Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Local Security Authority database contains an internal inconsistency

 


Jika anda mendapatkan error Local Security Authority database contains an internal inconsistency, maka artikel ini dapat membantu anda memperbaikinya. Error ini pada umumnya menunjukkan masalah dengan otentikasi dan infrastruktur keamanan system operasi Windows anda. Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Location is not available

Y:\ is not accessible.

The local security authority database contains an internal inconsistency.

atau

The mapped network drive could not be created because the following error has occurred:

The local security authority database contains an internal inconsistency.



Anda dapat mengikuti beberapa solusi sederhana yang akan di jelaskan dibawah ini untuk memperbaiki error tersebut.



Memperbaiki Error Local Security Authority database contains an internal inconsistency


Untuk memperbaiki error Local Security Authority database contains an internal inconsistency pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, mulailah dengan merestart komputer anda dan lihat apakah itu membantu. Jika masalah berlanjut, ikuti beberapa solusi berikut ini.



1. Aktifkan Akses Administrator untuk User Account


Error ini dapat terjadi karena kurangnya permission/izin. Oleh karena itu anda perlu mengaktifkan akses administrator untuk user account saat ini untuk memperbaikinya.


Anda dapat mengaktifkan super administrator account di system Windows anda mengatasinya. Super administrator account adalah akun bawaan Windows dan berbeda dengan administrator anda saat ini. Akun ini akan memberi anda lebih banyak permission. Jadi, aktifkan super administrator account dan lihat apakah itu dapat membantu anda. Pastikan untuk menonaktifkannya kembali setelah anda berhasil melakukan tindakan atau perbaikan dengan akun tersebut.




2. Jalankan SFC dan DISM


Error inkonsistensi internal juga dapat terjadi jika file system atau system image Windows anda korup, rusak atau hilang. Jadi untuk memperbaikinya, anda perlu menscan dan memperbaiki file system yang rusak terlebih dahulu dengan menjalankan tool SFC dan DISM.


System File Checker (SFC) merupakan utilitas command line yang berfungsi untuk menscan dan memperbaiki file system yang dilindungi oleh Windows. Ia akan menscan dan kemudian memperbaiki file yang rusak atau menggantinya jika hilang. Namun jika itu tidak memperbaiki masalah atau anda melihat error di SFC, maka anda perlu menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki system image Windows anda yang kemungkinan rusak. Setelah itu anda dapat menjalankan kembali SFC. Setelah selesai, anda dapat memeriksanya kembali apakah error telah diperbaiki atau tidak.




3. Tambahkan ACL Support ke Samba


Dalam beberapa kasus, diketahui bahwa menggunakan dukungan Samba dan ACL (Access Control List) bawaan dapat menyebabkan masalah ini. Jadi, menambahkan parameter berikut ke file smb.conf dapat membantu memperbaiki error ini.

[myshare]
nt acl support = yes


4. Uninstall Update Windows yang Baru Diinstall

File korup atau rusak yang diinstall dengan update system terkadang membuat aplikasi macet. Menguninstall update Windows yang baru diinstall dapat membantu memperbaiki program yang tidak dapat dibuka setelah update Windows. Untuk menguninstall update Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mengikuti salah satu metode di artikel ini. Jika PC anda tidak dapat booting, maka anda perlu mengikuti langkah-langkah yang di jelaskan di artikel ini.



5. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot

Terakhir, jika solusi diatas tidak membantu anda, maka pertimbangkan untuk memecahkan masalah dalam clean boot. Error ini dapat terjadi karena gangguan dari aplikasi pihak ketiga dan mode ini akan membantu anda mengidentifikasi proses yang mengganggu. Jika anda menemukan proses yang mengganggu, anda dapat menonaktifkannya atau menguninstall program/aplikasi yang menggunakannya.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Local Security Authority database contains an internal inconsistency di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Local Security Authority database contains an internal inconsistency"