Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Download dan Install Driver Untuk Sementara di Windows 10/11


Salah satu masalah yang cukup mengganggu di Windows 10 dan Windows 11 adalah bagaimana perilakunya dengan update, terutama dengan update driver. Secara pribadi, saya belum pernah menghadapi masalah signifikan dengan update Windows, tetapi saya kemudian menghadapi masalah driver ketika Windows 10 atau Windows 11 memilih untuk mengupdate driver graphics card komputer lama saya. Update driver itu memperlambat komputer lama saya, dan saya butuh waktu untuk memperbaikinya.

Jika anda berpikir Windows 10 atau Windows 11 sedang mendownload driver yang tidak kompatibel dengan mesin anda, berikut adalah bagaimana anda dapat sementara memblokir Windows 10 atau Windows 11 dari menginstal driver tertentu.


Hentikan Windows 10 dan Windows 11 dari Menginstall Driver

Sebelum anda dapat menghentikan Windows dari menginstall driver, anda harus terlebih dahulu uninstall driver yang ada jika Windows 10 atau Windows 11 telah mengupdate atau menginstallnya. Untuk melakukan itu boot system anda ke Safe Mode dengan menahan tombol Shift sambil memilih opsi Restart dari power user menu (Win + X).


Setelah anda berada dalam Safe Mode, buka Power User menu lagi dan pilih opsi Device Manager.


Tindakan di atas akan membuka Device Manager. Klik kanan pada driver yang ingin anda uninstall dan pilih opsi Uninstall.


Setelah selesai, Restart system anda, kemudian buka Control Panel dan pilih System dari menu yang ditampilkan.


Disini, klik tautan Advanced System Settings yang muncul di panel kiri.


Di jendela Advanced System Settings, navigasikan ke tab Hardware, dan kemudian klik tombol Device Installation Settings.


Pilih tombol No dan kemudian klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.



Sekarang sampai pada bagian dimana anda menghentikan Windows dari mendownload update driver. Untuk memulai, download Show/Hide Windows Updates Tool. Catatan: tools ini sudah tidak disediakan lagi di website resmi Microsoft.

Setelah di download, klik doble file tersebut untuk menjalankan aplikasi.

Di layar beranda, cukup klik tombol Next untuk melanjutkan.


Ini akan memicu scan untuk memeriksa masalah dan semua update yang tersedia. Setelah scan selesai, pilih opsi Hide Updates.


Tindakan ini akan mendaftar semua update Windows yang tersedia termasuk update driver. Dari daftar temukan driver yang ingin anda blokir, kemudian beri ceklist dan klik tombol Next. Seperti yang anda lihat, saya telah memilih opsi untuk menyembunyikan update driver Intel Watchdog Timer.


Segera setelah anda mengklik tombol, Windows akan menyembunyikan update dan akan memberitahu anda hal yang sama. Ingat bahwa ini hanya sementara. Windows 10 atau Windows 11 pada akhirnya akan mendownload update driver dalam beberapa hari atau minggu.


Jika anda ingin menyembunyikan update, buka aplikasi lagi dan pilih opsi Show Hidden Updates.


Di layar berikutnya Windows akan mencantumkan semua update tersembunyi. Cukup pilih update yang ingin anda sembunyikan dan kemudian klik tombol Next.


Anda telah berhasil membatalkan update sehingga Windows dapat secara otomatis mendownloadnya jika perlu.


Sekian! Semoga membantu anda. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk sementara menghentikan Windows 10 dan Windows 11 dari mendownload update driver secara otomatis. Teimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mencegah Download dan Install Driver Untuk Sementara di Windows 10/11"