Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Gagal Install Saat Update Windows 10/11


Saat ini, banyak dari kita yang menggunakan Windows 10 Versi 1803, yang merupakan salah satu versi paling stabil dari Windows 10. Sebagai bagian dari peluncuran versi Mei 2019, Microsoft memaksa semua pengguna untuk beralih ke update terbaru, versi 1903. Batas waktunya adalah November 12, 2019, yang berarti anda hanya dapat menunda hal yang tak terhindarkan sejauh ini.

Namun, seperti yang telah banyak dilaporkan, versi baru itu ditemukan banyak bug. Masalah utama adalah error kode misterius seperti 0x80242016 dan PC membutuhkan waktu lama untuk reboot selama setiap tahap updatenya.

Jika tampaknya membuat frustrasi, jangan khawatir. Prosedur yang dicoba dan diuji berikut ini akan membantu anda menginstal update Windows 10 Versi 1903 dalam upaya pertama anda. Anda mungkin harus meluangkan waktu antara empat hingga delapan jam, tetapi update terjadi di background system tray, yang berarti anda dapat terus menggunakan laptop anda untuk tugas-tugas ringan.

Catatan: Artikel ini pada awalnya ditulis untuk masalah update Windows 10 Versi 1903, namun anda juga dapat menerapkan metode perbaikan ini untuk Windows 10 versi lainnya dan juga untuk Windows 11!


1. Diagnosis PC Anda untuk Masalah/Troubleshooting Terkait Update

Dalam pengalaman saya (setelah dua upaya gagal), tantangan terbesar dengan versi 1903 terletak pada update otomatis itu sendiri, yang dijadwalkan oleh Microsoft. Anda harus sepenuhnya mengabaikan peringatan ini - restart akan menghabiskan lebih banyak waktu, pemberitahuan akan berhenti seketika dan tidak ada tombol pause jika anda memiliki koneksi internet yang buruk.

Sebaliknya, lebih baik menggunakan Windows Update Assistant yang akan kita bahas di bagian selanjutnya. Sebelum itu, periksa untuk masalah yang paling umum, seperti kurangnya ruang disk dan error device manager.

Setelah selesai, download software kecil yang disebut Windows Update Troubleshooter. Ini akan secara otomatis mendeteksi masalah update dalam beberapa menit.


Troubleshooter akan memberitahu anda jika anda harus mendownload dan menginstall update yang menunggu keputusan. Klik Apply this fix.


Masalah PC yang paling mendesak akan diatasi oleh troubleshooter, seperti update komponen Windows yang perlu diperbaiki. Tidak semua error yang ditampilkan adalah serius. Sebagai contoh, mungkin anda akan menemukan beberapa kesalahan database dan itu hal yang normal normal jadi jangan terlalu dipusingkan dengannya.


Anda dapat melihat laporan troubleshooting untuk detail lebih lanjut dari error yang tidak terselesaikan.


Anda juga dapat menjalankan Windows Update Troubleshooter dari jendela Settings Windows 10 atau Windows 11. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.



2. Download Update - Butuh Beberapa Saat

Pergi ke halaman Windows Update Assistant untuk Windows 10 atau untuk Windows 11 dan download Windows 10 May 2019 Update atau versi lainnya. Sebelum anda mendownload update, itu akan memberitahu anda jika PC anda kompatibel. Jika anda melihat layar di bawah ini, anda akan berhasil mengupdate PC anda ke versi 1903.


Setelah anda menjalankan program, anda akan disambut oleh layar pembuka. Klik Update now.


Pastikan koneksi internet anda berjalan dengan lancar. Jika terjadi masalah Internet, jangan hentikan program atau matikan PC anda!! Microsoft menganjurkan agar anda menjaga PC tetap terhubung melalui kabel pengisian daya setiap saat. Segera setelah Internet anda melanjutkan, itu akan diupdate.

Cobalah untuk menggunakan koneksi Internet unlimited.


25 persen pertama saat download update, itu akan menghabiskan banyak waktu. Bersabarlah, karena tidak ada yang salah dengan update. Anda dapat meminimalkan jendela ke system tray.

Setelah download selesai, system akan secara otomatis restart.


3. Memverifikasi Download dan Menyelesaikan Update

Pada tahap selanjutnya, update assistant akan memverifikasi download dan menyiapkan komputer anda. Fase ini tidak akan menghabiskan banyak waktu.


Setelah hasil download diverifikasi, PC anda akan restart lagi. Pada tahap ketiga dan terakhir, Windows 10 akan mengupdate sendiri. Secara umum, tidak ada masalah, tetapi beberapa orang telah melaporkan bahwa mereka terjebak pada 51% hingga 99%. Ini sebagian besar merupakan masalah koneksi Internet yang dapat anda atasi dengan memperbaiki konektivitas anda dan memulai kembali update.


Tahap pembaruan ketiga akan memakan waktu cukup lama (dua atau tiga jam), dan PC anda harus melakukan restart sekali lagi.

Setelah merestart, anda dapat melihat layar beranda baru untuk Windows 10, versi 1903 atau versi lainnya atau juga Windows 11 lainnya. Di layar berikut ini anda akan melihat bahwa Cortana dan Search sekarang dipisahkan.


Selain itu, ada mode Enhanced search dan Windows Sandbox yang merupakan fitur mesin virtual. Opsi Enhanced search di Versi 1903 memungkinkan anda untuk mencari file yang sudah lama anda lupa.



Windows 10 versi 1903 akan menjadi major update terakhir untuk waktu yang sangat lama. Tentu, itu memang banyak bug, tetapi mungkin mengarah ke fungsi baru dalam waktu dekat. Apakah anda menghadapi masalah dengan update Windows 10 atau Windows 11? Silakan bagikan pengalaman anda dalam komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Gagal Install Saat Update Windows 10/11"