Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Update Windows 10/11 yang Stuck


Windows merupakan system operasi yang sangat populer, tetapi system operasi ini tidak pernah muncul tanpa masalah. Di Windows 10 atau Windows 11 masalah baru telah muncul seiring dengan proses update Windows, termasuk pada saat proses update baru dan penambahan konten secara besar-besaran seperti pada Anniversary Update atau Creator Update pada Windows 10.

Baiklah, mari kita bicarakan alasan kenapa update Windows bisa mengalami stuck dan apa yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya.


I. Update Windows 10 dan Windows 11 Stuck di Dalam Windows

Update Windows 10 atau Windows 11 terkadang dapat mengalami stuck saat anda menggunakan komputer anda. Bagi kebanyakan orang, ini bukan masalah karena umumnya Windows akan memperbaiki masalah tersebut dengan sendirinya setelah jangka waktu tertentu. Sayangnya, ketika hal itu terjadi, ia dapat memblok fungsi system utama, seperti restart yang mengakibatkan penggunaan disk atau memory menjadi tinggi. Saat penggunaan disk atau  memory yang tinggi inilah masalah akan timbul.

Disini saya akan membahas dua solusi terbaik untuk skenario ini, dimana solusi pertama adalah yang termudah dan yang kedua adalah yang paling sulit. Kedua solusi ini seharusnya berfungsi, jadi cobalah solusi yang paling mudah terlebih dahulu.


1. Cara Mudah: Windows Update Troubleshooter

Microsoft memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan menyediakan Windows Update Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11. Anda dapat menjalankan fitur ini untuk memperbaiki masalah anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakannya.


Di Windows 10:
  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Update & Security dan klik Troubleshoot di panel kiri.
  • Disini, di panel kanan, klik Additional troubleshooter.
  • Di halaman selanjutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter.



Di Windows 11:
  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.



Program sekarang akan secara otomatis menjalankan diagnostik pada system Windows anda. Troubleshooter akan melakukan pekerjaan untuk anda secara otomatis. Proses ini mungkin memakan waktu agak lama, jadi bersabarlah. Namun, jika itu tidak mengidentifikasi masalah, anda harus melanjutkan perbaikan dengan solusi yang lebih sulit dibawah ini.


2. Cara Sulit : File CMD

Untuk yang ini, saya akan menyediakan download file CMD yang dapat anda jalankan. Setelah selesai, anda mungkin harus memulai kembali proses Update Windows, tetapi sekarang anda harus jelas.

Bagi anda yang khawatir mendownload dan menjalankan file cmd, inilah isi dari file tersebut:

cls
echo Simple Script to Reset / Clear Windows Update
echo.
echo.
attrib -h -r -s %windir%\system32\catroot2
attrib -h -r -s %windir%\system32\catroot2\*.*
start /wait net stop wuauserv
start /wait net stop CryptSvc
start /wait net stop BITS
del /q /s /f %windir%\system32\catroot2\*.*
del /q /s /f %windir%\SoftwareDistribution\*.*
del /q /s /f "%ALLUSERSPROFILE%\application data\Microsoft\Network\downloader\*.*"
start /wait net Start BITS
start /wait net start CryptSvc
start /wait net start wuauserv
echo.
echo Task completed successfully...
echo.
PAUSE

Apa yang dilakukannya pada dasarnya adalah menghentikan Update services saat ini, menghapus file lama, dan memulai kembali Update services.

Setelah mendownload file, anda harus membuka folder download. (Jangan jalankan dari Chrome; itu tidak akan berfungsi dengan baik di sana). Klik kanan file, lalu pilih Run as administrator.


Sekarang yang perlu anda lakukan adalah membiarkan file CMD melakukan tugasnya. Setelah selesai, anda dapat memulai kembali proses Update Windows 10.


II. Update Windows 10 dan Windows 11 Stuck Setelah Restart

Apakah komputer anda stuck di layar yang terlihat seperti ini?


Sekarang, ini adalah saran yang penting untuk anda. Anda diperingatkan untuk menunggu karena ini akan memakan waktu yang cukup lama, terlepas dari apakah itu berfungsi dengan benar atau tidak. Jika pada layar ini hang pada persentase tertentu selama beberapa jam, maka itu biasanya berarti proses update Windows anda sudah mulai bermasalah.

Cara terbaik untuk memverifikasi ini adalah dengan melihat lampu aktivitas HDD apapun yang mungkin dimiliki komputer anda. Jika anda menggunakan hard disk dan dapat mendengar disk berputar secara aktif, atau anda melihat lampu HDD berkedip secara teratur, maka itu artinya update masih berjalan dan hanya perlu beberapa saat, dan anda dapat menunggu hingga selesai.

Namun jika bermasalah, inilah yang harus anda lakukan.

  • Pertama, mari kita tentukan dimana letak masalahnya. Mulailah dengan menekan Ctrl + Alt + Delete. Jika anda beruntung, anda berada pada titik dalam proses update tempat anda dapat kembali ke Windows dengan aman. Sekarang anda bisa masuk kembali dan membiarkan update selesai dari dalam system operasi.
  • Sayangnya, ini mungkin tidak selalu berhasil. Jika itu masalahnya, anda harus melakukan hard reset komputer anda.

Catatan: ini bisa berbahaya. Buka kembali untuk memverifikasi bahwa update anda masih hang sebelum anda melakukan opsi ini.

  • Anda harus melakukan hard reset pada komputer anda. Untuk melakukan ini, tekan dan tahan tombol Power hingga komputer anda benar-benar mati. Sekarang anda harus menghidupkan kembali komputer anda.
  • Saat merestart, tekan cepat tombol F8 saat Windows sedang booting. Ini akan membawa anda ke Boot Options. Dari Boot Options, buka Troubleshoot - Advanced options - Startup Settings. Kemudian, klik Restart.


  • Setelah Restart, anda sekarang dapat mengakses Safe Mode. Booting ke Windows menggunakan Safe Mode. Windows akan mencoba menyelesaikan update saat anda melakukan ini dan akan berhasil karena program atau driver yang mengganggu instalasi akan dinonaktifkan.


Jika update Windows 10 atau Windows 11 anda stuck, saya berharap artikel ini dapat membantu anda memperbaiki masalah tersebut. Namun, masalah ini mungkin saja merupakan gejala dari masalah lain dengan komputer anda. Dari segi hardware, hard drive atau memory yang rusak mungkin juga bertanggung jawab dalam kasus ini. Dari segi software, pastikan untuk menjalankan Disk Defrag dan pemeliharaan lainnya begitu anda kembali ke OS anda, serta scan Malwarebytes.

Jika setelah anda mengupdate Windows dan terjadi masalah, anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara uninstall update Windows 10/11 saat Windows tidak dapat booting.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Update Windows 10/11 yang Stuck"