Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendiagnosis dan Memperbaiki Driver Yang Menyebabkan Error BSOD


Ketika driver menyebabkan error Blue Screen of Death (BSOD), anda dapat mengetahui apa yang terjadi di Event Viewer. Namun, databasenya seringkali sulit untuk dianalisis, terutama untuk pengguna yang kurang berpengalaman. Sebagai bagian dari Software Development Kit (SDK) Windows 10 dan Windows 11, Debugging Tools untuk Windows (WinDbg) dirancang untuk mempermudah pemecahan masalah error tersebut. Dan untuk analisis yang lebih cepat, anda juga dapat menggunakan BlueScreenView.


Apa Penyebab Error BSOD?

Sementara error ini dapat berasal dari hardware atau software, banyak error BSOD disebabkan oleh driver yang rusak. Dalam contoh ini, kita akan melihat BSOD yang disebabkan oleh DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL. Error ini terjadi ketika driver mencoba menulis ke alamat memory yang tidak ada, dan itu menyebabkan system crash. Solusi untuk masalah seperti ini biasanya akan menentukan driver yang bertanggung jawab atas crash tersebut, dan kemudian mengupdate atau menginstallnya kembali.


a. Menginstall BlueScreenView

1. Download BlueScreenView dari website pengembang. Klik Download links are on the bottom of this page untuk beralih ke bagian download file atau anda scroll kebawah, lalu klik Download BlueScreenView 64-bit (in Zip file) untuk mendownload file.


2. Ekstrak file ZIP yang anda download tadi di explorer.

3. Anda dapat memindahkan direktori yang diekstrak ke Program Files, tetapi anda tidak harus melakukannya. Tools ini juga akan berjalan dari folder Download anda.


b. Menggunakan BlueScreenView untuk Menganalisis Minidump

Ketika komputer anda crash dengan BSOD, tools ini dengan cepat membuat apa yang disebut minidump. File ini berguna, jika samar, log error yang dapat membantu anda memahami mengapa komputer anda crash. Sayangnya, mereka sedikit tidak bisa ditembus, dan Event Viewer default Windows tidak membuat analisisnya lebih mudah. BlueScreenView menyederhanakan analisis minidump dengan menerjemahkan file teks ke antarmuka grafis dan menyoroti error driver.

1. Buka BlueScreenView.


2. Ketika aplikasi terbuka, itu akan secara otomatis menampilkan konten file minidump terbaru.

3. Error driver akan disorot dalam warna merah. Seperti yang anda lihat di gambar dibawah ini, sepertinya disitu terlihat ada dua error yakni: satu di "L1C63x64.sys" dan satu lagi di "ntoskrnl.exe." File ".sys" merupakan file driver. File lainnya adalah kernel Windows yang akan disalahkan pada sebagian besar error BSOD, tetapi tidak ada yang salah dengan itu.


4. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang error tersebut, kita akan mengklik "L1C63x64.sys," dan kemudian klik ikon "Properties" di menu bar.


5. Di jendela baru yang muncul, kita dapat melihat informasi lebih lanjut tentang driver. Yang paling penting, kita dapat melihat bahwa driver dikaitkan dengan chip Qualcomm Ethernet pada motherboard PC. Ini sangat penting, karena sekarang kita tahu kemana harus pergi untuk mengupdate atau memperbaiki driver.


6. Jika anda masih bingung, anda dapat memilih "Google Search - Bug Check + Driver" dari menu File untuk secara otomatis memulai pencarian Google untuk stop code dan driver yang bermasalah.



c. Install Debugging Tools untuk Windows

Debugging Tools juga dikenal sebagai WinDbg. Debugging Tools untuk Windows dapat didownload sebagai bagian dari Microsoft SDK.

1. Download file instalasi untuk Windows SDK. Filenya 800 MB lebih, jadi bersabar.


2. Jalankan instalasi. Pastikan anda memberi ceklist pada kotak di sebelah Debugging Tools for Windows. Jika anda ingin menginstal semua komponen SDK, jangan ragu, tetapi anda hanya perlu menginstall Debugging Tools.

3. Setelah anda memeriksa semua yang ingin anda download, klik tombol Install di kanan bawah.



d. Menggunakan Debugging Tools untuk Windows

Debugging Tools untuk Windows, atau WinDbg, sedikit lebih rumit daripada BlueScreenView, tetapi juga memberi anda lebih banyak informasi. Ini adalah metode analisis alternatif yang bagus untuk kesalahan rumit.

1. Temukan WinDbg (x86) dengan mengetikkan WinDbg (x86) ke Search. Anda juga dapat menemukan program di "C:\Program Files (x86)\Windows Kits\10\Debuggers\x86."

2. Klik kanan pada ikon WinDbg dan pilih Run as administrator. Ini akan memungkinkan Windbg untuk membuka file minidump dari direktori Windows, yang biasanya tidak dapat dilakukan.

3. Pilih Open Crash Dump... dari menu File.


4. Arahkan ke folder Minidump di "C:\Windows\Minidump."


5. Buka folder dan pilih file yang ingin anda buka. Ini kemungkinan besar adalah file terbaru.


6. Tunggu Windbg untuk menganalisis file. Anda akan tahu itu dilakukan ketika "Debuggee not connected" menghilang.


7. Ketik !analyze -v pada command prompt dan tekan Enter.


8. Tunggu analisisnya selesai.


9. Gulir kembali ke atas hasil analisis hingga anda menemukan garis yang mengatakan MODULE_NAME.


10. Klik pada nama driver yang di hyperlink. Ini secara otomatis akan menjalankan perintah lmvm pada driver itu, yang mengungkapkan lebih banyak informasi.



Memperbaiki Masalah: Mengupdate Driver

Setelah anda mengidentifikasi nama driver yang menyebabkan masalah, maka segera update driver atau anda perlu menguninstall driver dan kemudian menginstall ulang driver tersebut. Proses ini berbeda untuk setiap pabrikan, tetapi jika anda mencari di Google nama driver dan pabrikan, anda harus dapat menemukan update pada halaman web pabrikan.

BlueScreenView adalah aplikasi solid untuk menganalisis error BSOD dengan cepat. Jika anda memiliki kebutuhan yang lebih banyak, WinDbg akan memberi anda lebih banyak informasi.


Sekian tutorial kali ini. Semoga dengan cara ini anda dapat mengetahui dan memperbaiki detail error yang menyebabkan blue screen pada komputer anda. Jangan lupa berikan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti metode ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mendiagnosis dan Memperbaiki Driver Yang Menyebabkan Error BSOD"