Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Unsigned Driver Yang Benar di Windows 10/11


Setiap hardware yang terpasang pada system Windows anda mengharuskan anda untuk menginstal driver hardware-nya agar berfungsi dengan baik. Driver hardware ini memiliki akses dengan level rendah ke system Windows anda sehingga membuatnya berfungsi sebagaimana mestinya. Karena driver mendapatkan akses ke kernel, Windows mengharuskan driver tersebut secara resmi terdaftar driver signature-nya. Driver apapun yang tidak memiliki driver signature resmi dari Microsoft tidak akan diizinkan untuk diinstal pada Windows.

Namun, ada saatnya anda perlu menginstal driver tidak resmi, driver yang tidak terdaftar driver signaturenya atau bahkan driver lama tanpa digital signature. Dalam kasus tersebut, anda perlu melompat-lompat sedikit untuk menginstal unsigned driver atau driver yang tidak dikenal di Windows. Berikut ini adalah cara menginstall unsigned driver di Windows 10 atau Windows 11.

Catatan: Driver Signature berhubungan langsung dengan fitur keamanan, oleh karena itu menonaktifkan Driver Signature Enforcement agar dapat menginstal unsigned driver sangat tidak dianjurkan. Jadi hanya instal unsigned driver dari sumber yang tepercaya.

Ada tiga cara berbeda untuk menginstal unsigned driver di Windows 10 atau di Windows 11. Saya akan menunjukkan kepada anda ketiganya. Ikuti metode yang paling nyaman bagi anda.


1. Instal Unsigned Driver dari Advanced Boot Menu

Cara termudah untuk menginstall unsigned driver adalah dengan menggunakan menu Advanced Boot Windows 10 atau Windows 11.
  • Untuk melakukan itu, tekan Win + X, arahkan ke Shutdown dan kemudian tekan tombol Shift + Restart dengan klik kiri mouse.


  • Tindakan di atas akan merestart system anda dan akan membawa anda ke menu Advanced Boot. Disini, pilih opsi Troubleshooting.


  • Di bagian Troubleshoot pilih opsi Advanced Options.


  • Sekarang, pilih Start-up Settings.


  • Opsi Start-up Settings akan memungkinkan anda untuk mem-boot system Windows anda dalam mode yang berbeda. Cukup klik pada tombol Restart untuk melanjutkan.


  • Karena kita perlu menginstal unsigned driver, tekan F7 pada keyboard anda untuk memilih opsi ketujuh Disable driver signature enforcement.


  • Segera setelah anda menekan tombol, system anda akan boot ke Windows. Sekarang anda dapat menginstal unsigned driver yang anda inginkan. Setelah menginstal, restart system anda, dan Driver Signature Enforcement akan secara otomatis diaktifkan dari reboot berikutnya.

Jika anda ingin menginstall unsigned driver lainnya, anda harus melalui proses di atas lagi.


2. Instal Unsigned Driver dengan Mengaktifkan Test Mode

Cara lain untuk menginstal unsigned driver adalah mengaktifkan Test Mode di Windows 10. Hal yang baik tentang metode ini adalah bahwa ia akan tetap diaktifkan sampai anda mematikannya secara manual - cara yang cukup berguna jika anda menguji driver yang berbeda.

  • Untuk memulai, cari Command Prompt menggunakan Search di taskbar dan klik Run as administrator.


  • Tindakan di atas akan membuka Command Prompt dengan hak admin. Setelah command prompt terbuka, jalankan perintah di bawah ini (setelah copas - tekan Enter):

bcdedit /set testsigning on


  • Anda akan melihat bahwa perintah telah berhasil dijalankan. Cukup Restart system anda dan anda akan boot ke Test Mode. Saat anda berada dalam Test Mode, anda dapat menginstal unsigned driver. Selain itu, anda juga akan melihat watermark atau tanda air, di kanan bawah layar anda, untuk memberitahu anda bahwa system Windows anda dalam Test Mode.


  • Setelah anda selesai menginstal driver, penting bagi anda untuk mematikan Test Mode. Untuk melakukan itu, gunakan perintah di bawah ini di command prompt yang dijalankan sebagai admin dan reboot system anda.

bcdedit /set testsigning off



3. Instal Unsigned Driver dengan Menonaktifkan Integrity Check

Anda juga dapat menonaktifkan Integrity Check untuk menginstall unsigned driver. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.
  • Untuk menonaktifkan Integrity Check, buka Command Prompt dengan hak admin dari dari Search di taskbar. Setelah terbuka, jalankan perintah di bawah ini:

bcdedit /set nointegritychecks off


  • Setelah menjalankan perintah, cukup Restart system anda, dan anda dapat menginstal unsigned driver pada mesin Windows 10 atau Windows 11 anda.
  • Sama seperti dengan Test Mode, penting untuk mengaktifkan integrity check kembali. Untuk mengaktifkan kembali integrity check, jalankan perintah di bawah ini pada command prompt yang dijalankan sebagai admin:

bcdedit /set nointegritychecks on


  • Sekarang, restart system dan anda siap menjalankannya.

Bagaimana menurut pendapat anda? Metode apa yang anda gunakan? Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk menginstall unsigned driver di Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Install Unsigned Driver Yang Benar di Windows 10/11"