Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Group Policy Editor di Windows


Group Policy Editor Windows adalah tools yang kuat dan sangat membantu dimana memungkinkan setiap pengguna Windows untuk mengkonfigurasi dan memodifikasi pengaturan kebijakan administratif yang berbeda untuk komputer atau banyak komputer melalui jaringan dengan antarmuka pengguna yang sederhana. Dalam blog ini saya selalu menunjukkan kepada anda banyak cara untuk mengatur Windows dengan melibatkan Group Policy Editor karena mudah digunakan daripada menggunakan registry Windows yang sangat rentan.

Tools yang bermanfaat ini hanya diaktifkan di Windows versi Pro, Enterprise dan Ultimate dan tidak untuk versi Home. Dalam panduan singkat ini, saya akan menunjukan kepada anda bagaimana mengaktifkan Group Policy Editor di Windows jika dinonaktifkan secara default.

Catatan: Saya akan menggunakan bantuan dari tools pihak ketiga untuk mengubah pengaturan system.


Mengaktifkan Group Policy Editor di Windows

Untuk mengaktifkan Group Policy Editor Windows, yang harus anda lakukan adalah mendownload file kecil yang mengubah pengaturan system yang diperlukan. Setelah anda mendownload file, buka zip, jalankan file yang dapat dieksekusi dan restart mesin Windows anda.


Jika anda menggunakan Windows versi 64-bit, berikut adalah langkah tambahan yang perlu anda lakukan:

Setelah anda menjalankan aplikasi yang diunduh, navigasikan ke direktori C:\Windows\SysWOW64\ dan copy folder GroupPolicyUsers, GroupPolicy dan file gpedit.msc ke direktori C:\Windows\System32\.


Hanya itu yang harus dilakukan. Dan dari titik ini ke depan, anda dapat menggunakan Group Policy Editor Windows dengan mengetikkan gpedit.msc di kotak Run (Win + R).



Jika Error Snap-in MMC

Dalam beberapa kasus, anda mungkin mendapatkan error snap-in MMC (Microsoft Management Console). Dalam kasus ini, jalankan kembali tools yang anda download, dan tepat sebelum anda mengklik tombol Finish, navigasikan ke direktori C:\Windows\Temp\ dan klik dobel pada folder gpedit untuk membukanya.

Tergantung pada arsitektur komputer anda (32-bit atau 64-bit), klik kanan pada x86.bat atau x64.bat dan pilih opsi Edit.


Tindakan di atas akan membuka file .bat di Notepad. Temukan dan ganti semua %username%:f dengan "%username%":f.

Jika anda tidak dapat melihat perbedaannya, Anda harus menambahkan tanda petik (") sebelum dan sesudah tag %username%.


Jika sudah, simpan filenya dengan menekan Ctrl + S dan tutup notepad. Sekarang jalankan file .bat dengan mengklik kanan dan memilih opsi Run as administrator.


Sekarang kembali ke jendela instalasi. Klik tombol Finish untuk menyelesaikan prosedur. Dari titik ini ke depan, anda dapat menggunakan Group Policy Editor seperti pengguna Windows lainnya.

Sebagai catatan tambahan, sebagai tools yang ampuh, jangan membalik semua tombol di Group Policy Editor karena kesalahan konfigurasi sederhana saja dapat mengunci anda keluar dari system Windows anda. Anda juga mungkin akan menghadapi permasalahan lain dimana anda tidak dapat menggunakan PC Windows seperti biasanya.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman dalam mengikuti tutorial cara mengaktifkan Group Policy Editor.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Group Policy Editor di Windows"