Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Suhu CPU Anda di Windows 10/11


Suhu prosesor komputer anda sangat vital untuk menjaga kesehatan PC anda. Bagaimanapun, sebagai hotspot perhitungan di komputer anda, merupakan ide bagus untuk tetap tenang. Prosesor yang menjadi terlalu panas dapat menyebabkan semua jenis masalah dengan komputer anda. Mungkin throttle sendiri untuk tetap dingin, yang berarti daya pemrosesan lebih sedikit secara keseluruhan. Dalam situasi yang mengerikan itu akan menyebabkan komputer menjadi BSOD, berhenti bekerja, atau bahkan shut down atau restart sendiri.

Karena itu, sebaiknya anda sesekali memeriksa suhu anda. Ini terutama benar jika anda meletakkan laptop anda dalam situasi di mana mungkin terlalu panas, seperti pada selimut saat nda menggunakan laptop di tempat tidur. Dalam artikel ini saya akan mengeksplorasi berbagai cara agar anda dapat memeriksa suhu CPU di Windows 10 atau Windows 11.


Tapi Pertama - Apa itu Bad Temperature?

Sayangnya, tidak secara jelas dijelaskan rentang suhu yang baik atau buruk untuk sebuah prosesor. Jika anda melihat suhu idle prosesor anda dan melihatnya pada suhu 30° C, apakah itu suhu idle yang baik atau buruk? Bagaimana dengan 40°, 50°, 60°, atau 70° C?

Jika anda ingin tahu berapa suhu maksimal prosesor anda, cari di Web untuk halaman spesifikasi produk CPU anda, kemudian cari di mana ia mencantumkan suhu ideal max untuk prosesor anda.


Jika suhu terdaftar di bawah sesuatu yang mirip dengan Maximum Operating Temperature atau T Case, maka suhu itulah yang harus anda perjuangkan untuk menjaga prosesor anda dalam sebagian besar waktu. Jika tertulis T Junction (seperti di atas), saran umum adalah menjaga benda-benda setidaknya 30° C di bawah suhu yang disebutkan ini. (Untuk contoh di atas kami akan berusaha untuk tetap di bawah 70° C). Bagaimanapun, jika PC anda berada di bawah suhu ini untuk sebagian besar (atau, idealnya, semua!) Saat itu, anda akan baik-baik saja.

Sekarang kita tahu apa batas suhu itu, sekarang saatnya untuk menjelajahi cara memeriksa suhu CPU di Windows 10 atau Windows 11. Ini membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga yang akan membantu mengawasi seberapa panas prosesor yang didapatkan.


1. MSI Afterburner

Dirancang dengan mempertimbangkan PC/laptop gaming dan bagi mereka yang ingin melakukan overclock PC mereka, MSI Afterburner berfungsi ganda sebagai alat yang sangat baik untuk memantau suhu PC anda. Setelah anda menginstal dan membuka Afterburner, anda akan melihat grafik di layar beranda yang menunjukkan suhu GPU, suhu CPU, dan berbagai data lainnya.


Untuk menyusun ulang grafik dan memprioritaskan suhu CPU sehingga muncul di dekat bagian atas, klik Settings di Afterburner, lalu tab Monitoring. Disini anda akan melihat menu tempat anda dapat memberi ceklist hal-hal yang ingin anda tampilkan di layar beranda, dan seret ke atas hal-hal yang ingin anda tampilkan di dekat bagian atas. Cukup seret CPU1 temperature, CPU2 temperature, dan semua suhu CPU lainnya di dekat bagian atas grafik, klik OK, dan mereka akan muncul di layar beranda sesuai urutan yang anda pilih.


Saat anda memilih suhu CPU, anda juga dapat memberi ceklist kotak Show in On-Screen Display sehingga muncul di sudut setiap kali anda memasukkan shortcut untuk memunculkan OSD (Anda dapat memilih tombol apa yang anda inginkan jika anda ini masuk ke tab On-Screen Display di pengaturan Afterburner).


2. Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor adalah solusi yang bagus untuk mendapatkan semua statistik yang anda butuhkan di satu tempat. Ini akan dapat memberi tahu anda berapa suhu CPU anda serta suhu GPU anda, voltase yang digunakan di komputer anda, dan bahkan seberapa cepat kipas system anda. Ini menjadikannya alat yang tangguh yang memungkinkan anda mengawasi semua suhu system anda.


Anda dapat menemukan suhu CPU anda di bawah kategori dengan nama CPU anda di dalamnya. Ini akan mencantumkan suhu untuk setiap inti yang dimiliki prosesor anda.

Aplikasi pemantau suhu ini memungkinkan anda untuk membaca suhu di taskbar. Ini sangat berguna jika anda menggunakan system yang intensif dan ingin mengawasi suhu anda tanpa melesat bolak-balik antara jendela aktif dan monitor system. Jika anda ingin melihat suhu CPU di taskbar, klik kanan pada suhu itu sendiri dan klik Show in Tray.


Jika bacaan akhirnya bersembunyi di bagian additional icon, anda dapat menyeretnya keluar ke tray aktif utama. Ini artinya akan selalu terlihat selama anda dapat melihat taskbar.



3. Core Temp

Jika anda ingin sesuatu yang sedikit lebih fokus pada prosesor itu sendiri, Core Temp adalah pilihan yang baik ketika anda perlu memeriksa suhu CPU di Windows 10 atau WIndows 11. Ini memberi anda segala yang mungkin ingin anda ketahui tentang prosesor anda seperti namanya, core yang digunakannya, dan - yang paling penting - suhunya. Bahkan akan memberitahu anda batas T Junction prosesor anda, yang terdaftar sebagai Tj. Maks di atas suhu anda.


Jika anda ingin melihat suhu di system tray, itu harus diaktifkan secara default. Jika tidak, klik Options, lalu Settings.

Klik tab Windows Taskbar, lalu beri ceklist pada Enable Windows 7 Taskbar features, diikuti oleh Temperature, lalu OK.



4. Speccy

Paket all-in-one lainnya, Speccy.  Aplikasi ini hadir sebagai paket yang bagus dari berbagai diagnosa system, termasuk kemampuan untuk memeriksa suhu CPU di Windows 10 atau Windows 11. Segera setelah anda membuka Speccy, anda diperlihatkan semua suhu yang relevan yang perlu anda ketahui untuk laptop yang sehat. Ini juga bagus untuk menggali informasi di system anda, jadi pastikan anda ingat aplikasi ini jika anda memerlukan informasi tentang system operasi atau motherboard anda, misalnya.


Jika anda mengklik CPU di sebelah kiri, anda bisa mendapatkan informasi yang lebih fokus pada prosesor anda.


Jika anda ingin suhu muncul di tray, klik View, lalu Options.


Klik tab System tray, lalu Minimize to tray, diikuti oleh Display metrics in tray, lalu pilih CPU untuk output tray metric-nya.


Sekarang ketika anda meminimalkan Speccy, anda dapat mengawasi seberapa panas CPU anda berjalan saat anda melakukan hal-hal lain.



Membantu Prosesor Yang Terlalu Panas

Jika metode di atas menuntun anda untuk menemukan bahwa anda memiliki prosesor yang cukup membakar, jangan panik. Ada banyak solusi yang dapat anda gunakan untuk membawa prosesor anda ke tingkat yang lebih masuk akal.
  • Periksa dan bersihkan kipas laptop atau kipas prosesor.
  • Ganti thermal paste CPU atau GPU.
  • Gunakan cooling pad tambahan untuk laptop.
  • Letakan laptop di permukaan yang keras agar aliran udara pada laptop tidak terhalangi.
  • Jangan menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu untuk mengurangi beban CPU atau GPU.
  • Jika anda melakukan overclocking, sebaiknya ganti cooler standart anda.

Suhu menjadi bagian penting dari laptop atau PC desktop anda sehingga prosesor yang terlalu panas menjadi perhatian. Namun, dengan aplikasi pihak ketiga, anda dapat dengan mudah memeriksa suhu CPU di Windows 10 dan memastikan prosesor anda bekerja seperti yang seharusnya.

Seberapa perhatian anda terhadap suhu CPU atau GPU anda? Apakah anda suka terus-menerus memperhatikannya, atau hanya sesekali memeriksa? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memeriksa Suhu CPU Anda di Windows 10/11"