Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Shortcuts Default Keyboard di Windows 10/11


Tidak terlalu rumit untuk membuat shortcuts keyboard anda sendiri di Windows 10 atau Windows 11. Cukup klik kanan dan eksekusi untuk apapun yang anda ingin buat shortcutsnya, klik Properties, lalu masukkan perintah anda ke dalam kotak.

Tetapi bagaimana jika anda ingin mengubah shortcuts default keyboard  yang telah dibuat Windows 10 atau Windows 11 untuk anda, seperti membuat Win + S untuk membuka tool Search anda sendiri dan bukan pada Windows atau menugaskan kembali shortcuts untuk mencerminkan cara kerjanya di Mac atau Linux? Nah, hal-hal menjadi sedikit lebih rumit pada saat itu tetapi hal itu masih bisa dilakukan.

Berikut cara mengubah shortcuts keyboard di Windows 10 atau Windows 11.


Temukan Auto Hotkey

Jadi mari kita mulai dengan kabar buruk, yaitu tidak ada cara asli untuk mengubah shortcuts default keyboard di Windows. Tidak, setelah bertahun-tahun, Microsoft masih tidak mau menawarkan sedikit fleksibilitas, mungkin karena takut bahwa anda akan ingin menggunakan shortcutsnya untuk mengakses aplikasi non-Microsoft... yang mungkin dapat terjadi.

Sebagai gantinya, anda harus membuat skrip untuk setiap tombol shortcuts yang ingin anda ganti. Jangan khawatir, proses ini sebenarnya dibuat cukup mudah berkat tool hebat yang disebut AutoHotkey. Ini adalah tool pembuat skrip yang dapat digunakan untuk semua jenis tujuan kreatif, tetapi hari ini kita akan melihat secara khusus bagaimana anda dapat menggunakannya untuk mengubah shortcuts default Windows.


Setelah anda selesai melakukannya, pada desktop Window klik kanan ruang kosong, lalu pilih New - Auto Hotkey script, dan menyebutnya sesuatu yang dapat dikenali, diikuti oleh akhiran "ahk." (Kita memanggil semua "Search.ahk,” karena kita akan mengganti shortcuts Windows Search dengan shortcuts ke tool pencarian yang jauh lebih unggul, Search Everything).


Selanjutnya, kita akan membiasakan anda dengan dasar-dasar sintaks Auto Hotkey yang perlu anda ketahui untuk mengubah shortcuts Windows. Sebagian besar shortcuts Windows menggunakan beberapa kombinasi tombol di bawah ini, jadi ini sudah cukup untuk anda mulai.

AutoHotkey syntaxRepresentation
^Ctrl key
!Alt key
+Shift key
#Win key
Up, Down, Left, RightArrow Keys/Directions
run,Makes your hotkey open a file, folder or program on your PC
send,Redirects the hotkey to your chosen keystrokes

Jika anda ingin mengetik huruf, anda cukup mengetik huruf itu, sedangkan tombol seperti Esc dan Del dan yang lainnya juga bisa langsung diketik ke dalam skrip anda. Anda dapat menemukan daftar sintaks Auto Hotkey utama di situs ini.

Jadi katakanlah kita ingin mengarahkan shortcut Windows Search default Win + S ke Search Everywhere. Kita akan mengetikkan perintah berikut:

#s::run, "C:\Program Files\Everything\Everything.exe"


Tanda : : adalah apa yang memisahkan hotkey dari tindakan yang anda inginkan. Bit sebelum ini adalah hotkey yang akan kita masukkan (Win + S dalam hal ini), dan bit setelah dijalankan adalah perintah untuk membuka aplikasi Search Everything.

Dengan semua penggantian shortcut keyboard anda, sebaiknya tambahkan baris kedua ke skrip dengan teks #NoTrayIcon. Ini akan memblokir tray icon Auto Hotkey agar tidak muncul, memastikan bahwa seluruh proses tetap berada di latar belakang.


Setelah skrip anda siap, tutup dan simpan, lalu klik doble skrip untuk menjalankannya, dan uji shortcut keyboard anda untuk melihat apakah skrip melakukan apa yang seharusnya.

Jika ya, pindahkan skrip .ahk ke folder startup system anda di File Explorer (C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\StartUp). Lakukan hal yang sama untuk semua penggantian shortcut keyboard anda. Dengan begitu mereka semua akan berfungsi segera setelah anda merestart PC anda.


Ini sedikit usaha, tetapi tentu saja berhasil. Dan sebagai bonus anda, sekarang anda telah mempelajari dasar-dasar absolut dari Auto Hotkey - tool yang sangat berguna yang mampu menjalankan skrip yang jauh lebih kompleks daripada yang saya sebutkan disini.

Anda juga dapat membaca tutorial lainnya yang masih berkaitan dengan shortcut keyboard disini 17 Shortcut Keyboard Khusus Windows 10 Yang Wajib Diketahui Setiap Pengguna atau shortcut keyboard baru di Windows 11.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah untuk membagi pemikiran dan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Mengubah Shortcuts Default Keyboard di Windows 10/11"