Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Standard User Account di Windows


Ketika Anda pertama kali menginstal dan mengkonfigurasi system operasi Windows anda, Windows akan meminta anda untuk membuat user account untuk dapat menggunakannya. Secara default, user account pertama yang anda buat di Windows adalah akun administrator. Akun administrator default ini memungkinkan anda untuk mengubah pengaturan system, menginstal driver, software, dan update penting lainnya tanpa banyak kesulitan atau penolakan.

Itu baik, memiliki tingkat kekuatan yang lebih setiap hari namun hal ini tidak sebaik dalam hal keamanan dan stabilitas system. Untuk mengatasinya, Windows memiliki sesuatu yang disebut standard user account / akun pengguna standar. Dalam artikel singkat ini kita akan mengetahui tentang standard user account dan cara mengaktifkannya untuk keamanan yang lebih baik.


Apa itu Standard User Account?

Seperti namanya, standard user account adalah user account yang terbatas yang memiliki hak istimewa yang lebih sedikit daripada akun administrator. Karena standard user account memiliki lebih sedikit hak istimewa, setiap perubahan besar yang dilakukan pada system, seperti menginstal program atau mengubah pengaturan system, akan memerlukan password administrator. Standard user account juga membuat system anda lebih aman karena membuatnya sangat mustahil bagi virus dan malware lain untuk menginfeksi dan beroperasi.

Jika anda membagikan system anda dengan keluarga atau teman, itu juga memastikan bahwa mereka tidak dapat menginstal, menghapus, atau mengubah pengaturan system apapun tanpa memiliki password administrator.

Anda mungkin berpikir bahwa akun administrator normal dilindungi oleh UAC (User Access Control), tetapi berapa kali anda mengklik tombol Yes tanpa membaca prompt, hal ini membuat fitur UAC hampir tidak berguna. Selain itu, UAC tidak begitu aman, karena anda dapat mengedit sebagian besar pengaturan Windows tanpa prompt UAC.

Tentu saja, sebagai standard user, anda dibatasi dalam hal seberapa banyak yang dapat anda lakukan dengan user account itu. Selain itu, beberapa hal hanya dapat dilakukan ketika anda masuk sebagai administrator. Tetapi sedikit ketidaknyamanan ini sepadan dengan keamanan system anda. Lagi pula, anda dapat dengan mudah beralih antar akun hanya dengan beberapa klik.


Aktifkan Standard User Account di Windows

Catatan: Meskipun saya menunjukkan ini di Windows 10, prosedur yang sama berlaku untuk Windows 7 dan 8. Di Windows 10 ini, anda akan secara otomatis dialihkan ke Control Panel Modern, tetapi hampir sama.

Sebelum mengaktifkan standard user account, anda harus terlebih dahulu membuat akun administrator baru dan kemudian mengubah jenis akun anda saat ini menjadi Standar sehingga anda tidak kehilangan pengaturan atau program khusus pengguna.

1. Untuk memulai, cari Control Panel di Start menu dan buka. Selanjutnya pilih opsi User Accounts.


2. Setelah jendela User Accounts dibuka, cari dan klik tautan Manage another account.


3. Untuk Windows 7 dan 8 :
  • Klik tautan Create a new account yang muncul di bagian bawah jendela.
  • Di layar ini, masukkan username baru, pilih Administrator sebagai jenis akun dan klik tombol Create Account untuk membuat akun administrator baru.

4. Untuk Windows 10 :
  • Klik Add a new user in PC settings dan anda akan dibawah ke aplikasi Settings.
  • Disini klik Add someone else to this PC pada bagian Other users.
  • Dihalaman ini jika anda menggunakan email atau no telpon baru maka masukan datanya, tapi disini saya memilih I don't have this person's sign-in information karena saya tidak menggunakan keduanya.
  • Selanjutnya pilih Add a user without a Microsoft account.
  • Di halaman ini, masukan data anda yang diperlukan untuk membuat akun baru dan klik Next.
  • Anda telah berhasil membuat akun. Dan untuk membuatnya menjadi administrator, klik akun yang baru saja anda buat, lalu pilih opsi Change account type.
  • Di jendela baru yang muncul pilih Administrator dari menu drop-down Account type dan klik OK.

5. Untuk Windows 10, anda melewati lagkah ini dan lanjutkan ke langkah 6.
  • Kembali ke jendela utama dan pilih akun yang baru dibuat. Tindakan ini akan membuka pengaturan akun yang relevan. Klik tautan Create a password.
  • Masukkan password yang kuat dan petunjuk password yang baik dan klik tombol Create password.
6. Sekarang, kembali ke panel User Accounts utama dan pilih User Accounts anda saat ini.


7. Di panel pengaturan user account, klik tautan Change the account type.


8. Pilih tombol Standard, dan klik tombol Change Account Type.


Anda telah berhasil mengubah atau mengaktifkan standard user account di mesin Windows anda. Cukup restart atau logout system anda, dan anda siap melakukannya.


Mulai saat ini, kapanpun anda melakukan sesuatu yang utama seperti mengubah pengaturan Windows yang penting, menginstal driver atau software lainnya, anda akan dimintai password administrator. Tanpa memasukkan password secara manual, anda tidak akan dapat melakukan perubahan apapun pada system.

Sekian. Semoga ini membantu anda. Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan standard user account di mesin Windows anda. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Standard User Account di Windows"