signature. Ini adalah pengenal unik yang disimpan sebagai bagian dari MBR (Master Boot Record). Mereka digunakan oleh system operasi untuk mengidentifikasi dan membedakan antara perangkat penyimpanan. Biasanya terdiri dari delapan karakter alfanumerik.


Apa itu Disk Collision?

Disk Collision terjadi ketika system operasi anda (Windows) mendeteksi bahwa ada dua disk dengan signature identik. Windows mungkin tidak selalu mengarahkan pengguna ketika Collision (tabrakan) terjadi. Pada versi Windows sebelumnya (seperti Windows Vista dan XP), ketika tabrakan terjadi, signature drive yang mengeluhkan tabrakan akan diubah secara otomatis. Windows tidak dapat mengizinkan dua disk dengan signature yang sama untuk hidup berdampingan dan berfungsi pada saat yang bersamaan. Untuk Windows 7, 8, 8.1 dan 10, 11, ia menonaktifkan drive kedua dan tidak memungkinkan untuk me-mount sampai tabrakan disk telah diperbaiki.


Jika anda memiliki masalah tabrakan disk, anda mungkin melihat salah satu dari dua pesan ini: "The boot selection failed because a required device is inaccessible" atau "This disk is offline because it has a signature collision."

Pesan-pesan ini biasanya dilihat dari Disk Management tool ketika tabrakan terjadi. Jika drive boot default anda berjalan offline sebagai akibat dari tabrakan, maka komputer menjadi tidak dapat melakukan boot dengan benar. Kesalahan 0xc000000e ditampilkan saat pengaktifan.


Apa Penyebab Disk Collision?

Meskipun tabrakan disk sangat jarang terjadi, tabrakan dapat terjadi pada anda jika anda menjalankan disk yang telah dikloning bersama clone-nya. Hal serupa bisa terjadi jika anda membuat hard drive virtual dari fisik atau menggunakan software cadangan yang menggunakan virtualisasi.


Cara Memperbaiki Error Disk Signature Collision di Windows

1. Buka Command Prompt atau Windows PowerShell sebagai Administrator.


2. Ketik Diskpart di jendela command prompt, dan tekan Enter.


3. Ketik list disk dan tekan Enter. Ini akan mencantumkan semua disk yang saat ini ada di system.

Ini adalah daftar disk fisik aktual dan bukan partisi. Ini adalah daftar yang sama yang anda lihat di bawah jendela Disk Management.


4. Ketik select disk x (di mana "x" adalah nomor disk bermasalah) dan tekan Enter. Jika anda berhasil melakukannya, Diskpart akan menampilkan pesan ini: "Disk x is now the selected disk."

Untuk klarifikasi, jika anda mengetikkan di disk pilih 0, itu akan menampilkan "Disk 0 sekarang disk yang dipilih."


5. Ketik Uniqueid disk dan tekan Enter. Ini akan menampilkan disk signature.


6. Ketik unique disk ID={NEW SIGNATURE}, di mana “{NEW SIGNATURE}” adalah ID baru yang anda inginkan untuk disk (tanpa tanda kurung kurawal). Disk Signature harus dalam bentuk angka heksadesimal.


Jika tidak dalam format yang tepat, DISKPART akan melemparkan kesalahan yang berbunyi: "The specified identifier is not in the correct format. Type the identifier in the correct format: in hexadecimal form for an MBR disk or as a GUID for a GPT disk." (Pengidentifikasi yang ditentukan tidak dalam format yang benar. Ketik identifier dalam format yang benar: dalam bentuk heksadesimal untuk disk MBR atau sebagai GUID untuk disk GPT.).

Setelah anda mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, Windows akan menempatkan disk secara online dan menetapkan drive letter untuk itu. Mungkin diperlukan reboot.

Meskipun Disk collisions atau tabrakan disk adalah hal yang langka, namun itu bisa saja terjadi jika anda tidak sadar dan meninggalkan anda dengan komputer yang tidak dapat di-boot. Jika anda mengalami masalah tabrakan disk pada Windows, metode di atas tampaknya menjadi cara yang paling pasti dan berisiko rendah untuk menyelesaikan masalah ini.

Semoga berhasil. GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Disk Signature Collision pada Windows"