Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengosongkan Ruang Hard Disk dengan CompactGUI


Bukankah luar biasa jika ada cara untuk meningkatkan kapasitas HDD atau SSD anda secara gratis? Selain meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan dengan Storage Sense, memang ada lagi yang lainnya dan hal ini bukanlah sesuatu yang baru.

Kembali ke masa MS-DOS, dimana banyak orang yang membutuhkan lebih banyak penyimpanan daripada yang mereka miliki menggunakan DriveSpace untuk mengkompres konten drive hard disk mereka secara transparan. Saat ini, anda bisa mendapatkan banyak ruang penyimpanan dengan harga murah, dan praktik kompresi seperti itu tidak diperlukan lagi. Namun, jika anda kembali kehabisan ruang HDD atau SSD, dan tidak ingin mengeluarkan lebih banyak uang untuk meningkatkan ruang penyimpanan anda, “transparent compression” ini akan bekerja dengan baik untuk membebaskan ruang HDD atau SSD anda, dan tools terbaik untuk pekerjaan itu adalah CompactGUI.


Kompresi Standar Windows

CompactGUI terutama merupakan GUI (Graphical User Interface) untuk program command-line (baris perintah) yang sudah disertakan di Windows. Secara teoritis, anda tidak memerlukan CompactGUI untuk memanfaatkan dukungan Windows dalam transparent compression secara real-time.

  • Anda dapat mengklik kanan pada folder manapun, memilih Properties, dan saat berada di tab General, klik tombol Advanced.

  • Dari jendela baru yang akan muncul, beri ceklist pada opsi Compress contents to save disk space dan klik OK untuk menerapkan perubahan.

  • Dijendela properties folder klik Apply.
  • Jendela konfirmasi akan muncul dan pilih salah satu opsi kompres, apakah hanya folder tersebut atau dengan sub folder dan file yang ada didalammya. Kli OK setelah menentukan pilihan.

  • Kemudian tunggu hingga proses kompresi selesai. Waktu kompres tergantung ukuran folder tersebut.
  • Setelah itu kli OK untuk menutup jendela properties.

Anda dapat melihat perubahan folder yang di kompres melalui warna nama dan ikon folder yang berubah warna menjadi biru.



Alternatif lainnya, anda dapat menggunakan compact tool itu sendiri di command line, yang jauh lebih serbaguna. Compact akan menawarkan anda akses ke tingkat kompresi baru yang lebih tinggi yang ditambahkan ke Windows 10, dan memungkinkan pemrosesan batch file dan folder. Namun itu juga disertai dengan beberapa bug, dan jika anda tidak peduli bagaimana atau pada file mana anda menggunakannya, anda dapat membuat seluruh system anda tidak dapat digunakan.

Itulah alasan mengapa CompactGUI menjadi populer dalam waktu singkat: ia menawarkan yang terbaik dari kedua dunia, tanpa ada kekurangannya. Mari kita lihat aksinya.


Menggunakan CompactGUI

Kunjungi halaman CompactGUI di GitHub dan download dari link yang disediakan di subbagian Installation.

Jika anda menggunakan package manager Chocolatey untuk Windows, anda juga dapat menginstal program dengan menggunakan perintah di bawah ini.

choco install compactgui

Setelah penginstalan selesai, jalankan CompactGUI, dan anda siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.



Pengaturan Dasar

Klik tombol Settings dengan ikon roda gigi di kanan atas untuk mengakses pengaturan sederhana program.

Beri cek list pada opsi Skip Files that are Poorly Compressed. Meskipun hal ini akan menyebabkan kompresi yang kurang optimal, hal ini perlu dipertahankan karena jika tidak maka akan mengakibatkan terbuangnya waktu dan resource dalam mengkompres file dimana ukurannya tidak akan banyak menyusut, bahkan tidak sama sekali.


Untuk kemudahan penggunaan, berikan ceklist pada opsi Add to Explorer Right-click Menu. Opsi ini menambahkan pintasan ke menu klik kanan Windows, memungkinkan anda mengirim folder apapun ke aplikasi langsung dari Desktop.

Biarkan sisa opsi sebagaimana adanya dan keluar dari jendela untuk menerima perubahan apapun.


Tingkat Kompresi

Karena program sudah berjalan, drag and drop folder atau file apapun ke jendela untuk mencoba CompactGUI untuk pertama kalinya. Program akan mengupdate dan menunjukkan kepada anda banyak opsi terkait calon kompresi.

Di kiri atas, anda akan melihat empat level kompresi yang tersedia. Yang pertama, Xpress 4K, adalah yang paling ringan dan tercepat. Level terakhir, LZX, menawarkan kompresi terbaik tetapi jauh lebih lambat dan memberi beban lebih berat pada CPU.

Dalam kebanyakan kasus, anda dapat menggunakan salah satu dari tiga tingkat kompresi pertama pada CPU yang dirilis selama dekade terakhir tanpa kinerja yang signifikan. Sebaiknya hindari yang terakhir jika anda menggunakan CPU lama, atau mencoba mengompresi program atau game yang sangat besar resource.

Jika anda merasa bahwa kinerja program atau game telah menurun setelah kompresi, anda selalu dapat membatalkan perubahan dengan menguranginya.

Saya menyarankan anda membiarkan opsi di bagian Select Additional Arguments di sebelah kanan, sebagaimana adanya. Jika anda memutuskan untuk mengubahnya:


  • Compress Subfolder : Memastikan bahwa saat anda mengkompres folder, CompactGUI akan mengkompres semua yang ada di dalamnya, dan tidak hanya file di level teratasnya.
  • Force Action on Files : Mungkin akan menghabiskan resource anda dengan mengkompres ulang file yang seharusnya tidak dilakukan.
  • Process Hidden and System Files : Akan mengaktifkan kompres file yang tidak boleh disentuh kebanyakan orang, kecuali mereka benar-benar tahu apa yang mereka lakukan.
  • Shutdown PC on Finish : Akan melakukannya dengan tepat, dan dari menu drop-down, anda dapat memilih untuk me-Restart atau Sleep.


Saatnya Kompres

Langkah terakhir adalah mengklik tombol Compress Folder di kanan bawah untuk memulai kompresi.


Prosedur ini memakan waktu yang tidak terduga. Itu tergantung pada jumlah dan ukuran file folder, tetapi lebih pada kompresibilitasnya.

CompactGUI juga memungkinkan anda menganalisis folder untuk memeriksa apakah isinya sudah dikompresi. Biarkan sekarang. Opsi itu akan berguna ketika, di masa mendatang, anda memiliki lusinan folder dan anda tidak ingat mana yang di kompres.

Jika anda mengkompres program atau folder game, maka setelah anda mengkompresnya, uji bagaimana kinerja program atau game tersebut. Jika ada penurunan kinerja yang terlihat, kembali ke CompactGUI dan kompres ulang dengan algoritma yang lebih ringan namun lebih cepat, atau menghapus kompres tersebut sepenuhnya.


Nikmati Ruang HDD/SSD Anda

Kita sudah melewati era DriveSpace. Transparent compression tidak memiliki dampak negatif yang signifikan lagi dalam penggunaan komputer kita sehari-hari dan dapat melipatgandakan penyimpanannya.

Luar biasa kedengarannya, transparent compression bahkan dapat meningkatkan kinerja. Dengan perangkat penyimpanan yang menjadi penghambat utama di PC modern namun dengan CPU yang sangat cepat, seringkali, file di kompres dapat dimuat lebih cepat.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengosongkan Ruang Hard Disk dengan CompactGUI"