Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus System Restore Point Lama di Windows


Anda mungkin memanfaatkan fitur system restore di Windows untuk menjaga kemungkinan buruk terjadi pada system anda. Mengingat begitu bergunanya apa yang dilakukan system restore ini, anda mungkin membuatnya setiap kali anda ingin melakukan perubahan pada system anda.

Jika anda menggunakan system restore point, maka anda juga mungkin menyadari bahwa semua restore point yang telah anda buat tersebut akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan di hard disk atau ssd anda. Namun jangan kawatir, hal baik untuk anda adalah anda dapat dengan mudah menghapus system restore point sesuai kebutuhan untuk mendapatkan kembali ruang yang hilang tersebut.


Hapus Semua System Restore Point Lama Sekaligus

Windows menyediakan opsi untuk dengan cepat menghapus semuanya kecuali restore point terbaru anda. Namun, opsi ini terkubur dalam-dalam dan anda mungkin tidak menemukannya kecuali anda tahu kemana anda mencarinya.

Untuk menghapus semua restore point lama, cari Disk Cleanup di Start menu dan buka. Ini terletak di Windows Administrative Tools atau anda dapat menggunakan Search Windows untuk menemukannya.


Tindakan di atas akan membuka utilitas Disk Cleanup. Ini otomatis menampilkan drive system, namun jika tidak pilih "Drive System (C :)" dari menu drop-down dan klik tombol OK.


Klik pada tombol Clean up system files (jika jendela menampilkan ini, jika tidak lompat ke langkah selanjutnya). Karena restore point adalah file system, anda tidak dapat melihatnya kecuali anda memilih untuk membersihkan file system.


Di jendela baru , pilih tab More Options. Kemudian pada bagian System Restore dan Shadow Copies, klik Clean up untuk membersihkan file terkait.

Di jendela konfirmasi, klik tombol Delete. Segera setelah anda melakukannya, Windows akan menghapus semua restore point lama sambil mempertahankan yang terbaru.



Hapus System Restore Point Lama Secara Individual

Jika anda lebih suka memilih sendiri restore point yang ingin dihapus, anda juga dapat melakukannya. Karena Windows tidak memiliki opsi khusus untuk menghapus restore point secara individu, maka saya akan menggunakan tools gratis dan ringan dari pihak ketiga yang bernama System Restore Explorer.

Download dan install seperti software lainnya.

Setelah menginstallnya, luncurkan dengan mencarinya di Start menu. Segera setelah anda meluncurkannya, anda akan melihat semua restore point. Secara default, software akan menyembunyikan restore point yang dibuat dalam lima hari terakhir.

Hal yang baik tentang software ini adalah anda dapat memasang restore point dan melihat apa yang ada di dalamnya. Ini sangat berguna jika anda ingin memulihkan file atau folder. Untuk memasang restore point, pilih restore point dari daftar dan klik tombol Mount.


Tindakan di atas akan memasang restore point dan membukanya di File Explorer. Anda dapat menjelajahinya seperti drive atau folder lainnya.


Setelah anda selesai dengan itu, klik pada tombol Unmount untuk melepas restore point yang dipasang.


Untuk menghapus restore point, cukup pilih restore point dari daftar dan klik tombol Delete dan diikuti dengan mengklik pada tombol Yes di jendela konfirmasi dan anda selesai.


Seperti yang anda lihat dari gambar di bawah, menghapus restore point membebaskan ruang penyimpanan sekitar 5 GB.


Sebagai alternatif, jika anda menggunakan CCleaner, anda tidak perlu menginstall software lain. Buka CCleaner dengan hak admin dan buka Tools - System Restore. Disini anda dapat memilih dan menghapus restore point apapun sesuai kebutuhan. Namun, anda akan kehilangan fitur Mount yang disediakan di aplikasi System Restore Explorer.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk menghapus restore point lama di Windows. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghapus System Restore Point Lama di Windows"