Widget HTML Atas

Cara Reset Windows 10/11 ke Default Pengaturan Pabrik


Selama periode waktu, sebagian besar system Windows menjadi lambat, kadang-kadang ke titik dimana kita tidak dapat menggunakannya secara maksimal. Ada beberapa alasan untuk ini, seperti menginstal banyak program, tidak uninstall program dengan benar, infeksi virus atau malware, mengacaukan file atau pengaturan system, dll. Ketika system anda menjadi tidak stabil atau tidak dapat digunakan, pemikiran pertama adalah menginstal ulang system anda dan semua masalah disingkirkan.

Tetapi Windows 10 atau Windows 11 memiliki opsi bawaan yang memungkinkan anda mereset system anda ke default pengaturan pabrik, yang jauh lebih cepat dan lebih baik daripada menginstal ulang system operasi secara penuhnya. Ini tidak berbeda dengan apa yang anda lakukan di ponsel anda. Inilah cara anda dapat mereset Windows ke default pengaturan pabrik.


Apa Yang Terjadi Bila Mereset PC Anda

Seperti yang saya katakan sebelumnya, mereset PC Windows anda seperti mereset ponsel anda. Ketika anda mereset mesin Windows 10 atau Windows 11 anda, anda akan kehilangan semua data anda dan semua program yang diinstal, pengaturan pribadi dan konfigurasi. Namun, anda masih memiliki opsi untuk menyimpan file pribadi anda yang disimpan dalam drive C. Jadi sebelum mereset PC anda, selalu ada baiknya untuk memiliki backup pengaturan pribadi anda dan pengaturan program, jika memungkinkan. Sebelum anda melakukan ini semua, ada baiknya anda membaca artikel saya lainnya tentang apa yang perlu anda lakukan sebelum dan setelah menginstall windows.


Reset Windows 10 atau Windows 11 ke Default Pengaturan Pabrik

Mereset Windows 10 atau Windows 11 sangatlah mudah. Untuk memulai, buka Settings di Start Menu, atau di notification di taskbar atau dengan menekan tombol Win + I pada keyboard anda.


Dengan menu Settings pilih opsi Update & Security, kemudian klik Recovery di panel kiri dan di panel kanan klik Get Started pada bagian Reset this PC.


Sementara itu di Windows 11, buka Settings dengan cara yang sama seperti di Windows 10, kemudian pilih Windows Update di panel kiri dan klik Advanced Options di panel kanan. Selanjutnya klik Recovery dan di halaman berikutnya klik Restart now pada opsi Advanced startup.

Tindakan di atas membawa anda ke layar Choose an option. Disini anda akan disajikan dengan dua opsi: apakah anda ingin menghapus semuanya, termasuk file pribadi anda, atau anda dapat menyimpan file pribadi anda dan menghapus segala sesuatu yang lain, seperti program yang diinstal dan pengaturan yang dikonfigurasi.

Karena tidak ada yang ingin menghapus file pribadi mereka, dan hanya untuk berada di sisi aman, pilih opsi Keep my files.


Sekarang mesin Windows anda akan men-scan PC anda dan daftar semua program yang akan dihapus oleh proses reset PC. Hal baiknya adalah bahwa Windows akan menyimpan daftar semua program yang dihapus, dan daftar tersebut dapat diakses dari desktop setelah proses reset selesai. Sekarang klik tombol Next untuk melanjutkan.


Di layar ini Windows 10 atau Windows 11 memberitahu anda bahwa ia akan menginstal ulang system operasi Windows 10 atau Windows 11 tanpa menghapus file dan folder pribadi anda. Klik tombol Reset untuk memulai proses reset.


Windows sekarang akan mulai mereset dan akan mengembalikan PC Windows anda ke default pengaturan pabrik.


Setelah selesai mereset PC anda, anda dapat mengakses daftar program yang dihapus dari desktop anda sehingga anda dapat menginstalnya kembali dengan mudah.

Di sisi lain, anda juga dapat mereset PC dari menu Advance Startup yang dapat diakses saat anda mem-boot system. Ini sangat membantu jika anda bahkan tidak bisa boot ke system Windows anda. Namun, hal yang perlu diingat saat menggunakan opsi reset dari menu Advanced Startup adalah anda tidak boleh memilih opsi Fully clean the drive, karena akan menghapus seluruh hard drive anda.


Hanya itu yang dapat anda lakukan. Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara factory reset Windows 10/11 menggunakan cloud option atau cara membuat Reset Recovery Image di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang mereset PC Windows 10 atau Windows 11 anda ke default pengaturan parik. Terimakasih dan GBU.

No comments for "Cara Reset Windows 10/11 ke Default Pengaturan Pabrik"