Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Group Policy di Windows


Ketika datang untuk mengubah beberapa konfigurasi lanjutan di Windows, hampir setiap tutorial yang anda temui meminta anda untuk mengubah satu pengaturan atau yang lainnya di Group Policy Editor. Meskipun Group Policy tidak terlihat sama misteriusnya dengan Windows Registry dengan key dan valuenya yang berantakan, ini bisa sedikit membingungkan. Group Policy Editor todak tersedia di Windows Edisi Home, namun anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor disana. Dan sekarang izinkan saya untuk menjelaskan apa itu Group Policy dan bagaimana menggunakannya.


Apa itu Group Policy?

Group Policy adalah snap-in Microsoft Management Console dan aplikasi terpusat yang memungkinkan anda mengubah berbagai pengaturan lanjutan yang terkait dengan system operasi, pengguna, dan aplikasi yang berbeda hanya dengan beberapa klik.

Secara umum, Group Policy Editor hadir dalam dua varian. Yang pertama adalah Centralized atau Active Directory Group Policy, dan yang kedua adalah Local Group Policy.


Active Directory Group Policy

Active Directory Group Policy terutama digunakan oleh administrator jaringan untuk mengontrol dan mengonfigurasikan komputer dalam domain yang sama dengan memodifikasi objek kebijakan. Administrator system tidak hanya dapat mengubah pengaturan lanjutan, tetapi mereka juga dapat menerapkan perubahan tersebut melalui Group Policy. Penegakan kebijakan memastikan bahwa pengguna lain tidak dapat mengubah pengaturan tanpa izin yang tepat.

Misalnya, dengan mengubah kebijakan tunggal yang disebut "Disable Windows Installer," administrator jaringan dapat memblokir semua pengguna di komputer manapun di domain yang sama agar tidak menginstal atau memperbarui software apapun di Windows.



Local Group Policy

Local Group Policy tidak jauh berbeda dari Active Directory Group Policy. Sementara Active Directory Group Policy digunakan dalam lingkungan profesional seperti kantor untuk mengontrol jaringan komputer, Local Group Policy digunakan untuk mengonfigurasi pengaturan untuk pengguna di komputer yang sama.

Tentu saja, untuk membuat perubahan apapun pada Local Group Policy, anda harus memiliki hak administrator. Dalam hal Centralized atau Active Directory Group Policy, anda harus memiliki hak administrator jaringan.

Mempertimbangkan seberapa besar kontrol yang diberikan Group Policy kepada pengguna, fitur ini hanya dimaksudkan untuk digunakan oleh para profesional dan pengguna yang kuat. Dengan demikian, ini hanya tersedia untuk pengguna Windows Pro dan Enterprise.


Kategori dalam Local Group Policy Editor

Ketika datang untuk membuat perubahan pada Group Policy, kebanyakan dari kita hanya pernah menggunakan Local Group Policy Editor. Secara umum, Local Group Policy dibagi menjadi dua kategori utama yang disebut Computer Configuration (Konfigurasi Komputer) dan User Configuration (Konfigurasi Pengguna).

  • Computer Configuration: Kebijakan dalam kategori ini diterapkan ke seluruh komputer terlepas dari pengguna. Misalnya, jika anda ingin menerapkan kebijakan kekuatan kata sandi untuk semua pengguna di komputer, anda memodifikasi kebijakan yang relevan dalam kategori ini.
  • User Configuration: Kebijakan dalam kategori ini diterapkan untuk pengguna daripada seluruh komputer. Karena kebijakan diterapkan untuk pengguna daripada komputer, apa pun komputer yang digunakan pengguna, kebijakan tersebut secara otomatis diberlakukan oleh Windows.


Jika anda pernah melihat-lihat kategori ini, anda mungkin telah melihat kebijakan yang sama di kedua kategori yang dapat dikonfigurasi secara independen. Dalam hal terjadi benturan kebijakan antara computer configuration dan user configuration, computer configuration akan mengesampingkan ser configuration.


Menggunakan Local Group Policy

Dibandingkan dengan Registry Editor, menggunakan Local Group Policy adalah hal yang mudah. Tambahkan bahwa setiap kebijakan memiliki deskripsi rinci tentang apa itu dan apa yang terjadi ketika anda menonaktifkan atau mengaktifkan kebijakan.

Untuk membuka Local Group Policy, cari Edit Group Policy di Start menu atau ketik gpedit.msc di kotak dialog Run, dan tekan tombol Enter.


Setelah editor dibuka, anda dapat menelusuri kategori dan foldernya di panel kiri. Di panel kanan anda akan melihat kebijakan yang tersedia. Jika anda memilih tab Extended, editor akan menunjukkan deskripsi kebijakan tentang pemilihan. Untuk memodifikasi kebijakan, klik doble padanya.


Tindakan ini akan membuka jendela pengaturan kebijakan. Di jendela ini anda dapat melihat uraian kebijakan di bawah bagian Help. Jika kebijakan memiliki opsi tambahan, anda akan melihatnya di bawah bagian Options.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kebijakan, cukup pilih opsi Enabled atau Disabled, dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Jika anda pikir anda akan lupa mengapa anda mengubah kebijakan tertentu, anda dapat menulis deskripsi anda sendiri di bagian Komentar.


Untuk mengatur ulang kebijakan apapun ke keadaan default, pilih opsi Not configured.

Ini adalah penjelasan secara garis besar tentang apa itu Group Policy dan bagaimana menggunakannya. Ada banyak lagi yang dapat anda pelajari dengan menggali dan menggunakan Group Policy dari waktu ke waktu. Jika anda memiliki sesuatu untuk dikatakan mengenai Group Policy, silakan tinggalkan komentar anda di bawah ini. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Group Policy di Windows"