Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Fitur Shared Experience di Windows 10/11


Microsoft mulai memperkenalkan fitur Shared Experiences ini dalam Windows 10 Creators Update (v1703). Fitur ini memungkinkan anda berbagi tautan web, pesan, data aplikasi, dan lainnya dengan PC Windows 10 atau Windows 11 lainnya atau ponsel Android yang ditautkan. Selain itu, fitur Shared Experiences juga memungkinkan anda untuk berbagi atau mentransfer video, foto, dan dokumen dengan perangkat Windows 10 atau Windows 11 lainnya melalui Bluetooth atau Wi-Fi.

Ini cukup berguna jika anda memiliki beberapa system Windows. Tetapi jika anda tidak menggunakan fitur ini atau tidak ingin membuat system Windows 10 anda dapat ditemukan oleh perangkat lain di jaringan yang sama, maka tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana anda dapat menonaktifkan fitur Shared Experiences di Windows 10 atau Windows 11.


1. Nonaktifkan Shared Experiences dari Settings App

Jika anda hanya ingin menonaktifkan Shared Experiences hanya untuk akun pengguna anda, anda dapat melakukannya dari Settings. Manfaat dari metode ini adalah semua pengguna lain di system anda masih dapat mengakses dan menggunakan fitur Shared Experiences.

Di Windows 10:
  • Pertama, cari Settings di Start menu dan buka. Anda juga dapat menggunakan pintasan tombol keyboard Win + I.
  • Dalam Settings App, buka System - Shared Experiences. Di panel kanan, alihkan tombol di bawah Share Across Devices ke Off.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
  • Di halaman berikutnya, perluas Share across devices dan pilih Off.


Hanya itu saja dan anda telah menonaktifkan Shared Experiences untuk akun pengguna anda.


2. Nonaktifkan Shared Experiences dari Group Policy

Jika anda ingin menonaktifkan Shared Experiences untuk semua pengguna di system anda, maka metode terbaik adalah menggunakan Group Policy Editor. Metode ini sangat berguna untuk administrator jaringan. Namun sayangnya metode ini hanya tersedia untuk Windows edisi Enterprise dan Pro tetapi tidak tersedia untuk Windows edisi Home. Jika anda ingin menggunakan metode ini khususnya Windows versi Home, maka anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Group Policy Editor. Setelah itu anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Cari gpedit.msc di Start menu, klik kanan padanya dan pilih Run as administrator untuk membuka Group Policy Editor dengan hak admin. Atau tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - System - Group Policy
  • Di panel kanan, temukan dan klik doble pada kebijakan Continue experiences on this device. Ini adalah kebijakan yang memungkinkan anda mengontrol keadaan Shared Experiences pada system Windows.


  • Sesuai info kebijakan, pilih opsi Disabled, dan klik tombol Apply dan OK, untuk menyimpan perubahan.


  • Agar perubahan berlaku, Restart system anda atau buka Command Prompt dengan hak admin kemudian ketik gpupdate /force dan tekan Enter untuk memaksa pembaruan perubahan Group Policy.


Jika anda ingin mengaktifkan Shared Experiences lagi, pilih opsi Enabled atau Not Configured dan anda siap untuk menggunakannya kembali. Jika anda memilih Enabled, anda secara eksplisit memberi tahu Windows untuk mengaktifkan Shared Experiences. Jika anda memilih Not Configured, Windows akan kembali ke perilaku defaultnya yaitu aktif.


3. Nonaktifkan Shared Experiences dari Registry

Jika anda tidak memiliki akses ke Group Policy Editor, anda dapat mencapai hal yang sama dengan mengedit Registry Windows. Itu tidak sulit, tetapi anda perlu membuat key dan valuenya. Jadi, untuk amannya, anda dapat membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebelum anda mengedit.
  • Cari regedit di Start menu, klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Tindakan ini akan membuka Registry dengan hak admin. Sekarang, pergi ke jalur berikut dibawah ini. Untuk kemudahan penggunaan, anda cukup copy dan paste jalur di bawah ini di bilah alamat lalu tekan Enter.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows

  • Disini, anda harus menemukan key yang disebut System di panel kiri. Jika tidak, buat baru keynya. Caranya, klik kanan pada tombol Windows, pilih New - Key dan beri nama key baru sebagai System.

  • Pada panel kanan, klik kanan dan pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama value sebagai EnableCdp.

  • Sekarang, klik doble pada value EnableCdp, dan pastikan bahwa Value datanya diatur ke 0 (nol).


  • Jika sudah maka Restart sytem anda dan anda telah berhasil menonaktifkan Shared Experiences untuk semua pengguna di Windows 10 atau Windows 11.
  • Jika anda ingin mengaktifkan kembali Shared Experiences, hapus value EnableCdp atau ubah Value data ke 1 (satu).

Hanya itu yang dapat anda lakukan dan semoga metode diatas dapat membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengirim file besar dari ponsel Android anda atau cara melihat file dan folder yang dibagikan di Windows 10/11.

Komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda mengenai penggunaan metode menonaktifkan Shared Experiences di Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan sampai jumpa lagi ditutorial berikutnya. GBU

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Fitur Shared Experience di Windows 10/11"