Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Group Policy Editor Yang Tidak Dapat Dibuka


Group Policy Editor merupakan tools Windows yang sangat berguna, dimana tools ini memungkinkan setiap pengguna Windows untuk mengkonfigurasi pengaturan kebijakan administratif mereka melalui antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan. Banyak sekali tutorial di blog ini yang menggunakan Group Policy Editor untuk perbaikan masalah yang timbul ataupun sekedar memodifikasih pengaturan.

Tidak semua versi Windows memiliki Group Policy Editor. Tools ini hanya tersedia untuk Windows versi Pro, Enterprise dan Ultimate. Jadi jika anda pengguna versi Home, anda berada di kamar yang salah.

Dengan fungsi dan kegunaannya yang begitu penting, Group Policy Editor sangat di andalkan dalam menyelesaikan masalah pada Windows anda. Namun, bagaimana jika saat anda hendak membukanya, anda hanya mendapatkan pesan error Failed to open the Group Policy Object on this computer. You might not have the appropriate rights.


Artikel kali ini angan mengajarkan pada anda bagaimana cara mengatasi Group Policy Editor yang tidak bisa dibuka di Windows anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Catatan :
  • Yang perlu anda perhatikan bahwa untuk melakukan perbaikan ini folder GroupPolicy masih pada tempatnya yaitu di C:\Windows\System32\GroupPolicy. Pastikan anda memberi ceklist pada Hidden items untuk menampilkan folder ini.

  • Pastikan anda login ke Windows anda menggunakan user account yang memiliki hak admin.


Memperbaiki Group Policy Editor


1. Metode Pertama

  • Di folder GroupPolicy, ubah nama Machine menjadi Machine.old.
  • Anda akan diminta konfirmasi admin permission, dan klik Continue.

  • Setelah nama folder diganti, buka Group Policy Editor dengan menekan tombol Win + R kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter.
  • Group Policy Editor anda sekarang harusnya dapat di buka tanpa masalah.

Jika anda kembali ke folder GroupPolicy maka anda akan melihat folder Machine baru. Dan sekarang anda dapat menggunakannya tanpa masalah. Perubahan apapun yang anda lakukan menggunakan  Group Policy Editor pasti dapat diterapkan seperti biasanya tanpa masalah.


2. Metode Kedua

Metode kedua ini lebih simpel, dari pada anda repot-repot untuk mengganti nama.
  • Setelah anda berada di folder GroupPolicy, hapus semua file yang ada di dalam folder Machine.
  • Sekarang buka Group Policy Editor anda dengan cara yang sama seperti di metode pertama.
  • Windows secara otomatis akan membuat ulang file yang diperlukan. Silahkan periksa folder Machine anda untuk memastikan file telah kembali.

Dalam Technet forums Microsoft beberapa pengguna juga mengalami hal ini dan yang menjadi penyebanya adalah karena file registry.pol yang korup atau rusak. File ini menyimpan pengaturan kebijakan yang berbasis registry, dimana itu mencakup Kebijakan Kontrol Aplikasi, Administratif Template, dan lainnya.

Sekian! Apakah anda juga mengalaminya? Bagikan pemikiran anda dalam mengikuti tutorial ini di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Group Policy Editor Yang Tidak Dapat Dibuka"