Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Uninstall Update Windows 10/11 Saat PC Tidak Dapat Booting


Windows 10 dan Windows 11 selalu mengupdate sendiri secara otomatis jika ada update. Sebagian besar update tidak akan menimbulkan masalah. Namun dari waktu ke waktu, update tersebut mungkin mengandung bug yang dapat membuat system anda tidak dapat di-boot. Secara umum, dalam situasi itu, anda dipaksa untuk menggunakan tools System Restore. Namun, fitur System Restore dinonaktifkan secara default. Kecuali anda mengaktifkan fitur secara manual, tidak ada cara lain agar anda dapat mengembalikan system ke kondisi yang baik sebelum terjadinya error tersebut.

Untungnya, Microsoft baru-baru ini menambahkan fitur baru yang memungkinkan anda menghapus update dari layar advanced startup. Sekarang mari kita lihat bagaimana cara melakukannya untuk mengembalikan system anda ke kondisi semula kembali.


Dua Jenis Update Windows 10 dan Windows 11

Mulai dari Windows 10, Microsoft menawarkan dua jenis update: Quality Updates dan Feature Updates. Saat anda mencoba menghapus update dari Windows 10 atau Windows 11, lebih baik untuk mengetahui apa sebenarnya arti update itu.

1. Quality Updates :
Quality Updates juga dikenal sebagai Cumulative Updates dimana anda akan menerimanya hampir setiap minggu. Quality Updates ini berisi perbaikan keamanan, perbaikan bug, dan peningkatan kualitas dan stabilitas lainnya. Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi update ini menggunakan nomor KB mereka. Jika anda mau, anda dapat pergi ke Microsoft Update Catalog dan mencari versi Windows 10 atau Windows 11 anda saat ini untuk melihat nomor KB update kualitas terbaru.

2. Feature Updates :
Feature Updates adalah update mayor atau update besar Windows 10 atau Windows 11 yang dirilis dua kali setahun. Misalnya, pembaruan 1809 saat ini dan pembaruan 1903 mendatang dan ini disebut sebagai Feature Updates. Secara umum, Feature Updates berisi fitur baru dan peningkatan antarmuka pengguna.


Uninstall Update Saat PC Tidak Dapat Booting

Untuk uninstall update Windows saat komputer tidak dapat di-boot, kita perlu mengakses advanced startup. Anda dapat melakukannya menggunakan media instalasi Windows 10 atau Windows 11. Siapkan drive bootable Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika anda tidak memilikinya, anda dapat membuatnya dengan mudah dengan mendownload ISO Windows 10 atau ISO Windows 11 dari situs web Microsoft dan kemudian membuat media instalasi bootable Windows menggunakan Media Creation Tool atau menggunakan software gratis seperti Rufus.

Setelah siap, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menguninstall update Windows anda.

1. Pertama, masukkan media instalasi Windows 10 atau Windows 11, hidupkan PC anda dan boot ke dalamnya. Pada layar instalasi utama, klik tombol Next.


2. Karena saya ingin mengakses opsi Advanced Startup, klik tautan Repair your computer yang muncul di sudut kiri bawah jendela.


3. Tindakan di atas akan membawa anda ke layar Advanced Startup. Disini, pilih opsi Troubleshoot.


4. Di layar ini pilih opsi Uninstall Updates.


5. Jika anda ingin menghapus quality updates reguler Windows 10 atau Windows 11, anda pilih opsi Uninstall latest quality update. Untuk menghapus feature update terbaru, pilih Uninstall latest feature update. Dalam kasus saya, saya ingin menghapus feature update, jadi saya memilih opsi kedua.


6. Sekarang anda akan melihat layar konfirmasi. Cukup klik pada tombol Uninstall feature update atau Uninstall quality update.


7. Segera setelah anda mengklik tombol, Windows 10 atau Windows 11 akan memindai system anda dan menghapus update terbaru. Anda mungkin diminta memasukkan username dan password untuk melanjutkan.

8. Setelah update berhasil dihapus instalannya, komputer akan reboot secara otomatis.


Hanya itu saja yang anda lakukan dan semoga Windows 10 atau Windows 11 anda kembali seperti sediakala. Langkah diatas selalu berhasil. Dan jika itu tidak membuat perubahan karena faktor lainnya anda dapat membaca tutorial Cara Mudah Dan Cepat Back Up Data di PC Windows Yang Tidak Dapat Booting untuk menyelamatkan data anda.

Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda dalam menggunakan metode di atas untuk uninstal update Windows 10 atau Windows 11 saat PC tidak booting. Terimakasih dan GBU.

2 comments for "Cara Uninstall Update Windows 10/11 Saat PC Tidak Dapat Booting"

  1. Kalau hanya uninstall update dan bisa booting kembali ke Windows maka data tidak akan hilang.

    ReplyDelete