Widget HTML Atas

Cara Update Driver di Windows 10/11



Mengupdate driver adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Langkah ini dilakukan agar semua komponen hardware PC anda berjalan dengan baik. Dalam artikel kali ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengupdate driver di Windows 10 atau Windows 11. Anda dapat menggunakan Device Manager, Windows Update, software pihak ketiga atau mengupdatenya secara manual.

Driver perangkat pada dasarnya adalah software yang dirancang untuk system operasi tertentu seperti Windows 10 dan Windows 11. OS menggunakannya untuk berkomunikasi dengan perangkat hardware lain. Sementara Windows Update akan mengupdate system komputer anda termasuk Driver perangkat secara otomatis, namun terkadang ada saatnya anda mungkin harus, mengupdate driver anda sendiri jika anda menghadapi masalah yang berhubungan dengan driver atau perangkat tertentu.

Catatan: Anda sekarang dapat menjalankan Windows Update dan melihat apakah update driver tersedia. Anda dapat menemukannya di bagian Optional Updates. Ini cara yang lebih cepat dan mudah.


Cara Mengupdate Driver di Windows 10/11

Anda dapat mengupdate driver perangkat di Windows 10 dengan beberapa metode berikut ini.


1. Menggunakan Device Manager

Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di sini anda dapat uninstall, disable, rollback atau update Driver perangkat yang terinstall di PC Windows anda.
  • Sekarang identifikasi driver yang ingin anda update. Sebagai contoh di sini, saya akan memilih untuk mengupdate driver USB. Jadi saya akan perluas Universal Serial Bus controller.
  • Anda akan melihat berbagai driver USB yang diinstal di PC anda. Pilih yang ingin anda update, kemudian klik kanan padanya dan pilih opsi Update driver.
  • Anda dapat memilih opsi Search automatically for drivers atau Browse my computer for driver. Direkomendasikan untuk memilih opsi Search automatically for drivers. Setelah mengkliknya, biarkan Windows mengidentifikasi, mendownload dan menginstall driver tersebut.


  • Jika update ditemukan, Windows akan mendownload dan menginstallnya. Tetapi jika tidak ada update yang ditemukan, anda akan melihat layar berikut.


  • Anda dapat mengklik OK dan keluar atau mengklik Search for updated drivers on Windows Update.
  • Jika anda memiliki file driver di komputer anda yang sudah anda download dari website perangkat anda, maka anda dapat memilih Browse my computer for driver.
  • Kemudian pilih file software driver pada hard drive anda dan klik Next untuk melanjutkan.


Ada cara lain. Anda dapat mengklik kanan Driver dan memilih Properties.

Di jendela Properties, alihkan ke tab Driver dan anda akan melihat opsi Update Driver. Anda juga bisa menggunakan cara ini.



Catatan: Dimulai dengan Windows Update 10 Agustus 2020, anda akan dapat menginstal driver dan Optional Updates melalui Windows Update.


2. Menggunakan Windows Update

Buka Settings dengan menekan tombol Win + I. Selanjutnya pilih Update & Security dan klik Windows Update di panel kiri. Di panel kanan, klik Check for updates untuk memeriksa update. Anda harus memastikan bahwa instalasi driver otomatis tidak dinonaktifkan.



Windows kemudian akan memeriksa dan mendownload update driver jika ada yang tersedia.


3. Menggunakan Software Update Driver

Meskipun ada beberapa software update driver gratis yang tersedia yang akan membantu anda mengupdate semua driver pada saat yang bersamaan, saya tidak merekomendasikan metode ini. Ini dikarenakan dapat mengacaukan banyak hal yang dapat menyebabkan error di beberapa titik bahkan dapat menyebabkan blue screen.

Namun bagaimanapun, jika anda memilih untuk menggunakan metode ini, buatlah system restore point terlebih dahulu dan melanjutkan dengan menggunakan software update driver pihak ketiga.


4. Download & Jalankan File Pengaturan Update Driver Secara Manual

Artikel ini akan menunjukkan tempat mendownload driver untuk Windows 10 dari website produsen resmi. Artikel tersebut juga tertaut ke tools resmi yang dapat anda gunakan untuk mendownload update driver. Ini juga merupakan jalur yang aman untuk digunakan.


Saya harap artikel ini bermanfaat bagi anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memblokir update driver untuk perangkat tertentu di Windows 10 atau cara mencegah download dan install driver untuk sementara di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Update Driver di Windows 10/11"