Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Layar Berkedip Pada Komputer Windows 10/11


Layar yang berkedip-kedip bisa menjadi masalah yang mengganggu ketika anda mencoba untuk bekerja di komputer Windows anda. Ada beberapa alasan mengapa layar bisa berkedip. Ini termasuk aplikasi yang tidak kompatibel, update display driver yang sudah ketinggalan zaman  untuk Windows, dan gangguan magnetik.

Berikut cara menemukan penyebab dan menjalankan solusi untuk menghentikan layar berkedip di komputer Windows anda.


Pengujian Task Manager

Untuk mengatasi masalah dengan layar yang berkedip-kedip, pertama-tama tentukan apakah display driver yang tidak berfungsi atau aplikasi yang tidak kompatibel yang menyebabkan masalah.

Pengujian ini dengan membuka Task Manager anda. Anda dapat membuka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc, mengklik kanan pada taskbar dan memilih Task Manager, atau dengan mengetik Task Manager ke dalam kotak Search di taskbar.


Setelah Task Manager terbuka, amati layar anda untuk melihat bagian mana yang berkedip-kedip.
  • Jika Task Manager berkedip, maka masalahnya adalah display driver.
  • Jika semuanya berkedip, tetapi jendela Task Manager tidak, maka ada masalah dengan salah satu aplikasi anda.

Perbaiki Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Apakah anda menjalankan tes pada Task manager dan menentukan bahwa itu adalah aplikasi yang menyebabkan masalah? Pertama, periksa untuk melihat apakah anda menjalankan Norton Antivirus, iCloud, atau IDT Audio. Aplikasi ini diketahui menyebabkan layar berkedip pada Windows 10 atau Windows 11. Jika anda tidak memiliki aplikasi ini, maka pikirkan aplikasi yang baru saja anda instal tersebut.

Jenis software lain yang mungkin memengaruhi tampilan anda adalah software desktop, seperti program live wallpaper. Jika anda memilikinya, coba nonaktifkan atau hapus instalannya.

Coba update aplikasi yang dicurigai ke versi terbaru. Jika itu tidak berhasil, anda mungkin perlu mencopot pemasangan aplikasi tersebut.


1.Update Display Driver

Saat anda mengupgrade dari versi Windows lainnya ke Windows 10 atau Windows 11, itu tidak secara otomatis mendownload dan mengupdate graphics driver. Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat membantu anda menemukan dan menggunakan driver terbaik untuk mesin anda. Ini termasuk Driver Talent, Driver Booster, dan Driver Genius.

Anda dapat mengupdate driver sendiri menggunakan pengaturan Windows.
  • Buka Device Manager dengan mengetikkan devmgmt.msc di kotak Search taskbar.
  • Klik panah di sebelah Display adapters untuk membuka menu.
  • Klik kanan pada display adapter anda.
  • Pilih Update driver.


  • Pilih Search Automatically for updated driver software.


  • Jika Windows menemukan versi yang lebih baru dari display driver anda, itu akan secara otomatis mendownload dan menginstalnya untuk anda.


2. Ubah Monitor Refresh Rate

Untuk mengubah Refresh Rate Monitor di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Klik kanan pada tempat kosong di desktop dan pilih Display settings.
  • Gulir ke bawah dan klik Advanced display settings.


  • Di bawah Pengaturan terkait, klik Display adapter properties.


  • Klik tab Monitor dan pilih Screen refresh rate yang lebih tinggi, lalu klik tombol OK. Jika tersedia, coba 80 Hz terlebih dahulu.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Kemudian di jendela Setting, pilih System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Advanced Display.
  • Selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian Choose a refresh rate, kemudian ubah refresh rate ke yang paling sesuai dengan monitor anda.
  • Setelah itu restart PC anda.



3. Buat Profil Pengguna Baru

Terkadang membuat profil pengguna baru di mesin anda akan memperbaiki masalah ini. Untuk membuat profil baru, ikuti langkah-langkah ini:
  • Tekan Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Buka Accounts.
  • Klik Family & other people di panel kiri jendela Settings.
  • Pilih Add someone else to this PC. Wizard akan memandu anda melalui langkah-langkahnya.



4. Kemungkinan Solusi Lain

Medan magnet juga dapat menyebabkan layar anda berkedip. Pindahkan laptop atau monitor PC anda ke area yang jauh dari elektronik lain (misalnya speaker) dan periksa apakah masih berkedip.

Jika ya, dan anda sudah mencoba semua metode diatas untuk memperbaikinya, maka bisa saja monitor itu sendiri yang mengalami kerusakan. Atau anda juga dapat memeriksa dengan menghubungkan laptop anda ke layar yang berbeda. Jika layar yang berbeda itu tidak berkedip, maka anda mungkin perlu mengganti monitor atau laptop anda. Dan bagi pengguna PC desktop, periksa apakah kabel VGA anda sudah terpasang dengan benar.

Jika anda menggunakan dual monitor, anda juga mungkin mengalami layar berkedip pada monitor kedua. Jika demikian maka anda dapat membaca artikel saya yang membahas tentang itu.


Semoga, salah satu solusi diatas akan menghentikan monitor yang berkedip-kedip dan memungkinkan anda untuk kembali bekerja. Apakah anda pernah menghadapi masalah ini? Langkah apa yang anda ambil untuk memperbaikinya? Bagikan dengan saya dan lainnya dikolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Layar Berkedip Pada Komputer Windows 10/11"