Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Super Administrator Account di Windows 10/11

 


Super Administrator Account berbeda dengan Administrator Account di system anda saat ini. Ini merupakan account bawaan Windows 10 dan Windows 11 yang memberikan lebih banyak lagi keistimewaan dari administrator account anda saat ini. Dengan sebuah disk  atau USB flash drive instalasi Windows 10, seseorang dapat mengaktifkan super administrator account menggunakan sedikit trik sederhana dan kemudian ia dapat menggunakannya untuk mengunci anda dari system anda sendiri, bahkan dapat mengakses file pribadi anda.


Secara default, Super Administrator Account Windows 10 dan WIndows 11 dinonaktifkan. Super administrator account di Windows 10/11 sendiri tidak memerlukan password. Jadi jika anda mengaktifkan super administrator account Windows 10/11, anda harus selalu membuat password yang kuat untuk menggunakannya.


Dalam artikel kali ini, saya akan memandu anda melalui langkah-langkah untuk menghapus Super Administrator Account di Windows 10 atau Windows 11. Namun sangat disarankan untuk TIDAK menghapus Super Administrator Account.



Cara Menghapus Super Administrator Account


Untuk menghapus super administrator account di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.


Karena ini menggunakan pengeditan registry,  maka saya akan menyarankan anda untuk membuat backup registry atau membuat system restore point sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan jika terjadi kesalahan dalam pengeditan. Setelah selesai melakukannya, anda kemudian dapat melanjutkan pengeditan registry.

  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Setelah Registry Editor terbuka, telusuri jalur berikut dibawah ini. Anda juga dapat mengcopy jalur dibawah dan mempastenya di address bar registry editor dan tekan Enter untuk mencapai lokasi.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM\SAM

  • Di lokasi ini, klik kanan sub folder SAM dan klik Permissions dari daftar menu opsi.


  • Selanjutnya dii jendela Permissions yang muncul, pilih Administrators group anda. Kemudian, beri ceklist pada opsi Full Control dan Read di bawah bagian Allow.


  • Lanjutkan dengan mengklik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Langkah selanjutnya, klik View di menu bar jendela Registry Editor, lalu klik Refresh.


  • Sekarang, perluas subfolder folder SAM seperti jalur lengkap dibawah ini, hingga anda masuk ke folder Names.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM\SAM\Domains\Account\Users\Names

  • Sekarang perluas folder Names untuk menampilkan daftar semua user account di system.
  • Karena kita ingin menghapus super administrator account maka klik kanan pada folder Administrator, kemudian klik Delete.



Dan itu dia. Anda telah berhasil menghapus Super Administrator Account Windows 10 atau Windows 11 anda.

Anda juga dapat menggunakan proses yang sama untuk menghapus default account atau user account lainnya di Windows 10 atau Windows 11.

Untuk memverifikasi bahwa Super Administrator Account memang telah dihapus, anda dapat membuka command prompt kemudian ketik net user dan tekan Enter. Perintah ini akan mencantumkan semua account di system anda meskipun account tersebut telah dinonaktifkan.



Setelah perintah dijalankan, Windows akan menampilkan daftar semua account di system. Perhatikan bahwa Super Administrator Account tidak lagi terlihat.

Anda juga dapat memverifikasi bahwa Super Administrator Account telah berhasil di hapus dengan membuka Computer Management console di Windows 10 atau Windows 11.



Untuk melakukan ini, rekan Win + R, kemudian ketik compmgmt.msc dan tekan Enter. Kemudian, klik Local Users and Groups dan pilih folder Users. Sekali lagi, perhatikan bahwa Super Administrator Account tidak lagi terlihat dalam daftar.

Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara izinkan atau blokir Microsoft Account di Windows 10/11 atau cara menampilkan Username Account lain di login screen Windows 10/11.

Sekian tutoria kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus Super Administrator Account di Windows 10/11"