Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Shortcut Keyboard Khusus Windows 10 Yang Wajib Diketahui Setiap Pengguna


Meskipun mouse mempermudah navigasi dan berinteraksi, saya pribadi suka melakukan banyak hal dengan keyboard. Mengapa? Jawabannya sederhana, karena bisa jauh lebih cepat menuju ke tempat yang dimaksud dan menghindari menggerakkan tangan secara terus menerus untuk menggunakan mouse. Jika anda adalah pengguna keyboard, maka anda akan menyukai semua Shortcuts (pintasan) keyboard baru yang diperkenalkan di Windows 10 untuk mengakses semua fitur baru dengan mudah. Lihatlah daftar di bawah ini, dan anda mungkin menemukan beberapa pintasan keyboard yang mungkin membantu anda dalam kegiatan sehari-hari anda.


Shortcuts Keyboard Khusus Windows 10


1. Win + I

Dengan menggunakan shortcuts sederhana ini, anda dapat dengan cepat membuka jendela All Settings. Karena Microsoft secara perlahan menyatukan semua item control panel dengan Settings app modern. Ini adalah salah satu shortcuts paling berguna dari Windows 10.



2. Win + A

Salah satu hal terbaik tentang Windows 10 adalah notification center atau action center-nya. Menggunakan shortcut ini, anda dapat dengan mudah membuka dan melihat semua pemberitahuan saat ini di panel. Tidak perlu mengklik ikon kecil itu di taskbar.



3. Win + S

Cortana, yang bertindak sebagai asisten digital pribadi, adalah salah satu tambahan terbesar di Windows 10. Untuk segera meluncurkan Cortana, anda dapat menggunakan shortcut keyboard ini. Ketika anda melakukannya, Cortana diluncurkan dalam keyboard input mode yang berarti anda dapat mengetikkan permintaan pencarian anda, dan Cortana akan mencarinya di PC anda dan di Web.



4. Win + C

Shortcut ini juga meluncurkan Cortana, tetapi perbedaannya adalah bahwa shortcut di atas meluncurkan Cortana dalam keyboard input mode, tetapi di shortcut ini akan meluncurkan Cortana dalam listening mode. Shortcut ini sangat berguna jika anda belum mengaktifkan atau tidak menggunakan fitur Hey, Cortana.



5. Win + Ctrl + D

Penambahan Virtual Desktops adalah salah satu hal terbaik yang terjadi pada Windows 10. Menggunakan shortcut keyboard cepat ini, snda dapat membuat dan membuka virtual desktop baru.



6. Win + Ctrl + Tombol Panah Kiri atau Kanan

Jika anda memiliki beberapa virtual desktop yang dibuka untuk berbagai karya, gunakan shortcut keyboard ini untuk menavigasi antara virtual desktop.


7. Win + Ctrl + F4

Anda dapat menggunakan shortcut ini untuk menutup virtual desktop dengan cepat. Jangan khawatir, semua program yang dibuka di virtual desktop akan ditransfer ke ruang kerja desktop utama.


8. Win + Tab

Shortcut ini memungkinkan anda mengakses fitur Task View baru di Windows 10 yang menampilkan semua program yang dibuka dan virtual desktop anda.


9. Ctrl + Alt + Tab

Shortcut ini memungkinkan anda melihat semua aplikasi yang saat ini dibuka di desktop anda. Seperti "Alt + Tab," tetapi anda perlu menggunakan mouse atau tombol panah untuk memilih program.



10. Win + Tombol Panah

Snap Windows telah sangat ditingkatkan pada Windows 10. Anda dapat menggunakan pintasan "Win + Tombol Panah" untuk cepat mengubah ukuran jendela aplikasi ke setiap sudut layar anda atau ke salah satu sisi layar anda.



11. Win + G

Game DVR adalah salah satu tools yang kurang dikenal, tetapi ini adalah salah satu tools video capture terbaik yang ditambahkan ke Windows 10. Menggunakan shortcut khusus ini, anda dapat dengan cepat membuka tools DVR Game dan mulai merekam. Meskipun tools ini ditujukan khusus untuk gamer, tools ini juga dapat digunakan untuk merekam program lain dengan cepat. Namun, snda tidak dapat merekam seluruh layar, hanya satu jendela program.



12. Win + Alt + G

Jika anda ingin segera mulai merekam aktivitas di program saat ini atau jendela game, gunakan shortcut ini. Ini akan meluncurkan Game DVR dan mulai merekam aktivitas jendela aktif.


13. Win + Alt + R

Setelah memulai Game DVR, anda dapat menggunakan shortcut ini untuk menghentikan aktivitas perekaman di program saat ini atau jendela game.


Pada Windows 10, Microsoft membuat beberapa perbaikan kecil namun disambut baik ke Command Prompt. Berikut beberapa shortcuts yang cukup membantu dalam aktivitas sehari-hari.


14. Ctrl + A (di Command Prompt)

Sebagian besar dari anda tahu apa pintasan ini, pilih/blok semua di jendela aktif. Bahkan di komentar, pintasan ini melakukan hal yang sama, ia akan memilih semua teks.


15. Ctrl + C (di Command Prompt)

Tidak seperti di versi sebelumnya, anda cukup menggunakan keyboard umum "Ctrl + C" untuk meng-copy teks atau output di Command Prompt. Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan pintasan “Ctrl + Insert.”


16. Ctrl + V (di Command Prompt)

Sama seperti aksi copy, anda dapat menggunakan shortcut umum "Ctrl + V" untuk mem-paste-kan teks atau perintah ke dalam Command Prompt. Atau, anda juga dapat menggunakan pintasan "Shift + Insert."


17. Ctrl + M (di Command Prompt)

Dengan menggunakan pintasan ini, anda dapat masuk ke Marker mode sehingga anda dapat memilih teks atau ouput menggunakan Tombol Shift dan Panah.


Jika anda berpikir saya melewatkan shortcut keyboard khusus Windows 10 apapun, silahkan membagikannya di kolom komentar di bawah ini untuk saya dan juga yang lainnya. Teriakasih. GBU

Post a Comment for "17 Shortcut Keyboard Khusus Windows 10 Yang Wajib Diketahui Setiap Pengguna"