Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Super Administrator Account di Windows


Jika anda adalah satu-satunya pengguna yang menggunakan mesin Windows anda, maka anda adalah administrator untuk mesin anda. Tetapi dengan system operasi Windows, ada begitu banyak hal kecil yang disembunyikan dan Super Administrator account adalah salah satunya. Super Administrator account ini berbeda dari akun Administrator anda saat ini, karena ia akan memberi anda lebih banyak permissions (izin) untuk mengubah hal-hal di system operasi anda. Windows tidak menyebutkan ini sebagai akun khusus, tetapi ini akan memberi anda beberapa hak istimewa yang lebih dari akun administrator normal.

Beberapa hak istimewa juga termasuk diantaranya tetapi tidak terbatas pada hak full administrator dan menimpa UAC (User Access Control), untuk menjangkau troubleshooting yang lebih banyak dan spesifik. Jadi, jika anda mau, berikut adalah cara anda dapat mengaktifkan super administrator account di Windows.


Aktifkan Super Administrator Account Melalui Command Prompt

Mengaktifkan Super Administrator Account menggunakan command prompt adalah salah satu cara termudah. Untuk melakukan itu, cari Command Prompt di Start Menu, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as administrator. Pengguna Windows 8, cukup tekan Win + X dan pilih opsi Command Prompt (Admin). Windows 10, ketik cmd di Search dan klik opsi Run as administrator.


Setelah Command Prompt dibuka, masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan tombol Enter.

Net user administrator /active:yes


Segera setelah anda menjalankan perintah, super administrator account akan diaktifkan, dan anda dapat mengaksesnya dengan mengalihkan akun. Jika anda ingin password protect digunakan untuk super administrator account anda, maka gunakan perintah yang berikut di bawah ini. Jangan lupa mengganti yourPassword dengan password anda yang sebenarnya.

Net user administrator yourPassword
Net user administrator activate:yes

Setelah selesai bermain-main dengan super administrator account, selalu menjadi ide yang baik untuk menonaktifkannya. Untuk menonaktifkan super administrator account, gunakan perintah di bawah ini.

Net user administrator /active:no

Hanya itu yang harus dilakukan. Anda telah berhasil menonaktifkan Super Administrator Account.


Aktifkan Super Administrator Account Melalui Local Users and Groups

Catatan: untuk menggunakan metode ini, anda harus memiliki versi Windows Pro atau Enterprise karena versi Home tidak memiliki fitur yang diperlukan.

Jika anda merasa tidak nyaman menggunakan Command Prompt, maka anda dapat melakukan hal yang sama menggunakan fitur Local Users and Groups. Untuk melakukannya, tekan Win + R, ketik lusrmgr.msc dan tekan tombol Enter.


Tindakan di atas akan membuka jendela Local Users and Groups. Klik folder Users dan anda akan menemukan user account bernama Administrator di panel kanan. Seperti yang anda lihat, ini dinonaktifkan secara default (yang ditunjukkan oleh ikon panah bawah kecil).


Untuk mengaktifkan super administrator account ini, klik dobel pada Administrator atau klik kanan padanya dan pilih opsi Properties.


Hapus ceklist pada kotak Account is disabled dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Hanya itu yang harus dilakukan. Dari titik ini dan seterusnya, Super Administrator account anda diaktifkan, dan anda dapat menggunakannya dengan mengalihkan user account.


Jika anda ingin mengamankan Admin account anda dengan password, maka klik kanan pada user account dan pilih opsi Set Password.


Selanjutnya klik Proceed untuk melanjutkan pembuatan passwordnya.


Anda kemudian dapat kembali menonaktifkannya. Klik dobel kembali pada Administrator dan beri ceklist pada kotak Account is disabled dan klik tombol OK.


Seperti yang anda lihat, proses untuk mengaktifkan Super Administrator account cukup sederhana, tetapi berhati-hatilah saat menggunakan account ini dan nonaktifkan ketika anda sudah selesai menggunakannya.


Sekian tutorial kali ini, semoga itu membantu. Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda dalam menggunakan metode di atas untuk mengaktifkan Super Administrator account di Windows. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Super Administrator Account di Windows"