Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memblokir Update Driver Untuk Perangkat Tertentu di Windows 10/11


Windows 10 dan Windows 11 secara otomatis mendownload dan menginstall semua driver perangkat yang diperlukan segera setelah anda terhubung ke Internet. Hal ini untuk menghilangkan kebutuhan dalam mendownload dan menginstall driver secara manual. Namun, jika anda menggunakan hardware yang lebih lama seperti printer atau kartu grafis (VGA Card) lama, driver default yang didownload oleh Windows 10 atau Windows 11 dapat menyebabkan beberapa masalah. Selain itu, sebagian dari kita mungkin hanya ingin menghentikan Windows 10 atau Windows 11 dari mendownload driver untuk hardware tertentu seperti VGA Card. Untuk mengatasinya, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini, dan anda harus dapat menghentikan Windows 10 dari menginstall driver untuk hardware tertentu.


Temukan dan Copy ID Hardware

Karena kita ingin memblokir update driver untuk hardware tertentu, kita memerlukan ID hardware. Untuk mendapatkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Cari Device Manager di Start Menu atau dengan menekan tombol Win + X dan klik Device Manager.
  • Setelah Device Manager terbuka, cari hardware yang ingin anda blokir update drivernya. Dalam contoh ini, saya memilih kartu grafis di PC saya. Klik kanan pada perangkat dan pilih opsi Properties.


  • Di jendela Properties hardware, navigasikan ke tab Details dan kemudian pilih ID Hardware dari menu drop-down di bawah Property.
  • Tindakan di atas akan menunjukkan kepada anda ID unik hardware dari perangkat target. Pilih semua ID yang terdaftar, klik kanan dan kemudian pilih opsi Copy.


Saya akan memerlukan ID ini dalam beberapa langkah, jadi paste ke dalam Notepad untuk diamankan.

Catatan: Gunakan akun administrator anda untuk masuk ke Windows anda untuk melakukan pengaturan baik di Group Policy Editor maupun di Registry Editor.


1. Blokir Update Driver untuk Perangkat Tertentu Menggunakan Group Policy Editor

Untuk pengguna Windows 10 atau Windows 11 edisi Home, aktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu agar anda dapat mengikuti metode ini.
  • Tekan Win + R kemudian ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter untuk membuka Group Policy Editor Windows 10 atau Windows 11.


  • Setelah membuka Group Policy Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - System - Device Installation - Device Installation Restrictions

  • Setelah anda berada disini, temukan kebijakan Prevent installation of devices that match any of these devices IDs dan klik doble untuk mengubah propertiesnya.


  • Di jendela Properties kebijakan, pilih tombol Enabled dan kemudian klik tombol Show yang muncul di bawah kategori Options.


  • Tindakan ini akan membuka jendela Show Contents. Disini, masukkan semua ID hardware yang anda copy sebelumnya satu per satu. Setelah diisi, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Di masa depan, jika anda memiliki hardware lain yang ingin anda hindari update driver, kemudian tambahkan ID hardware itu dengan cara yang sama.


  • Di jendela utama klik pada tombol OK untuk menyimpan perubahan.
  • Cukup Restart system anda dan anda siap menjalankannya. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa Windows masih akan mendownload driver untuk hardware tersebut, tetapi tidak akan menginstallnya.

Untuk kembali, ubah pengaturan kebijakan ke Not Configured atau Disabled.


2. Blokir Update Driver untuk Perangkat Tertentu Menggunakan Registry Editor

Untuk memblokir update driver untuk perangkat tertentu menggunakan Registry Editor, ikuti langkah-langkah berikut ini. Namun pastikan anda telah membackup registry atau membuat system restore point sebagai tindakan pencegahan jika anda melakukan kesalahan di jendela registry.
  • Jika anda menggunakan versi Windows 10 Home, maka anda perlu mengedit Registry. Untuk melakukannya, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter.
  • Di sini, navigasikan ke lokasi berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\DeviceInstall\Restrictions\DenyDeviceIDs


  • Jika anda tidak menemukan lokasi \DeviceInstall\Restrictions\DenyDeviceIDs maka anda dapat membuat key baru untuk nama tersebut. Caranya klik kanan pada Windows dan pilih New - Key dan beri nama DeviceInstall. Caranya sama untuk Restrictions (klik kanan pada DeviceInstall) dan DenyDeviceIDs (klik kanan pada Restrictions).


  • Pada panel kanan, klik kanan dan pilih opsi New - String Value


  • Ubah nama String Value menjadi 1.


  • Klik doble pada value yang baru dibuat, masukkan salah satu ID hardware yang telah kita copy sebelumnya di kolom Value data dan klik tombol OK.
  • Karena kita memiliki beberapa ID hardware untuk satu hardware, kita perlu membuat tiga String Values lagi dan menamainya dalam urutan naik, mis. 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. Untuk setiap value, masukkan ID hardware tambahan dan simpan. Setelah anda selesai dengan semuanya, seperti inilah tampilannya. Seperti yang anda lihat, saya telah membuat beberapa String Values dan menambahkan ID hardware.


  • Restart system anda dan anda siap melakukannya. Untuk kembali, cukup hapus String Values.


Jika anda ingin memblokir update driver secara keseluruhan maka anda dapat membaca tutorial saya tentang cara menonaktifkan update driver melalui Windows Update.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk memblokir update driver hardware tertentu di Windows 10 atau Windows 11 anda. Terimakasih dan GBU.

5 comments for "Cara Memblokir Update Driver Untuk Perangkat Tertentu di Windows 10/11"

  1. Gan kalo mau kembaliin tinggal hapis semua string valuenya saja kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan...hapus stringnya saja juga gpp...atau dengan key yang dibuat di panel kiri juga gpp

      Delete
    2. Gan kok gak work ya? Saya pakai cara lewat registry editor, driver di windows update nya tetep terinstal. Mohon bantuanya gan 🙏

      Delete
    3. di install otomatis apa di install manual. Jika di klik pasti terinstall juga. Jadi biarin aja untuk update perangkat tersebut, ga usah di apa-apain. Atau aktifkan group policy editor, trus pake metode tersebut (lihat di update artikel ini).

      Delete
    4. Ane pake metered connection gan jadinya manual. Saya oakai win 10 home gan jagivtidak bisa pakai policy editor

      Delete