Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Update Windows 10 dan Windows 11 Terbaru dan Cara Memperbaikinya


Dalam beberapa hal, seperti halnya antivirus, Microsoft telah datang dengan sangat baik dalam membuat system Windows 10 dan Windows 11 yang stabil, tetapi dalam hal lain tidak terlalu banyak. Update Windows 10 dan Windows 11 merupakan penyebab masalah yang terus-menerus bagi banyak pengguna, jadi saya membuat pembaharuan yang diperbarui secara teratur untuk masalah Update Windows 10 dan Windows 11 terbaru: apa masalahnya, apa yang dilakukan Microsoft untuk memperbaikinya dan bagaimana anda dapat menghindari mereka.

Microsoft sedang mengerjakan fitur-fitur untuk mengurangi error dari update yang salah. Preview build sekarang memiliki opsi untuk menunda update Windows hingga tiga puluh lima hari, dan Microsoft juga telah mengumumkan bahwa mungkin akan segera meluncurkan update yang akan me-roll back update Windows 10 atau Windows 11 yang rusak.

Hal ini terdengar sebagai ide yang bagus, tetapi bayangkan saja jika update ini sendiri error, dan anda harus menemukan cara untuk mengembalikan update yang memungkinkan rollback? Ya, itu akan ironis, tetapi pada form Microsoft saat ini tidak terlalu mengejutkan.


[Diperbaiki Sebagian] 11 Juli 2023, Windows 11, Versi 22H2, KB5028185

Masalah:
  • Masalah boot loop.
  • Kegagalan instalasi dengan error code 0x80070002, 0x80248007 dan 0x8007045b.
  • Waktu startup lebih lama.
  • Layar berkedip.

Microsoft meluncurkan cumulative update Juli 2023 jauh lebih cepat dari jadwal. Ini bertujuan untuk membawa peningkatan keamanan ke update 27 Juni 2023, KB5027303, memperbaiki lebih dari 78 kerentanan dalam prosesnya. Dari segi fitur, KB5028185 memperkenalkan dukungan dalam aplikasi untuk Voice Access, yang merupakan masalah besar, karena Microsoft ingin mengubah Windows 11 menjadi OS yang sepenuhnya kompatibel dengan suara.

Cumulative update bulan Juli juga dilengkapi dengan KB5028851, update kecil tanpa gangguan pada .NET Framework 3.5 dan 4.8.1.

Update KB5028185 seharusnya berjalan lancar, tetapi beberapa pengguna telah melaporkan kerusakan system, termasuk error Blue Screen of Death (BSOD). Yang terburuk adalah masalah boot loop, dimana anda terjebak dalam upaya restart tanpa henti. Itu dapat diperbaiki melalui clean install dan metode lain, dengan asumsi anda tidak dapat mengakses desktop.

Selain itu, ada kegagalan instalasi dengan error code, seperti 0x80070002 dan 0x80248007. Kegagalan dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk masalah dengan registry, error dalam file system Windows dan masalah dengan service Windows update.

Melakukan reset perangkat berbasis cloud (sambil menyimpan file anda) benar-benar cara terbaik untuk mengatasi error instalasi, tetapi menghabiskan banyak waktu. Jika saat anda menginstall update, anda mendapati system stuck dan instalasi stuck, maka sebaiknya jalankan Windows Update Troubleshooter terlebih dahulu.
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.



24 Mei 2023, Windows 11, Versi 22H2 KB5026446 Preview Update

Microsoft telah memperkenalkan preview update pada bulan Mei yang disebut KB5026446, juga dikenal sebagai update "Moment 3" atau update 2023-05. "Moment" mengacu pada proses update baru di Windows 11 yang memungkinkan pengguna mendapatkan update yang kaya fitur sepanjang tahun. Setelah anda mendownload dan menginstall update KB5026446, akan ada popup "Get the latest updates as soon as they’re available." Klik "OK" untuk mengaktifkan Moment anda untuk bulan ini.

Contoh update Moment 3: Windows 11 sekarang secara otomatis menambahkan audio Bluetooth LE ke laptop yang mendukung standar Bluetooth terbaru.

Moment 3 juga memberi anda papan widget baru yang diperbesar dengan banyak kolom, tergantung pada ukuran layar. Ini menggabungkan weather, news feed dan konten yang dipersonalisasi (katakanlah dari Outlook), dalam tampilan glamor yang dapat dengan mudah diminimalkan dari menu Widget. Ada juga ikon animasi untuk widget, jadi jika cuaca cerah di luar, anda dapat melihat sekilas di taskbar itu sendiri.

Peningkatan taskbar lainnya termasuk ikon khusus untuk koneksi Wi-Fi atau VPN berbasis USB.

Untungnya, update KB5026446 saat ini memperbaiki banyak masalah dari update sebelumnya, tetapi karena ini merupakan feature preview update, anda mungkin mendapatkan waktu boot yang lebih lambat. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan disk cleanup di mana anda perlu menghapus file update Windows diikuti dengan clean boot. Ini juga akan menangani masalah hilangnya ikon taskbar seperti pada update April 2023.


[Diperbaiki] 11 April 2023, Windows 11, Version 22H2 KB5025239 Cumulative Update

Masalah: File Explorer macet | ikon taskbar menghilang | Start Menu tidak responsif | Perlambatan

Windows 11 KB5025239 adalah cumulative update yang dirancang untuk memperbaiki masalah keamanan sebagai bagian dari kebijakan keamanan Patch Tuesday April 2023 Microsoft. Ini mengatasi bug penting terkait PowerPoint yang berhenti berfungsi saat pengguna mengklik "Accessibility tools." Bug lain yang ditangani terkait dengan Notepad, Excel, Windows Registry dan beberapa provisioning package.

KB5025239 memiliki masalah hilangnya ikon taskbar yang sekarang harus diperbaiki jikaanda telah bermigrasi ke versi update 2023-05. Ada cara lain untuk memperbaiki masalah taskbar.

Solusi terbaik yang saya temukan adalah mem-pause/memblokir dan menunda update ini selama satu atau dua minggu agar Microsoft dapat mengatasi masalah tersebut. Anda dapat memmeriksa update history Windows.


Cara Memperbaiki dan Menghindari Update Windows 10 atau Windows 11 yang Rusak


1. Periksa Build Windows 10 atau Windows 11 Anda

Sebelum melihat ke belakang dan memperbaiki update Windows 10 atau Windows 11 yang rusak, anda perlu memeriksa versi Windows anda saat ini, yang akan mengkonfirmasi masalah mana yang mempengaruhi anda. Untuk melakukan ini, cukup buka Settings - Update & Security - View update history.

Di jendela baru klik panah di sebelah Feature Updates untuk melihat versi Windows yang sedang anda gunakan, dan klik Quality Updates untuk melihat semua update KB yang lebih kecil yang telah anda instal.


2. Blokir dan Tunda Update Windows 10 atau Windows 11

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk menghindari mendapatkan masalah update di atas dan banyak lagi adalah mengambil alih kontrol ketika Windows 10 atau Windows 11 anda diupdate. Dengan cara ini anda bisa menunda mendapatkan update saat Microsoft meluncurkannya, memantau berita (tentang update yang bersangkutan) sebentar untuk melihat apakah ada kesalahan besar muncul, lalu lakukan sendiri update secara manual.

Update Windows 10 v1903 memungkinkan semua pengguna Windows (termasuk pengguna Home) untuk menunda update hingga tujuh hari. Sementara itu, jika anda menggunakan Windows 10 Pro, enterprise, Education atau S, anda dapat menunda update dengan masuk ke Settings - Update & Security - Windows Update. Disini, pilih opsi Choose when updates are installed dan pilih jumlah hari yang ingin anda tunda.

Ada beberapa cara untuk mengendalikan update Windows 10 atau WIndows 11 - tergantung pada apakah anda memiliki versi OS Home atau Pro dan saya memiliki panduan yang akan membantu anda menonaktifkan dan menjadwalkan update Windows 10/11.


3. Cara Roll Back Update Windows 10 atau Windows 11

Setelah setiap update mayor, Windows 10 atau Windows 11 memberi anda waktu sepuluh hari untuk kembali ke versi Windows sebelumnya. Ini fitur yang berguna dan harus memberi anda cukup waktu untuk menilai apakah anda memiliki update yang bermasalah. Tentu saja, ini tidak akan memulihkan file anda jika Windows 10 atau Windows 11 menghapusnya, tetapi setidaknya anda akan berada pada versi OS yang lebih stabil.

Untuk melakukan ini, buka Settings Windows 10 atau Windows 11, lalu klik "Update & security - Recovery." Di bawah "Reset this PC" anda akan melihat opsi untuk "Go back to the previous version of Windows 10/11." Klik "Get started" untuk memulainya, kemudian ikuti langkah-langkah untuk memutar kembali Windows 10. Sekali lagi, opsi ini hanya tersedia selama sepuluh hari setelah build update Windows 10.



Beberapa hal di PC lebih membuat frustrasi daripada update - seolah-olah untuk meningkatkan kinerja - merusak system anda, tetapi sayangnya Microsoft memiliki bentuk dalam hal ini. Layak dikatakan bahwa mayoritas pengguna melalui update ini tanpa masalah, tetapi mayoritas tidak cukup ketika konsekuensi untuk beberapa bisa sangat parah. Tetap disini untuk masalah update Windows 10 terbaru, dan tinggalkan komentar jika anda memiliki masalah update baru untuk dilaporkan - bantuan mungkin ada. GBU

2 comments for "Masalah Update Windows 10 dan Windows 11 Terbaru dan Cara Memperbaikinya"

  1. Ada ygbsetelah update jd ga bisa kunci HD eksternal menggunakan fitur bitlocker?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba langkah disini : https://support.microsoft.com/en-us/help/929834/error-message-when-you-try-to-run-the-bitlocker-drive-encryption-progr

      Delete