Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Display driver failed to start di Windows 10/11


Windows 10 merupakan system operasi modern terbaik yang dikatakan Microsoft sebagai system operasi komputer terakhir mereka. Namun hampir lima tahun dirilis, sebagian besar pengguna Windows 10 masih menemukan bug atau error yang terjadi pada komputer mereka. Untuk lebih lengkapnya baca artikel saya tengtang masalah update Windows 10 terbaru dan cara memperbaikinya.

Salah satu masalah yang muncul adalah yang berhubungan dengan driver yang tidak kompatibel. Dan kali ini saya akan membahas tentang error Display driver failed to start pada PC anda. Seperti isi dari pada pesan error tersebut bahwa error tersebut terjadi karena  driver graphics card tidak dapat memulai.


Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Mungkin anda baru mengupgrade Windows anda dari Windows versi sebelumnya ke Windows 10 atau ke Windows 11, atau mungkin karena update kumulatif yang menyebabkan bug, atau juga karena anda menggunakan driver graphics card yang sudah usang, dan masih banyak hal lainnya.

Dibawah ini saya akan memberikan beberapa solusi perbaikan untuk mengatasi masalah ini. Namun sebelum lebih jauh anda melangkah, ada baiknya anda anda harus tahu bahwa jika pesan error tersebut muncul hanya sekali saja maka jangan perlu panik, anda hanya cukup merestart PC anda untuk memperbaikinya. Jalankan metode dibawah jika pesan error sering muncul pada PC anda.


1. Update Display Driver Anda

Jika setelah restart pesan error kembali muncul maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan mengupdate driver display PC anda. Terkadang driver graphics menyebabkan masalah setelah adanya update Windows 10. Contohnya seperti pada update security KB4503327 yang menyebabkan black screen (Update Mei 2019 - v1903). Untuk mengupdate driver anda, ikuti langkah dibawah ini.
  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih opsi Device Manager dari daftar.
  • Di Device Manager cari Display adapters dan perluas.
  • Di sini anda akan menemukan driver graphics card anda. Klik kanan padanya dan pilih opsi Update Driver.
  • Pada jendela Update Driver, pilih opsi Search automatically for updated driver software.
  • Setelah mengklik opsi ini, ia akan mulai mencari versi terbaru dari driver graphics card anda dan akan menginstallnya jika ditemukan.
  • Setelah itu Restart PC anda, dan semoga masalahnya teratasi.

2. Roll Back Update Display Driver

Jika pesan error ini muncul setelah anda mengupdate display driver anda, maka sebaiknya anda kembali ke versi sebelumnya. Anda dapat dengan mudah mengembalikannya ke versi sebelumnya. Ikuti langkah-langkahnya.
  • Masuk kembali ke Device Manager seperti langkah diatas.
  • Di jendela Device Manager, perluas Display adapters.  Klik kanan pada driver graphics anda dan pilih opsi Properties.
  • Di jendela Properties, pilih tab Driver dan klik tombol Roll Back Driver.
  • Proses rollback driver graphics card anda akan berjalan.
  • Ketika proses selesai, silahkan Restart pada PC anda.
Pada metode ini, anda mungkin menemukan tombol Roll Back Driver berwarna abu-abu dan tidak bisa di klik. Jika demikian anda harus me-reinstall driver anda.


3. Reinstall Driver Graphics Card

Jika anda harus benar-benar ingin menginstal ulang driver graphics card anda maka ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Masuk kembali ke Device Manager
  • Perluas Display adapters, kemudian klik kanan pada driver graphics dan pilih opsi Uninstall device.
  • Silahkan Restart PC anda dan setelah itu driver akan di install otomatis. Setelah driver di install, Restart kembali PC anda.
  • Jika driver tidak di install secara otomatis, maka pergi ke website pabrikan graphics card anda kemudian download driver dari sana dan silahkan install.

4. Update Driver VGA AMD


Metode ini dikhususkan bagi pengguna VGA AMD. Terkadang melakukan update secara default dapat menyebabkan graphics card anda menjadi bermasalah. Jadi saya menyarankan pada anda untuk mengupdate driver AMD anda dengan cara yang lain sehingga driver anda akan berfungsi dengan baik setelah update. Untuk melakakukannya baca tutorial saya lainnya tentang cara update driver VGA AMD di Windows 10/11.


5. Roll Back Update Windows 10 atau Windows 11


Jika error tersebut muncul setelah anda melakukan update Windows, maka anda mungkin ingin mengembalikan update Windows ke versi sebelumnya. Untuk melakukannya baca dibagian terakhir tutorial saya tentang masalah update Windows 10 terbaru dan cara memperbaikinya.


6. Gunakan System Restore


Anda dapat memulihkan kembali system anda ke titik ketika anda tidak mendapatkan error ini dengan menggunakan System Restore. Agar System Restore yang berhasil terjadi, anda harus memiliki System Restore Point yang dibuat sebelumnya. Baca lebih lanjut artikel saya tentang mengaktifkan dan mengkonfigurasi System Restore.


7. Update Windows

Windows 10 selalu memberikan update secara teratur untuk mengatasi bug atatu error yang terjadi sebelumnya. Jadi pastikan Windows 10 anda sudah di update ke versi yang terbaru.
  • Untuk melakukannya buka Settings dengan menekan tombol Win + I kemudian pilih Update & security.
  • Di halaman ini, klik Check for updates dan ia akan melakukan sisanya.
  • Setelah update, silahkan Restart PC anda jika diperlukan.

Mudah-mudahan error akan menghilang dari PC anda.


8. Bersihkan PC dari Malware

Kemungkinan adanya malware yang bisa menyebabkan error pada PC anda. Kemungkinan lainnya adalah bahwa peretas menggunakan malware untuk menampilkan pesan error Display driver failed to start, yang kemudian mengarah ke pishing.


Oleh karena itu anda harus menjalankan scan Antivirus atau Antimalware pada PC anda. Jalankan scan dan jika malware terdeteksi, maka hapus sesegera mungkin dari PC anda. Setelah selesai, Restart PC anda dan lihat apakah error masih ada.


9. Reset Windows 10 atau Windows 11.

Meskipun mereset Windows adalah salah satu metode yang pasti untuk menyingkirkan error ini di Windows 10 atau Windows 11, tetapi metode ini tidak disarankan kecuali tidak ada opsi lain lagi yang tersisa. Anda dapat mereset PC anda akan tanpa kehilangan data pribadi anda, tetapi semua aplikasi yang diinstal pada PC anda akan hilang.

Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah dibawah ini
  • Buka Settings dengan menekan Win + I dan pilih Update & security.
  • Di jendela ini pilih opsi Recovery di panel kiri.
  • Di panel kanan anda akan melihat opsi Reset this PC di bagian paling atas. Klik tombol Get started untuk memulainya.
  • Di jendela Choose an option anda akan mendapatkan dua opsi. Pilih opsi Keep my files.
  • Proses reset akan berjalan dan membutuhkan waktu. Anda dapat bersantai sejenak.
  • Setelah selesai, error Display driver failed to start di Windows 10 atau Windows 11 anda akan di perbaiki.

Salah satu metode diatas akan dapat memperbaiki error Display driver failed to start ini. Ada baiknya jika anda mengaktifkan System Restore pada Windows anda agar anda dapat dengan mudah mengatasi semua masalah error yang terjadi dengan PC anda.

Sekian tutorial kali ini semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini. Teremakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Display driver failed to start di Windows 10/11"