Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Google Authenticator di PC Windows


Anda pasti tahu apa itu Google Authenticator. Aplikasi dari Google untuk mengamankan akun ini sangat berguna terutama bagi pengguna Smartphone. Disisi lain, Google Authenticator ini menjadi sangat menjengkelkan karena Google belum membuat aplikasi resmi untuk pengguna desktop.

Untuk itu, pada tutorial kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara menggunakannya di PC desktop anda. Anda dapat menggunakan Google Authenticator di PC Windows anda melalui cara lain. Mari jelajahi cara menggunakan Google Authenticator di PC anda.


Mengekspor 2FA Google ke PC Anda

Untuk melakukan ini, anda memerlukan "kode rahasia" untuk Google Authenticator. Ini adalah benih dari mana pembuat kode dapat membuat kode yang bekerja dengan Google.

Untuk mendapatkan kode rahasia, buka halaman Security Google Account. Buka bagian Signing in to Google dan klik 2-Step Verification.


Jika Google mengetahui anda memiliki ponsel yang terhubung ke akun, Google akan memandu anda melalui langkah-langkah untuk menyiapkan layanan pemberitahuan dasar ponsel.


Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, anda akan memiliki kesempatan untuk menyiapkan aplikasi Authenticator. Meskipun kita tidak akan mendownload aplikasi yang sebenarnya, kita perlu berpura-pura mendapatkan kode rahasia. Klik SET UP.


Ikuti petunjuknya sampai meminta anda untuk memindai QR code. Di bawah kode, klik CAN'T SCAN IT?

Di halaman berikutnya, anda akan menemukan kode rahasia dan copy kode tersebut. Kode inilah yang akan anda masukkan ke aplikasi pihak ketiga saat mereka meminta kode. Namun, pastikan untuk merahasiakannya. Jika orang lain mendapatkan informasi ini, mereka dapat menggunakannya untuk masuk ke akun anda!


Sekarang setelah kita memiliki kodenya, mari kita lihat dimana kita bisa meletakkannya.


1. WinAuth

Jika anda khawatir tentang aplikasi pihak ketiga yang mencuri atau membocorkan kode anda, coba WinAuth. Daya tarik utamanya adalah ini adalah aplikasi open-source yang anda download ke PC anda. Oleh karena itu, tidak ada kode yang disamarkan atau penyimpanan cloud yang dapat membocorkan kode anda.

Menyiapkan dengan WinAuth sangat mudah. Setelah WinAuth berjalan, tambahkan akun Google baru.


Masukkan kode pribadi anda tadi, lalu klik tombol Verify Authenticator. Lanjutkan dengan pengaturan akun Google anda dan masukkan kode yang diberikan WinAuth kepada anda.


Copy password sekali pakai yang dibuat dan pastekan ke halaman Google security settings anda dan klik tombol VERIFY untuk memverifikasi kode yang dibuat.


Jika semuanya dilakukan dengan benar, Google akan menampilkan jendela konfirmasi yang memberitahu anda. Cukup klik tombol OK untuk menyimpan perubahan di akun Google anda.


Kembali lagi ke jendela WinAuth: sekarang anda telah mengonfirmasi kode yang dibuat, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan di aplikasi WinAuth.

Segera setelah anda mengklik tombol OK, WinAuth akan membuka jendela Protection yang memungkinkan anda mengatur password untuk mengenkripsi file yang disimpan oleh WinAuth. Ini memastikan setiap akses yang tidak sah akan diblokir. Cukup masukkan password dua kali dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Sebagai alternatif, anda juga dapat mengatur WinAuth untuk mengenkripsi file sehingga hanya dapat digunakan di komputer saat ini, tetapi menggunakan perlindungan password jauh lebih layak.


Sekarang anda dapat menggunakan Google Authenticator di PC anda menggunakan WinAuth.


2. Authy

Jika anda ingin menyinkronkan kode ponsel dan PC anda, coba Authy. Anda dapat menggunakannya sebagai standalone di PC anda, tetapi itu meminta anda untuk detail telepon anda saat mendaftar. Jika anda memiliki Authy di ponsel anda, anda dapat dengan cepat menyinkronkan detail anda di antara kedua perangkat.

Pada Authy versi PC, klik ikon plus di kanan atas dan paste kode rahasia di dalam kotak.


Anda dapat memberi nama dan memberi warna pada akun. Setelah anda menyiapkannya, anda akan memiliki kode Google yang berfungsi.


3. GAuth Authenticator

Jika anda menginginkan sesuatu di browser anda, anda dapat mencoba GAuth Authenticator. Anda dapat menginstalnya sebagai ekstensi Chrome atau aplikasi web.

Menambahkan authenticator anda ke GAuth Authenticator itu mudah.

Pertama, klik ikon pensil di kanan atas, lalu klik Add dan masukkan nama kode otentikasi (dalam hal ini, Google) dan kode rahasia.


Setelah selesai, anda akan memiliki authenticator yang berfungsi.


Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Windows 10, lihat metode saya untuk memperbaiki MBR (Master Boot Record) di Windows 10 anda. Lihat juga cara screenshot pada layar bergulir di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan Google Authenticator di PC Windows"