Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Menghentikan Update Otomatis Windows 10/11


Windows 10 dan Windows 11 adalah system operasi yang hebat, dan Microsoft terus membuatnya lebih baik dengan menginstal update cumulative. Update adalah bagian penting dari system anda, karena alasan keamanan dan stabilitas. Namun, kebijakan update paksa Windows 10 telah menjadi subjek kontroversi dan salah satu fitur yang paling tidak disukai.

Sementara Microsoft bertujuan untuk membuat Windows 10 dan Windows 11 lebih efisien dengan mendorong update, gagasan update paksa mungkin telah menyebabkan masalah bagi pengguna. Itu karena beberapa update sangat besar (lebih dari 4GB) dan mereka didownload secara otomatis. Ini bisa sangat menyebalkan jika anda memiliki paket data terbatas.

Yang terburuk, Windows 10 atau Windows 11 akan memaksa update setiap kali anda mencoba untuk me-restart dan/atau mematikan komputer anda. Ini dapat membuat PC anda menjadi lingkaran booting tanpa akhir. Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan kepada anda tiga solusi yang akan membantu anda menghentikan update paksa Windows 10 atau Windows 11 secara permanen.


1. Tandai Koneksi Wi-Fi Anda sebagai Metered Connection

Menandai koneksi Wi-Fi anda sebagai Metered Connection semua aktivitas latar belakang. Karena update Windows 10 dan Windows 11 adalah proses berkelanjutan yang terus berjalan di latar belakang, mengatur koneksi anda sebagai Metered Connection adalah cara termudah untuk menghentikan update yang dipaksakan.

Perlu dicatat bahwa opsi ini hanya akan menunda update. Saat anda beralih tombol Metered Connection ke OFF, Windows 10 atau Windows 11 akan mulai mendownload update secara otomatis. Tetapi selama tombol Metered Connection diatur ke ON, Windows 10 atau Windows 11 tidak akan pernah mendownload update apapun tanpa izin anda. Untuk mengatur koneksi anda sebagai Metered Connection, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Tekan Win + I untuk meluncurkan aplikasi Settings.
  • Klik opsi Network & Internet.
  • Di bawah Wireless Network Connection, gulir ke bawah dan klik tautan Advanced Options.
  • Halaman akan terbuka dengan lebih banyak opsi untuk mengkonfigurasi jaringan nirkabel anda. Cari opsi Metered Connection. Secara default, opsi ini disetel ke OFF. Klik dan alihkan ke ON.


Itu dia. Sekarang Windows tidak akan mendownload apapun di latar belakang.

Catatan: Mengatur koneksi anda sebagai Metered Connection akan mempengaruhi konektivitas Bluetooth. Jika anda sering menggunakan Bluetooth, ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk anda. Selain itu, metode ini tidak akan berfungsi jika anda menggunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer anda ke Internet.


2. Hentikan Update Otomatis dengan Menonaktifkan Service Terkait Update Windows

Service Windows Update dan Windows Modules Installer dapat mendeteksi, mendownload, dan menginstall update dan aplikasi Windows. Setelah dinonaktifkan, ini menghentikan fitur update otomatis Windows. Karena Windows Update Service adalah proses Windows lainnya, anda dapat menghentikannya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini.
  • Tekan tombol Win + R untuk membuka Run. Ketik services.msc dan klik OK.
  • Dari daftar Services yang muncul, temukan dan klik opsi Windows Update untuk membukanya.
  • Kotak properties Windows Update akan terbuka. Di Startup type (di tab General), anda akan menemukan opsi untuk mengonfigurasi bagaimana anda ingin update dikirimkan. Secara default, opsi ini diatur ke Automatic. Anda dapat menonaktifkannya dengan memilih Disabled atau mengubahnya ke Manual.
  • Terakhir, buka tab Recovery. Di bagian First failure, pilih Take No Action. Ini akan membantu mencegah Update Service untuk memulai kembali dan berpotensi mengatur ulang sendiri ke Automatic (default) setelah gagal mendorong update.
  • Klik Apply dan OK.
  • Selanjutnya, lakukan hal yang sama untuk service Windows Modules Installer.
  • Setelah itu, restart PC anda untuk menerapkan perubahan.

Catatan: Jika anda menonaktifkan Windows Update Service, komputer anda tidak akan dapat mendownload update apapun. Ini akan menghentikan semua pembaruan di masa depan, dan program tidak akan dapat menggunakan Windows Update Agent (WUA) API.

Untuk mengaktifkan kembali Windows Update service, ulangi proses di atas tetapi ubah startup type menjadi Automatic.


3. Hentikan Update Otomatis Melalui Group Policy Editor

Group Policy Windows 10 dan Windows 11 juga memiliki fitur tersembunyi yang dapat anda gunakan untuk menonaktifkan update otomatis. Dengan mengubah beberapa pengaturan di Group Policy Editor, anda akan dapat memilih bagaimana anda ingin update dikirimkan. Namun, metode ini buka untuk pengguna Windows edisi Home. Jika pengguna edisi Home ingin menggunakan metode ini, maka harus telebih dahulu mengaktifkan Group Policy Editor dan setelah itu dapat mengikuti langkah yang sama dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R untuk membuka perintah Run. Ketik gpedit.msc dan tekan OK untuk meluncurkan Local Group Policy Editor.
  • Temukan opsi Computer configuration dan klik di atasnya. Kemudian arahkan ke folder Administrative Templates dan klik untuk memperluasnya.
  • Di bawah Administrative Templates, pilih folder Windows Components dan klik di atasnya.
  • System akan membuka daftar komponen Windows yang sangat panjang. Di bagian bawah daftar anda akan menemukan folder Windows Update. Klik doble pada folder untuk memperluasnya.
  • Cari opsi Configure Automatic Updates di daftar services yang akan terbuka. Klik doble untuk membuka lebih banyak pengaturan Configure Automatic Updates.
  • Jendela baru akan terbuka dengan lebih banyak opsi untuk mengonfigurasi update Windows. Pilih Enabled, kemudian gulir ke bawah ke opsi yang tersedia dan pilih opsi Notify for downloads and auto install dari daftar dropdown.
  • Klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu restart PC anda untuk menerapkan perubahan.

Dengan cara ini, kapanpun update tersedia untuk komputer anda, Windows akan memberi tahu anda bahwa update tersedia untuk didownload, daripada mendownload dan mengupdate secara otomatis. Anda dapat menuju ke Settings - Windows Update, dan memilih untuk mendownload dan menginstall Update pada waktu paling nyaman anda. Windows tidak akan dapat mendownload atau menginstall update tanpa izin anda.

Untuk mengkonfirmasi apakah perubahan telah dilakukan, buka aplikasi Settings dan menuju ke Updates & Security - Windows Update - Advanced options. Anda akan melihat tombol Notify to download yang telah dihitamkan.


Jika anda tidak melihat tombol Notify to download berwarna abu-abu, anda mungkin telah melewatkan satu langkah atau menggunakan pengaturan yang salah.

Jadi kesimpulannya,  bahwa update Windows 10 atau Windows 11 adalah hal yang baik, karena mereka dapat membantu meningkatkan efisiensi dan keamanan system. Tetapi kadang-kadang, menghentikan update bisa berguna, terutama ketika anda ingin menghentikan update yang merepotkan untuk menginstal ulang secara otomatis.


Menghentikan Sementara Update Windows Otomatis Melalui Settings Windows

Jika anda tidak ingin menonaktifkan Windows Update secara permanen dan hanya ingin menghentikan sementara update otomatisnya, maka anda dapat dengan mudah melakukannya melalui jendela Settings Windows. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda gunakan untuk menghentikan sementara atau menunda update otomatis di Windows 10 dan Windows 11 anda.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update di panel kiri dan klik Pause updates for 7 days. Ini akan menghentikan update untuk sementara selama 7 hari.


  • Jika anda menginginkan lebih dari 7 hari, maka klik Advanced Options.
  • Di halaman berikutnya, di bawah bagian Pause update, gunakan menu drop-down untuk memilih hingga tanggal berapa update di nonaktifkan. Maksimalnya adalah 35 hari atau 5 Minggu.


Di Windows 11:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Windows Update di panel kiri dan di panel kanan klik Pause for 1 week.
  • Jika anda menginginkan lebih dari satu minggu, maka klik panah bawah dan pilih berapa lama anda menghentikan update.
  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.



Saya berharap solusi ini akan membantu anda untuk menunda atau menghentikan sepenuhnya update paksa Windows 10 atau Windows 11. Jangan ragu untuk berkomentar dan berbagi pengalaman anda. Terimakasih dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya. GBU

Post a Comment for "3 Cara Menghentikan Update Otomatis Windows 10/11"