Widget HTML Atas

Cara Factory Reset Windows 10/11 Menggunakan Cloud Option


Ketika anda harus melakukan factory reset di komputer Windows anda, pasti anda akan melakukannya dengan menggunakan CD/DVD atau USB drive. Windows 10 dan Windows 11 sendiri telah menambahkan partisi untuk system anda dengan reset imagenya sehingga anda tidak perlu menggunakan bantuan dari apapun itu. Hal ini memang sangat membantu, namun ketika partisi ini juga ikut rusak, semuanya akan menjadi berantakan.

Hal baik yang patut anda syukuri adalah pada update Windows Mei 2020, Microsoft memperkenalkan opsi reset terbarunya yaitu opsi factory reset cloud Windows 10 dan fitur ini juga disertakan di Windows 11.


Reset Windows dari Cloud

Sebelum update Mei 2020, anda harus melakukan local reinstall. Hal ini anda lakukan dengan menggunakan partisi tersembunyi di komputer anda. Tentu saja, jika anda membuat backup image terpisah untuk reinstall, anda juga bisa melakukannya.

Namun, hal lain dapat terjadi dan juga partisi tersebut dengan clean copy Windows 10 atau Windows 11 tidak selalu aman. Virus dapat dengan mudah merusaknya, atau ada yang salah dengan update Windows. Anda mungkin tidak menyadari ada masalah pada partisi tersebut sampai semuanya menjadi terlambat saat anda ingin melakukan factory reset.

Dengan menambahkan opsi factory reset cloud, anda dapat mendownload fresh copy Windows 10 atau Windows 11 untuk perangkat anda. Ini bukan peretasan untuk mendapatkan Windows 10 atau Windows 11 gratis jika anda belum memilikinya. Sebaliknya, Microsoft akan melihat bahwa anda saat ini menginstal Windows 10 atau Windows 11.


Persiapan Sebelum Factory Reset

Sebelum anda melakukan hal lain, buat backup file anda, jika memungkinkan. Meskipun opsi factory reset cloud Windows 10 dan Windows 11 memungkinkan anda untuk menyimpan file anda, ini tidak selalu berjalan dengan lancar. Jadi selalu lebih baik untuk memiliki backup sendiri untuk berjaga-jaga. Tentu saja, ini tidak mungkin jika anda menghapus semuanya dan memulai dari awal lagi.

Selain itu, proses reset akan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Ini karena ia harus mendownload sekitar 4 GB untuk mengganti salinan Windows 10 atau Windows 11 anda saat ini. Waktu reset yang tepat tergantung pada koneksi Internet anda.

Pastikan anda memiliki koneksi yang baik selama proses ini untuk mencegah masalah atau korup tambahan. Pastikan juga anda memiliki setidaknya 4 GB ruang kosong untuk mendownload.


Reset Windows 10 atau Windows 11

Menggunakan opsi factory reset cloud Windows 10 dan Windows 11 terasa seperti proses yang biasa saja, namun ada opsi baru untuk dipilih.

Buka Settings Windows anda dan pilih Update & Security.


Pilih Recovery di panel sebelah kiri dan tekan tombol Get started di bawah Reset this PC di panel sebelah kanan.


Selanjutnya, pilih apakah anda ingin menyimpan file anda (Keep my files) atau menghapus semuanya (Remove everything). Ingat, jika anda memilih untuk menghapus semuanya, maka semua file dan aplikasi anda akan dihapus. Jika anda perlu membuat backup file anda terlebih dahulu, tekan Cancel.


Selanjutnya, pilih cara mereset komputer anda. Untuk menggunakan opsi factory reset cloud Windows 10, pilih Cloud download.


Selanjutnya tekan Next untuk mengkonfirmasi bahwa anda ingin melanjutkan cloud download.


Terakhir, tinjau pengaturan anda dan tekan Reset.


Ini akan membutuhkan waktu untuk menyelesaikan semuanya. Saat proses reset, komputer anda akan hidup dan mati dengan sendirinya jadi jangan kawatirkan tentang hal tersebut.

Saat Lock Screen muncul, maka tandanya bahwa proses reset anda telah selesai. Jika aplikasi apapun tidak dapat di reinstall dengan alasan apapun, anda akan melihat file Removed Apps di desktop anda. Buka ini untuk melihat apa yang perlu anda instal ulang secara manual.

Langkah ini anda lakukan jika partisi reset anda rusak karena masih lebih mudah untuk mereset Windows dari komputer anda. Prosesnyapun akan lebih cepat dan anda tidak perlu khawatir tentang masalah koneksi internet anda. Tetapi anda juga harus menggunakan cloud sebagai opsi cadangan jika bagian dari hard drive anda rusak.


Opsi Cloud Download Tidak Ada

Jika anda tidak melihat opsi factory reset cloud Windows 10 anda, maka anda harus mengupdate Windows 10 anda ke update Mei 2020. Buka Settings - Update & Security - Windows Update. Download dan update Windows terbaru anda dari halaman tersebut. Anda harus melihat Versi 2004 sebagai update yang tersedia. Update ini harus di install sebelum anda dapat menggunakan cloud reset.

Jika anda tidak dapat mengupdatenya, anda harus mendownload Windows 10 lagi. Microsoft memiliki tools untuk memandu anda melalui proses ini. Microsoft juga memberikan panduan tentang cara memastikan lisensi anda sesuai dengan salinan baru.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Bagaimana menurut anda tentang opsi reset baru di Windows 10 dan Windows 11 ini, apakah ini adalah psi yang baik menurut anda? Tinggalkan komentar anda di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Factory Reset Windows 10/11 Menggunakan Cloud Option"