Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim File Besar Dari Ponsel Android Anda


Smartphone Android kita terus memainkan peran yang besar dan lebih besar dalam pekerjaankita, jadi wajar saja jika kita ingin menggunakannya untuk tugas yang lebih besar pula. Ambil saja contoh mentransfer file besar. Jika anda memiliki sesuatu di ponsel yang berukurannya 1 GB atau bahkan mungkin hanya ratusan megabyte, itu adalah file yang sudah terlalu besar untuk dikirim melalui email.

Jika anda jauh dari PC anda, pasti anda akan dibuat pusing dengan masalah tersebut. Dengan permasalahan tersebut, saatnya anda menyimak postingan kali ini agar permasalahan tersebut dapat diatasi.

Ada banyak solusi untuk masalah tersebut. Saya akan menunjukkan kepada anda trik dan beberapa aplikasi hebat yang akan membantu anda mengirim file besar dari perangkat Android anda.


1. WeTransfer


WeTransfer adalah sebuah situs web go-to bagi mereka yang biasa mengirim file dan hanya ingin menyelesaikan pekerjaan dengan sedikit kerumitan. Aplikasi ini memungkinkan anda mengirim file hingga 2GB secara gratis dan 20GB jika anda menggunakan paket premium.

WeTransfer memiliki versi Android, namun jika anda lebih suka menghemat ruang disk, anda cukup menggunakan versi peramban melalui telepon anda. Versi peramban sebenarnya lebih sederhana dalam beberapa hal, karena aplikasi ini sedikit lebih mewah dan menyajikan file anda yang ditambahkan di "Boards" yang memungkinkan anda berbagi tautan serta mengirim file secara langsung.

Menggunakan WeTransfer sangat sederhana. Anda tinggal mengetikkan alamat email anda (sehingga penerima tahu dari siapa alamatnya sehingga anda mendapat pemberitahuan ketika file anda diterima dan dibuka), ketik email penerima, lalu tambahkan file anda. Hanya itu saja.


2. Send Anywhere (File Transfer)


Jika anda dan penerima berdekatan, lalu mengapa harus melalui semua kerumitan mengunggah file besar ke Internet hanya agar mereka dapat mengunduhnya lagi?

Tidak, saya tidak berbicara tentang Bluetooth (yang lambat dan hanya bagus untuk file kecil). Saya sedang berbicara tentang Send Anywhere (File Transfer), aplikasi yang menggunakan Wi-Fi Direct untuk memancarkan benda-benda langsung antar perangkat.

File (batas ukuran file 50GB) yang anda kirim terenkripsi 256-bit dan anda akan mendapatkan kode (atau dengan menscan kode QR) yang perlu anda berikan kepada penerima sehingga mereka dapat menerima file tersebut.


3. Google Drive


Gmail versi desktop sekarang memiliki fitur yang terintegrasi dengan Google Drive yang membuatnya mampu mengirim file sebesar 10GB  hanya dengan mengirimnya melalui akun cloud anda.

Untuk Gmail versi Android tidak memiliki fitur ini, tetapi anda masih dapat mengunggah file besar ke akun Google Drive anda, kemudian membaginya dengan penerima atau menautkannya ke aplikasi pengiriman file yang ada. Anda harus dapat mengunggah file anda ke akun Drive anda dengan memilihnya dari file manager. Jika sudah silahkan klik tahan pada file - pilih Add people - Masukan nama penerima - lalu klik ikon Send.

Menggunakan salah satu atau semua cara diatas, menyelesaikan kebutuhan pengiriman file besar anda lewat Android. Kemampuan untuk mengirim file besar melalui Gmail melalui Google Drive sangat berguna, namun itu sedikit menjadi misteri mengapa Google belum mengintegrasikan fitur ini ke dalam versi Android. Mudah-mudahan, ini hanya masalah waktu, karena ini akan membuat seluruh proses menjadi lebih sederhana.

Sekian tutorial kali ini, semoga anda terbantu. GBU

Post a Comment for "Cara Mengirim File Besar Dari Ponsel Android Anda"