Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi di Recovery Mode Windows 10/11

 


Dalam artikel ini, saya akan membahas tindakan yang dapat anda ambil jika keyboard anda tidak berfungsi saat menggunakan Recovery Mode di Windows 10 atau Windows 11. Beberapa pengguna telah mengalami masalah dimana keyboard mereka tidak berfungsi saat menggunakan Recovery Mode, meskipun keyboard tersebut berfungsi normal saat digunakan di Safe Mode atau boot normal.


Windows Recovery Environment (WinRE) menyediakan akses ke sejumlah tool (termasuk Advanced Startup Options) yang dapat membantu anda memperbaiki masalah system dan memulihkan Windows. WinRE secara otomatis dimulai setelah dua kali booting yang gagal secara berturut-turut dan memberikan solusi untuk masalah error system. Namun, pengguna juga dapat mengakses recovery mode secara manual untuk memperbaiki masalah system.


Jika keyboard anda tidak dapat mendeteksi penekanan tombol saat berada dalam recovery mode, namun berfungsi dengan baik dalam kondisi normal, hal ini mungkin menunjukkan ada masalah dengan pengaturan BIOS. Selain itu, penyebab lainnya mungkin termasuk port USB yang rusak, kerusakan pada keyboard, driver keyboard yang tidak didukung atau update Windows yang salah.



Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi di Recovery Mode


Sebelum anda melakukan perubahan apapun pada komputer anda, mulailah dengan memecahkan masalah dasar terlebih dahulu. Anda dapat mencoba memasukkan keyboard ke port USB lain dan lihat apakah itu berfungsi. Atau cobalah menggunakan keyboard alternatif (sebaiknya keyboard model PS/2) jika tersedia. Jika anda menggunakan keyboard wireless, pastikan baterai masih memiliki power. Jika masalah masih berlanjut, gunakan solusi berikut untuk memperbaiki masalah ini.



1. Aktifkan USB Support di BIOS


Anda tidak akan dapat menggunakan keyboard USB pada environment/lingkungan 16-bit seperti MS-DOS atau Windows Recovery jika USB Support dinonaktifkan di BIOS. Hal ini disebabkan karena system operasi menggunakan BIOS untuk menerima input perangkat dan jika pengaturan tersebut dinonaktifkan, maka keyboard USB tidak akan berfungsi.


Untuk memperbaiki masalah ini, booting komputer anda ke BIOS dan aktifkan pengaturan USB Keyboard Support atau USB Legacy Support atau Legacy USB Support. Jika keyboard USB anda tidak berfungsi di BIOS, anda dapat mencoba menggunakan mouse sebagai pengganti keyboard. Jika tidak berhasil, anda perlu menggunakan keyboard lain yang dapat berfungsi di BIOS. Anda bisa menggunakan keyboard PS/2 yang umumnya berfungsi secara default pada sebagian besar motherboard atau mencoba memasukkan keyboard anda ke port USB 2.0 (port USB paling kiri atau utama). Kemudian ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan USB support.


Catatan: Langkah-langkah berikut ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada motherboard yang digunakan dan versi BIOS yang terinstall di system anda.


  • Masuk ke pengaturan BIOS.
  • Kemudian arahkan ke tab Advanced.
  • Selanjutnya, arahkan ke USB Configuration.
  • Kemudian, atur Legacy USB Support ke Enabled.
  • Terakhir, tekan tombol F10, kemudian tekan Y untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.




2. Nonaktifkan USB 3.0 Support di BIOS


Jika USB Support sudah diaktifkan dan keyboard anda belum berfungsi, maka langkah selanjutnya adalah menonaktifkan USB 3.0 Support di BIOS. USB 3.0 Support biasanya hanya cocok untuk motherboard yang lebih baru, sehingga jika anda menggunakan keyboard lama, maka USB 3.0 Support mungkin tidak sesuai dengan fungsinya.

  • Booting PC anda ke BIOS.
  • Di BIOS, arahkan ke tab Advanced.
  • Selanjutnya, arahkan ke USB Configuration.
  • Kemudian, atur USB 3.0 Support ke Disabled.
  • Setelah itu, tekan tombol F10 kemudian tekan Y untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.




3. Nonaktifkan Fast Boot di BIOS


Fast Boot adalah fitur di BIOS dimana perangkat USB dimuat setelah booting OS. Jadi jika Fast Boot diaktifkan, maka driver keyboard anda mungkin tidak diinisialisasi atau dikenali saat anda boot ke lingkungan Windows RE melalui BIOS.


Jadi, untuk memperbaiki masalah ini, anda perlu menonaktifkan Fast Boot di BIOS dan melihat apakah itu membantu anda.




4. Clear CMOS


CMOS adalah komponen pada motherboard yang menyimpan pengaturan BIOS. Dengan melakukan clear CMOS, semua pengaturan konfigurasi akan dihapus dan BIOS akan dikembalikan ke pengaturan default. Jadi, coba lakukan reset atau clear CMOS dan periksa apakah itu membantu memperbaiki masalah keyboard dalam recovery mode.




5. Install Ulang Driver Keyboard


Seperti yang disebutkan sebelumnya, masalah keyboard yang tidak berfungsi dalam recovery mode mungkin disebabkan oleh driver keyboard yang rusak atau salah. Oleh karena itu, cobalah untuk menguninstall dan menginstall ulang driver keyboard untuk melihat apakah itu dapat memperbaiki masalah tersebut. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik kanan pada Start Menu atau tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Keyboards.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver keyboard anda dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian, klik Uninstall di jendela konfirmasi yang muncul.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Ini akan menginstal ulang driver generik keyboard secara otomatis. Selain itu, anda juga dapat mencoba menginstall driver terbaru secara manual dengan mengunjungi halaman dukungan pabrikan perangkat anda, kemudian mendownload driver terbaru untuk keyboard anda dan menginstallnya di komputer anda.


Setelah driver keyboard diinstall ulang, coba gunakan keyboard di Win RE. Beberapa pengguna juga telah mengatasi masalah ini dengan mengupdate semua driver Universal Serial Bus controllers.



6. Gunakan Media Instalasi Bootable untuk Mengakses Recovery Environment


Jika solusi diatas tidak membantu memperbaiki masalah keyboard dalam recovery mode, ada solusi lain yang dapat anda coba yaitu mengakses Windows Recovery Environment menggunakan media instalasi bootable. Ini akan membantu anda memperbaiki PC Windows menggunakan media instalasi.


Untuk membuat media instalasi bootable, anda memerlukan PC lain jika PC anda tidak dapat booting ke Windows. Setelah media instalasi bootable dibuat, hubungkan USB drive ke komputer anda dan masuk ke BIOS (biasanya menggunakan tombol Delete/F2/ESC). Setelah masuk ke BIOS, ubah urutan booting untuk memposisikan USB drive di tempat pertama. Setelah itu, tekan F10, kemudian Y untuk menyimpan perubahan urutan boot dan keluar dari BIOS.


Pada restart berikutnya, Windows akan melakukan booting dari USB drive. Klik Next pada layar Windows Setup dan kemudian klik pada opsi Repair your computer di pojok kiri bawah untuk memunculkan Windows Recovery Environment. Keyboard anda seharusnya sudah berfungsi sekarang.




Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Keyboard tidak berfungsi di Recovery Mode Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi di Recovery Mode Windows 10/11"