Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Backup Pengaturan Windows Terminal di Windows 10/11

 


Windows Terminal merupakan sebuah tool yang penting untuk mendukung aplikasi command line seperti Command Prompt dan Windows PowerShell.  Di Windows Terminal, anda dapat memodifikasi pengaturan Windows Terminal, termasuk mengaktifkan Focus Mode dan membuat aplikasi Terminal default. Fungsinya sangat berguna untuk melakukan berbagai tugas administrator system dan pengembangan software. Windows Terminal menyimpan semua data global di file bernama settings.json, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memulihkan pengaturan mereka ketika mereka beralih ke mesin yang berbeda atau menginstall ulang system operasi mereka.



Meskipun Windows Terminal menyediakan backup dari pengaturan ini, pengguna mungkin ingin membuat local backup dari pengaturan ini. Ini dapat berguna jika pengguna ingin memulihkan pengaturan mereka secara lokal tanpa harus mengandalkan backup yang tersimpan secara online.



Cara Backup Pengaturan Windows Terminal di Windows 10/11


Anda dapat membackup pengaturan Windows Terminal dengan menggunakan File Explorer atau Command Prompt. Prosesnya melibatkan backup file settings.json ke lokasi lokal di komputer anda dan kemudian menggunakannya kembali jika anda ingin mengembalikan pengaturan Terminal.



1. Menggunakan File Explorer


Sebelum anda memulai dengan prosedur apapun, anda memerlukan jalur file ke lokasi tempat anda ingin membackup file settings.json Windows Terminal. Untuk artikel ini, lokasi backup saya adalah C:\Users\user_name\Documents\Backup Terminal. Untuk menemukan lokasi file atau folder apapun, buka jendela Run dan seret file ke bidangnya.


Untuk memembackup pengaturan Windows Terminal menggunakan File Explorer, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka jendela Run.
  • Di jendela Run, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
%LocalAppData%\Packages\Microsoft.WindowsTerminal_8wekyb3d8bbwe\LocalState


  • Perintah diatas akan membuka folder LocalState.
  • Selanjutnya di lokasi, copy file settings.json.


  • Kemudian, pergi ke lokasi tempat anda ingin menyimpan backup. Dalam kasus saya, lokasinya adalah seperti dibawah ini.
C:\Users\user_name\Documents\Backup Terminal
  • Di lokasi, klik kanan di ruang kosong dan pilih Paste.
  • File di folder kedua akan menjadi backup anda.


Saat anda ingin mengembalikan pengaturan Windows Terminal, balikkan langkah-langkah yang dilakukan sebelumnya.
  • Copy file settings.json dari folder tempat anda menyimpan file backup.
  • Kemudian, gunakan perintah pertama diatas di jendela Run untuk membuka lokasi atau anda dapat akses lokasi yang sama secara manual di File Explorer.
C:\Users\user_name\AppData\Local\Packages\Microsoft.WindowsTerminal_8wekyb3d8bbwe\LocalState
  • Di lokasi, paste file settings.json dan pilih Replace the file in the destination.
  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.



2. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt membuat banyak prosedur rumit menjadi lebih mudah. Untuk membackup file pengaturan Windows Terminal, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Command Promt dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Enter. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dan memilih Command Prompt. Anda juga dapat menjalankan kedua tool dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk membackup pengaturan Windows Terminal. Pastikan anda mengubah <path_backup> dengan lokasi backup.
copy /y /v %LocalAppData%\Packages\Microsoft.WindowsTerminal_8wekyb3d8bbwe\LocalState\settings.json <path_backup>

Catatan: Jika nama jalur lokasi atau nama folder tempat anda menyimpan file backup memiliki spasi, maka gunakan tanda petik di awal dan akhir jalur lokasi. Dalam kasus saya, perintah akan terlihat seperti berikut ini.

copy /y /v %LocalAppData%\Packages\Microsoft.WindowsTerminal_8wekyb3d8bbwe\LocalState\settings.json "C:\Users\user_name\Documents\Backup Terminal"


  • Sekarang anda dapat menemukan file settings.json di lokasi yang anda pilih.


Jika anda ingin mengembalikannya, maka anda dapat membuka Command Prompt, kemudian masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
copy /y /v <path_backup>  %LocalAppData%\Packages\Microsoft.WindowsTerminal_8wekyb3d8bbwe\LocalState

Sebagai contoh, perintah lengkap dalam kasus saya menjadi seperti berikut ini.
copy /y /v "C:\Users\user_name\Documents\Backup Terminal"  %LocalAppData%\Packages\Microsoft.WindowsTerminal_8wekyb3d8bbwe\LocalState


Setelah anda menjalankan perintah, jangan lupa untuk merestart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Pengaturan Windows Terminal disimpan dalam file settings.json. Jika anda ingin mengekspor pengaturan Windows Terminal dari satu komputer ke komputer lain, maka dimungkinkan dengan mentransfer file settings.json ke komputer lain. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan USB drive atau mengirimkannya secara online.

Semoga bermanfaat untuk anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membackup pengaturan Windows Terminal di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Cara Backup Pengaturan Windows Terminal di Windows 10/11"