Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Hanya Power Plan Balanced yang Tersedia di Windows 10/11

 


Komputer dengan System Operasi Windows memiliki power plan yang berbeda. Power plan ini membantu menghemat daya. Pengguna dapat memilih power plan sesuai kebutuhan mereka. Selain power plan yang telah ditentukan sebelumnya, Windows juga memungkinkan pengguna membuat power plan khusus sesuai kebutuhan mereka. Semua power plan ini tersedia di Control Panel. Bagaimana jika saat anda membuka Control Panel untuk beralih ke power plan lain, namun ternyata hanya power plan Balanced yang tersedia? Beberapa pengguna mengalami masalah ini. Artikel ini mencantumkan solusi efektif untuk mengatasi masalah ini.


Komputer memiliki power state yang berbeda. Power state ini diklasifikasikan sebagai S0, S1, S2, S3 dan lainnya. State S0 low-power idle disebut power mode Modern Standby. Dalam keadaan ini, system dapat beralih dari keadaan low-power ke keadaan high-power dengan sangat cepat. System komputer yang mendukung Modern Standby mode S0 tidak menggunakan power mode lainnya (S1 – S3).




Mengatasi Hanya Power Plan Balanced yang Tersedia


Jika hanya power plan Balanced yang tersedia di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka gunakan solusi yang disediakan dalam artikel ini untuk memperbaiki masalah.



1. Nonaktifkan Modern Standby Mode S0


System yang menggunakan Modern Standby Mode S0 tidak menggunakan power mode lainnya. Oleh karena itu, hanya power plan Balanced yang tersedia di Control Panel Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika anda tidak dapat melihat power plan lainnya di Control Panel, kemungkinan system anda menggunakan Modern Standby Mode S0. Namun, beberapa kasus juga telah dilaporkan di mana power plan hilang meskipun system tidak mendukung Modern Standby Mode S0.


Anda dapat memeriksa apakah Modern Standby Mode S0 diaktifkan di system anda atau tidak. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
powercfg /a


Jika anda mengalami masalah ini pada PC anda dan ketika anda memeriksa Power Mode di Command Prompt, anda akan menemukan bahwa Modern Standby Mode S0 diaktifkan (Lihat gambar diatas).

Jika anda menemukan hal yang sama di komputer anda, pertama-tama anda harus menonaktifkan Modern Standby Mode S0, kemudian anda dapat memulihkan power plan yang hilang. Untuk menonaktifkan Modern Standby Mode, ikuti langkah-berikut ini. Namun, perintah berikut ini akan akan mengubah Registry. Oleh karena itu, sebelum menjalankannya, backup registry atau buat system restore point terlebih dahulu.
  • Buka Command Prompt dengan hak administrator seperti langkah diatas.
  • Kemudian, di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
reg add HKLM\System\CurrentControlSet\Control\Power /v PlatformAoAcOverride /t REG_DWORD /d 0
  • Setelah menjalankan perintah di atas, restart komputer anda.


Jika system anda tidak mendukung Modern Standby Mode S0, tidak perlu menjalankan perintah diatas. Anda dapat langsung menjalankan perintah untuk memulihkan power plan yang hilang.

Perintah di atas akan membuat DWORD baru bernama PlatformAoAcOverride di Registry Editor anda dengan Value Datanya adalah 0 (nol). Berikut arti value data DWORD-nya:
  • 1: Modern Standby Mode S0 diaktifkan.
  • 0: Modern Standby Mode S0 dinonaktifkan.

Jika perintah di atas gagal membuat DWORD PlatformAoAcOverride di Registry Editor anda, maka anda dapat membuatnya secara manual. Untuk melakukannya, ikuti langkah-kangkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Power
  • Di lokasi, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan PlatformAoAcOverride.


  • Setelah itu, klik dobel pada DWORD yang baru dibuat untuk mengedit Value data-nya.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value data-nya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.


Setelah restart, Modern Standby Mode S0 akan dinonaktifkan di system anda. Sekarang, anda dapat memulihkan power plan yang hilang dengan menjalankan perintah yang diperlukan di Command Prompt dengan hak administrator.

Berikut adalah daftar lengkap perintah yang dapat anda jalankan di Command Prompt untuk memulihkan Power Plan di Windows 10 atau Windows 11 anda.
  • Mengembalikan semua power plan default yang hilang di Windows:
powercfg -restoredefaultschemes

  • Power Saver:
powercfg -duplicatescheme a1841308-3541-4fab-bc81-f71556f20b4a

  • Balanced:
powercfg -duplicatescheme 381b4222-f694-41f0-9685-ff5bb260df2e

  • High Performance:
powercfg -duplicatescheme 8c5e7fda-e8bf-4a96-9a85-a6e23a8c635c

  • Ultimate Performance:
powercfg -duplicatescheme e9a42b02-d5df-448d-aa00-03f14749eb61


Setelah anda memulihkan power plan, power plan tersebut akan tersedia di Control Panel anda. Anda dapat membuka Control Panel, kemudian buka Power Options. Selanjutnya, anda dapat memilih power plan yang ingin anda terapkan. Anda akan melihat semua power plan yang dipulihkan disana. Jika tidak, perluas bagian Show additional plan.

Perhatikan bahwa, power plan Ultimate Performance adalah opsional. Anda mungkin tidak menemukan opsi ini di komputer anda.


2. Ubah Pengaturan BIOS Anda

BIOS pada beberapa komputer memiliki opsi yang bernama Other OS. Ini adalah opsi yang memungkinkan pengguna untuk menginstall system operasi lain, seperti Linux. Biasanya opsi ini tersedia di laptop ASUS. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menampilkan power plan lain di komputer Windows anda.
  • Booting komputer anda ke BIOS system. Anda dapat menggunakan tombol Del, F2, F7 untuk membukanya. Atau lihat keterangan yang ditampilkan dibawah layar saat booting komputer untuk mengetahui tombol pastinya.
  • Di jendela BIOS, alihkan ke tab Boot.
  • Sekarang, masuk ke Secure Boot Menu.
  • Jika anda melihat opsi OS Type disana, maka ubah opsi tersebut ke Other OS.
  • Kemudian, simpan perubahan dan keluar dari BIOS.


Opsi ini akan membuka kunci semua power plan di system anda.

Other OS mode seharusnya tidak menimbulkan masalah apapun pada system anda. Namun, jika anda mengalami masalah apapun, maka kembalikan perubahan di BIOS anda atau anda dapat mereset BIOS anda ke pengaturan default


Semoga membantu anda!

Jika anda tidak dapat mengubah atau membuat Power Plan baru di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan membantu anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki hanya Power Plan Balanced yang tersedia di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Hanya Power Plan Balanced yang Tersedia di Windows 10/11"