Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Folder SoftwareDistribution dan Cara Menghapusnya di Windows 10/11


Folder SoftwareDistribution pada system operasi Windows adalah sebuah folder yang digunakan untuk menyimpan temporary files yang mungkin diperlukan untuk menginstal Windows Update di komputer anda. Oleh karena file-file di folder tersebut dibutuhkan oleh Windows Update maka folder ini dikelola oleh Windows Update Agent (WUAgent).

Folder SoftwareDistribution di Windows 11/10/8/7 terletak di lokasi C:\Windows\SoftwareDistribution.

Di komputer saya ukurannya sekitar 418 MB, karena sebagian besar berisi update VGA card yang tentunya bisa dihapus tetapi saya lebih suka membiarkannya seperti itu, dan selain itu karena tidak terjadi masalah apapun di system saya. Ukuran folder ini bisa bervariasi.


Apakah Aman Menghapus Folder SoftwareDistribution

Meskipun anda tidak ingin menyentuh folder ini dalam kondisi normal, anda mungkin perlu mengosongkan isinya jika anda menemukan bahwa folder Datastore dan Download telah de-sinkronisasi, yang mengakibatkan Windows Update anda tidak berfungsi dengan benar.

Secara umum aman untuk menghapus konten di folder SoftwareDistribution, setelah semua file yang diperlukan telah digunakan untuk menginstal Windows Update. Bahkan jika anda menghapus file, file tersebut akan didownload secara otomatis. Jika anda menghapus folder itu sendiri, folder itu juga akan dibuat ulang secara otomatis dan komponen Windows Update yang diperlukan didownload secara otomatis.


Namun, penyimpanan data ini juga berisi file Windows Update History anda. Jika anda menghapusnya, anda akan kehilangan histori update anda. Selain itu, saat anda menjalankan Windows Update di lain waktu, waktu deteksi akan lebih lama.

Jika Windows Update anda tidak berfungsi dengan baik atau tidak berfungsi sama sekali atau jika anda menemukan bahwa ukuran folder ini benar-benar bertambah besar, anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus folder SoftwareDistribution di Windows 11/10/8/7.

Jika hanya karena ukurannya, maka anda dapat menggunakan Disk Cleanup Tool dan memilih untuk membersihkan File System di drive system anda, Windows Update components dan Delivery Optimization. Anda akan menemukan bahwa ukuran folder ini akan berkurang secara substansial.

Tetapi jika anda menghadapi masalah dengan Windows Update, maka anda dapat membersihkan folder ini untuk membantu memperbaiki beberapa masalah seperti Windows Update yang tidak berfungsi, Windows Update yang gagal menginstal, gagal mengkonfigurasi Windows Update, Windows Update macet saat mendownload update, tidak dapat menyelesaikan update, Windows 10 atau Windows 11 terus menginstal update yang sama dan lainnya.


Hapus Folder SoftwareDistribution

Untuk menghapus konten di folder SoftwareDistribution di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat menggunakan command prompt.

  • Buka Command Prompt dengan hak admin. Ketik cmd di Search Windows dan klik kanan atau pilih opsi Run as administrator.
  • Setelah command prompt terbuka, masukan satu per satu perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter setelah satu perintah dimasukan.

net stop wuauserv
net stop bits

  • Sekarang buka C:\Windows\SoftwareDistribution dan hapus semua file dan folder yang berada di dalamnya. Anda dapat menekan Ctrl + A untuk memilih semua file dan folder dan kemudian tekan tombol Delete untuk menghapusnya.
  • Jika file sedang digunakan dan anda tidak dapat menghapus beberapa file, Restart PC anda.
  • Setelah reboot, jalankan kembali perintah di atas. Dan anda akan dapat menghapus file dan folder dari folder SoftwareDistribution tersebut.

Setelah anda mengosongkan folder ini, anda dapat me-restart kembali PC anda atau anda dapat mengetikkan perintah berikut, satu per satu di command prompt dan tekan Enter untuk merestart services yang berhubungan dengan Windows Update.

net start wuauserv
net start bits

Sekarang folder SoftwareDistribution anda telah dibersihkan, dan sekarang secara otomatis akan terisi kembali.


Rename Folder SoftwareDistribution

Jika anda ingin mengganti nama folder SoftwareDistribution, buka command prompt kembali dengan hak admin seperti langkah sebelumnya, kemudian masukan perintah berikut satu per satu dan tekan Enter.

net stop wuauserv
net stop bits
rename c:\windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.bak
net start wuauserv
net start bits

Atau, anda juga dapat booting Windows 10 atau Windows 11 dengan Safe Mode dan mengganti nama SoftwareDistribution menjadi SoftwareDistribution.bak atau SoftwareDistribution.old.

Sekian tutorial kali ini, semoga membatu anda mengatasi permasalahan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu Folder SoftwareDistribution dan Cara Menghapusnya di Windows 10/11"