Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Reset Recovery Image di Windows 10/11


Tergantung pada bagaimana anda menggunakan PC Windows anda, ini bisa menjadi sangat lambat dan bahkan mungkin penuh dengan masalah aneh. Ini terutama benar jika anda menginstal dan menghapus banyak software atau ketika system terinfeksi virus, malware, adware, dll. Dalam situasi itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mereset PC anda.

Untungnya, Windows 10 membuatnya sangat mudah. Yang harus anda lakukan adalah beberapa klik di aplikasi Settings. Jika anda membeli PC built up dari produsen seperti Dell, HP, dll., atau memiliki partisi recovery maka itu akan mudah,  namun jika PC anda adalah rakitan maka Windows akan meminta anda untuk memasukkan media instalasi saat mereset komputer.

Meskipun langkah ini sangat mudah, namun bisa sangat menjengkelkan jika anda tidak memiliki DVD atau drive USB instalasi Windows 10. Untuk menghadapi situasi seperti ini, anda dapat membuat reset image recovery anda sendiri sehingga anda dapat mereset komputer Windows tanpa khawatir tentang media instalasi.


Membuat Reset Recovery Image

Untuk membuat Reset Recovery Image, anda perlu menyalin file dari media instalasi Windows 10. Pertama, pastikan bahwa versi Windows 10 yang anda gunakan dan versi media instalasi adalah sama. Misalnya, jika anda menggunakan Windows 10 versi 1903 (19H1) maka anda harus memiliki ISO Windows 10 versi 1903 (19H1). Untuk melihat versi Windows anda, tekan tombol Win + R dan ketik winver, lalu tekan Enter atau OK.


Jika anda tidak yakin, maka pastikan anda menggunakan versi terbaru Windows 10. Sekarang, download Windows 10 ISO atau Windows 11 ISO dari situs web Microsoft.

Setelah anda memilikinya, klik doble atau klik kanan dan pilih Mount pada file ISO. Windows akan secara otomatis memasang ISO di drive virtual. Buka drive dan arahkan ke folder Sources. Kemudian klik kanan pada file install.wim dan klik pada opsi Copy.


Sekarang, buka drive atau partisi pilihan anda, buat folder baru dan beri nama RecoveryImage. Dalam kasus saya, saya membuat folder saya di drive C. Anda dapat memberi nama folder dengan nama apapun yang anda inginkan.


Buka folder yang baru dibuat dan Pastekan file yang anda copy sebelumnya menggunakan pintasan keyboard Ctrl + V.


Setelah menyalin file, cari Command Prompt di Start Menu, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as Administrator.


Tindakan di atas akan membuka Command Prompt dengan hak admin. Di command prompt, jalankan perintah di bawah ini dan menekan tombol Enter. Jangan lupa untuk mengganti jalur dalam tanda kutip dengan jalur sebenarnya dari folder yang anda buat sebelumnya. Dalam kasus saya, jalur yang sebenarnya adalah C:\RecoveryImage.

reagentc.exe /setosimage /path "C:\Path\To\RecoveryImageFolder" /index 1


Segera setelah anda menjalankan perintah, Windows akan mengatur OS image dan akan memberitahu anda hal yang sama.


Sekarang, hanya untuk memastikan bahwa Windows Recovery Environment diaktifkan, gunakan perintah di bawah ini.

reagentc.exe /enable

Mulai saat ini, setiap kali anda mencoba mereset PC, Windows akan menggunakan reset recovery image ini.


Jika anda mau, anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara factory reset Windows 10/11 menggunakan Cloud option atau cara reset Windows 10 ke default pengaturan pabrik.

Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk membuat reset recovery image di Windows 10. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membuat Reset Recovery Image di Windows 10/11"