Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara BackUp Pengaturan Local Group Policy Editor di Windows 10/11


Jika anda pernah ikut campur dengan Registry Windows untuk menyesuaikan dan mengubah pengaturan Windows lanjutan, anda mungkin pernah menemukan peringatan "backup registry before making any changes." Jelas, backup memberi anda kesempatan untuk mengembalikan pengaturan sebelumnya jika anda tidak menyukai pengaturan yang baru anda buat atau jika ada yang salah.

Tetapi ketika berhadapan dengan Group Policy Editor, tidak ada perintah untuk membuat anda mendukungnya. Ini karena, tidak seperti Registry Editor, Group Policy Editor tidak memiliki opsi bawaan untuk mencadangkan atau mengembalikan pengaturan saat ini. Namun, itu tidak berarti anda tidak dapat mencadangkan dan memulihkan pengaturan Local Group Policy Editor. Anda hanya perlu menggunakan langkah-langkah seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Sebelum memulai, jangan bingung dengan Local Group Policy Editor, yang diakses dengan menjalankan perintah gpedit.msc, dengan Group Policy Objects. Group Policy Objects adalah bagian dari Group Policy Management Console. Biasanya, Group Policy Management Console digunakan untuk administrasi server. Untuk mengakses Group Policy Management Console, anda harus menginstalnya terlebih dahulu dari Control Panel dan kemudian menggunakan perintah Run gpmc.msc.


Backup Pengaturan Local Group Policy Editor

Tidak ada opsi bawaan untuk membackup pengaturan Group Policy Editor, tetapi anda masih bisa melakukannya dengan membackup file dan folder yang relevan pada drive C: anda.

  • Mulailah dengan membuka File Explorer menggunakan tombol Win + E.
  • Kemudian di File Explorer, arahkan ke folder C:\Windows\System32.


  • Secara default, folder yang kita cari tersembunyi. Untuk memperlihatkan folder, klik pada tab View dan beri ceklist pada kotak Hidden items.


  • Sekarang, temukan dan buka folder Group Policy.


  • Copy isi folder ini dan Paste di folder lain di partisi atau drive lain. Tergantung pada pengaturan Group Policy anda, anda mungkin atau mungkin tidak melihat file dan folder tambahan bersama dengan folder Machine dan User biasa, jadi jangan khawatir jika anda tidak melihat file dan folder yang sama seperti pada gambar di bawah ini.


Itu dia. Anda berhasil membackup pengaturan Group Policy Editor.


Kembalikan Pengaturan Local Group Policy Editor

Untuk memulihkan pengaturan Group Policy Editor, yang harus anda lakukan hanyalah mengcopy konten yang dibackup dan mempastenya di folder aslinya. Misalnya di C:\Windows\System32\GroupPolicy.

Karena anda mempaste isinya langsung di drive system, maka anda akan diminta untuk memberikan izin administratif. Beri ceklist pada Do this for all current items dan klik tombol Continue.


Dengan tindakan diatas, anda telah berhasil memulihkan pengaturan Local Group Policy Editor. Agar perubahan diterapkan, cari Command Prompt di Start menu klik kanan padanya dan pilih opsi Run as Administrator.


Di jendela Command Prompt, jalankan perintah di bawah ini untuk memaksa pengaturan Group Policy di perbarui.

gpupdate /force


Jika anda tidak ingin memaksa memperbarui pengaturan Group Policy, cukup Restart system anda tanpa melakukan tindakan di Command Prompt dan kebijakan akan diperbarui secara otomatis.

Selain itu, jika anda secara ekstensif menggunakan Local Group Policy Editor untuk membuat perubahan cepat pada system anda, anda harus tahu cara mencari pengaturan Group Policy tertentu dan cara melihat semua kebijakan yang diterapkan di komputer. Tips ini akan membuat hidup anda sedikit lebih mudah ketika berhadapan dengan Group Policy Editor.


Sekian tutorial kali ini. Tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda mengenai penggunaan metode diatas. Termakasih atas kunjungan anda. GBU

Post a Comment for "Cara BackUp Pengaturan Local Group Policy Editor di Windows 10/11"