Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghentikan Instal Update Windows yang Sama Berulang Kali


Pada system operasi Windows 10 diperkenalkan fitur Change Active Hours. Fitur ini berguna agar pengguna dapat menentukan waktu interval yang biasanya saat kita aktif dalam menggunakan PC, sehingga system tidak akan melakukan reboot secara otomatis begitu ia selesai melakukan update. Hal baik yang kita peroleh adalah kita tak perlu sibuk dengan mengupdate Windows secara manual dan kemudian meresatar PC kita. Namun hal yang kurang menyenangkan adalah terkadang mesin Windows anda dapat mendownload dan menginstal update yang sama berulang-ulang. Ini bisa disebabkan oleh system yang tidak menginstal dengan benar file update tersebut, file update yang rusak, database update Windows yang rusak, dll.

Hal ini cukup menjengkelkan karena ketika system kembali melakukan update maka otomatis akan membuat system anda direstart secara berulang dan menjadi sedikit membosankan. Dan inilah cara anda agar dapat menghentikan Windows dari menginstal update yang sama berulang kali.


Perbaiki Dengan Menggunakan Windows Updates Troubleshooter

Cara termudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menggunakan Windows Updates Troubleshooter.



  • Disini di layar beranda, klik tombol Next untuk melanjutkan.


  • Jika anda menjalankan Windows 10, aplikasi akan memberitahu anda untuk menjalankan updated troubleshooter. Cukup klik pada tombol Run the Windows 10 Windows Update Troubleshooter.


  • Tindakan di atas lagi akan menampilkan layar beranda dan cukup klik tombol Next untuk melanjutkan.


  • Jika troubleshooter menemukan masalah dengan update, maka itu akan menyarankan anda untuk menghapus database cache dan mendownload ulang update. Klik pada opsi Apply this Fix untuk melanjutkan.


Tindakan di atas (mungkin) harus menyelesaikan masalah dengan update Windows anda.

  • Namun jika tidak, jalankan kembali Windows Updates Troubleshooter dan ketika anda berada di langkah di atas, pilih opsi Skip this Fix sehingga Windows dapat secara otomatis menerapkan perbaikan alternatif lainnya.
  • Setelah selesai, Restart system anda dan anda siap melanjutkan.


Namun, jika perbaikan dengan metode troubleshooter tidak dapat menyelesaikan masalah anda, cobalah dengan metode manual di bawah ini untuk memperbaiki masalah update pada Windows anda.


Perbaiki Dengan Menggunakan Metode Manual

Memperbaiki masalah update ini secara manual juga cukup mudah. Untuk memperbaikinya maka kita perlu menghentikan Windows Update service.

  • Untuk melakukan itu buka Run dengan menekan Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.


  • Tindakan di atas akan membuka Windows Services. Di jendela ini, cari services/layanan Windows Update. Setelah menemukannya, klik kanan padanya dan kemudian pilih opsi Stop untuk menghentikan services.


  • Setelah menghentikan layanan, tekan Win + E untuk membuka File Explorer dan arahkan ke lokasi berikut. Atau, anda juga dapat memasukkan jalur URL C:\Windows\SoftwareDistribution di kotak dialog Run.


  • Setelah anda di folder ini, buka folder Download, pilih semua file dan folder di dalamnya (Ctrl + A), lalu hapus dengan menekan tombol Delete di keyboard anda.


  • Sekarang, kembali ke folder SoftwareDistribution dan kemudian buka folder DeliveryOptimization. Sekali lagi, hapus semua folder dan file di folder ini. Anda juga dapat menghapusnya dari Disk Cleanup.


  • Setelah menghapus file dan folder yang ada dikedua folder diatas, sekarang Restart system anda.


Setelah restart, Windows akan melakukan update dan akan menginstal kemudian meretsart system anda kembali. Namun setelah itu, seharusnya anda tidak lagi memiliki masalah dengan update yang berulang kali. Jika kedua metode ini tidak menyelesaikan masalah, maka coba restore system anda.


Sekian tutorial kali ini, dan semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghentikan Instal Update Windows yang Sama Berulang Kali"