Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Pengaturan Group Policy di Windows 10/11


Windows menyediakan banyak opsi untuk menyesuaikan system operasi. Namun, sebagian besar advanced settings atau pengaturan tingkat lanjut perlu bermain-main dengan Windows Registry atau Group Policy Editor. Jika anda menggunakan versi Pro Windows, maka kemungkinan besar anda akan menggunakan Group Policy Editor untuk membuat perubahan. Setelah anda mengubah pengaturan Group Policy, agak membingungkan untuk mengembalikan pengaturan policy/kebijakan tersebut atau semua policy ke default. Ini terutama jika anda bukan pengguna cerdas yang nyaman berurusan dengan editor.

Dan untuk mengatasi itu semua, berikut adalah cara mereset pengaturan Group Policy kembali ke default di Windows 10 atau Windows 11.

Catatan: Meskipun saya menunjukkan ini dengan menggunakan Windows 10, namun prosedurnya sama untuk Windows 11, Windows 7 dan Windows 8. Jadi anda aman mengikuti cara dibawah ini.


Reset Pengaturan Group Policy Individual

Jika anda hanya melakukan beberapa perubahan, maka anda dapat mereset pengaturan Group Policy satu per satu. Untuk memulai, tekan Win + R, ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.


Segera setelah anda menekan tombol Enter, jendela Group Policy Editor akan terbuka. Disini, temukan dan klik doble policy yang ingin anda reset. Biasanya, policy yang anda ubah akan memiliki status Enabled atau Disabled. Dalam kasus saya, saya menonaktifkan fitur shared experience.


Setelah anda mengklik doble polycy, itu akan membuka jendela pengaturan policy. Secara default, semua kebijakan di Group Policy Editor diatur ke Not Configured. Untuk mereset policy, yang harus anda lakukan adalah memilih tombol Not Configured dan kemudian klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Tindakan ini akan mengubah policy ke perilaku default. Untuk membuat perubahan berlaku, Restart system atau gunakan perintah di bawah ini di command prompt sebagai administrator:

gpupdate.exe /force



Reset Pengaturan Group Policy Secara Masal

Sekarang, jika anda tidak yakin kebijakan apa yang telah anda ubah atau jika ada banyak kebijakan, maka tidak layak untuk menemukan dan mengubahnya satu per satu. Untuk mengatasinya, anda cukup menghapus folder tempat pengaturan policy disimpan. Saat anda menghapus folder, Windows akan mereset semua policy ke default.

Untuk memulai, cari Command Prompt di Start Menu, klik kanan padanya dan kemudian pilih opsi Run as Administrator.


Tindakan di atas akan membuka Command Prompt dengan hak admin. Disini, salin perintah di bawah ini dan jalankan.

RD /S /Q "%WinDir%\System32\GroupPolicy"


Setelah menjalankan perintah diatas dengan menekan Enter, sekarang jalankan perintah dibawah ini:

RD /S /Q "%WinDir%\System32\GroupPolicyUsers"


Saat anda menjalankan perintah di atas, Windows tidak akan memberi anda feedback/umpan balik, jadi jangan khawatir jika anda tidak melihat pesan konfirmasi.

Sekali lagi, anda dapat merestart system anda atau menggunakan perintah di bawah ini sebagai administrator untuk memperbarui pengaturan Group Policy.

gpupdate.exe /force


Metode ini ada batasan untuk pendekatan ini. Metode ini hanya akan mereset pengaturan yang disimpan secara lokal. Jika system anda dikelola oleh administrator jaringan, maka anda harus menghubungi admin untuk melakukan perubahan. 

Jika anda menemukan Group Policy Editor anda tidak dapat dibuka maka anda dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Group Policy Editor yang tidak dapat dibuka. Bagaimana menurut anda? Apakah membantu? Berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas dalam mereset pengaturan Group Policy kembali ke defaultnya. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Reset Pengaturan Group Policy di Windows 10/11"