Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi


Keyboard laptop anda adalah unsur penting dalam apa yang membuat laptop menjadi laptop. Ini adalah bagian dari paket portabilitas keseluruhan yang anda bayar untuk terlihat lebih premium dan ketika itu berhenti bekerja, maka hal yang premium bisa menjadi tak berharga. Mengapa ini terjadi, dan bagaimana anda menghentikan keyboard laptop anda dari kekacauan? Disini saya menunjukkan kepada anda masalah dan solusi yang paling umum.


Software Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Jika laptop anda melakukan boot ke BIOS ketika anda menekan tombol yang relevan, maka kabar baiknya adalah keyboard laptop anda berfungsi. Berita buruknya adalah Windows tidak melihatnya seperti itu, dan anda harus meyakinkannya.

Catatan: Anda mungkin perlu menyambungkan keyboard eksternal ke laptop anda untuk melalui proses ini - artinya untuk mengetikkan kata sandi Windows anda.


Periksa Windows 10 untuk Error File System Keyboard

Jika keyboard laptop anda tidak berfungsi karena masalah software, maka hal pertama yang masuk akal untuk dilakukan adalah menjalankan scan file system, yang akan men-scan file system Windows yang penting untuk mencari error, kemudian memperbaiki segala kerusakan jika memungkinkan.

Untuk melakukan ini, buka Search kemudian ketik cmd dan klik Run as administrator pada Command Prompt di hasil yang muncul.

Di Command Prompt, masukkan berikut dibawah ini dan tunggu proses untuk menyelesaikan:

sfc /scannow



Hardware Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menelusuri apa masalah sebenarnya dengan keyboard. Apakah ini masalah hardware (lebih serius) ataukah masalah software?

Untuk mengisolasi masalah, saat laptop anda boot, berulang kali tekan tombol yang membawa anda ke layar BIOS. Ini bervariasi antara berbagai laptop yang dibuat, tetapi biasanya menggunakan tombol Delete, F2, F8 atau F12. Jika laptop anda melakukan booting ke Windows, maka anda menekan tombol yang salah atau memang keyboard anda tidak berfungsi pada tingkat hardware.

Jika anda yakin telah menekan tombol yang benar dan BIOS anda tidak bisa boot, maka keyboard laptop anda kemungkinan memiliki masalah hardware. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti konektor antara keyboard dan motherboard menjadi longgar.


Jika anda tidak nyaman membuka laptop anda, maka pertimbangkan untuk membawanya ke servis center untuk dapat melihatnya. Jika anda ingin mencoba memeriksa sendiri apakah ada masalah, anda dapat menggunakan alat untuk mengangkat keyboard dan memeriksa koneksi di bawahnya (dengan risiko anda sendiri). Setelah anda melihat tap konektor yang menghubungkan keyboard ke motherboard, pastikan itu tidak longgar (atau lebih buruk, rusak) dan kuat di slotnya.

Jika pita atau konektor rusak, maka anda harus memperbaiki laptop anda. Jika itu longgar, maka anda mungkin baru saja menyelesaikan masalah anda!


Software Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Jika laptop anda melakukan boot ke BIOS ketika anda menekan tombol yang relevan, maka kabar baiknya adalah keyboard laptop anda berfungsi. Berita buruknya adalah Windows tidak melihatnya seperti itu, dan anda harus meyakinkannya.

Catatan: Anda mungkin perlu menyambungkan keyboard eksternal ke laptop anda untuk melalui proses ini - artinya untuk pengetikkan kata sandi Windows anda.


Instal Ulang Driver Keyboard
  • Buka Device Manager (tekan tombol Win + X dan klik Device Manager atau cari di Start menu), lalu gulir ke bawah dan perluas Keyboards.
  • Jika ada tanda seru pada keyboard laptop default (Standard PS/2 Keyboard), maka Windows telah mendeteksi masalah.
  • Klik kanan keyboard, klik Uninstall device, lalu reboot PC anda.
  • Keyboard harus diinstal ulang secara otomatis - bahkan saat anda baru saja masuk ke Windows - dan semoga keyboard anda akan berjalan kembali.


Uninstall Keyboard Sekunder

Terkadang driver dari keyboard lain yang sebelumnya anda pasang dapat mengganggu dan secara otomatis menonaktifkan keyboard laptop. Berikan persiapan awal keyboard anda dengan menghapus semua instalan driver keyboard yang bukan keyboard utama laptop anda.
  • Ke Device Manager lagi, dan klik View lalu klik Show hidden devices.
  • Pergi ke Keyboard dan perluas. Kemudian klik kanan dan copot semua yang bernama HID Keyboard Device dengan mengklik Uninstall device . Ini sebenarnya sedikit istilah semua perangkat, karena berbagai perangkat eksternal lainnya bahkan mouse dapat dimasukkan disini.
  • Ingatlah untuk menginstal ulang perangkat yang hanya perlu anda pasang.

Tips-tips diatas adalah mencakup alasan yang paling umum mengapa keyboard laptop anda mengalami masalah atau gagal berfungsi. Hal lain yang mungkin ingin anda coba adalah menghapus software keyboard pihak ketiga yang mungkin anda miliki.

Apakah itu membantu? Beri tahu saya jika anda telah menemukan solusi anda sendiri untuk mengatasi masalah yang mengganggu ini! Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi"